Widget HTML #1

Cuma 2 Menit! Begini Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIMPKB

Cuma 2 Menit! Begini Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIMPKB
Cuma 2 Menit! Begini Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIMPKB. Dok. Gurupenyemangat.com

Jika Sahabat Guru Penyemangat mengakses akun SIMPKB, telah tampak adanya perbedaan yang cukup mencolok terutama dari menu login.

Yup, pihak GTK Kemendikbudristek baru-baru ini telah menghadirkan inovasi baru sehingga para guru dan tenaga kependidikan bisa melakukan login ke portal SIMPKB menggunakan akun belajar.id.

Apa keuntungannya? Keuntungan utama yang paling terasa bila kita mengintegrasikan akun belajar.id dengan portal SIMPKB adalah untuk mendapatkan kemudahan akses.

Sebagaimana kita ketahui, semakin ke sini penggunakan akun pembelajaran semakin ramai karena kebermanfaatan dan kemultigunaannya.

Alhasil, lambat laun para GTK pasti sudah hapal dengan alamat akun belajar.id berikut dengan password-nya.

Sedangkan akun SIMPKB?

Karena sekarang pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lebih sering membagikan informasi terkini melalui akun belajar.id masing-masing, maka tidak ada salahnya jika kita memanfaatkan akun pembelajaran ini secara maksimal.

Apa Itu Akun Belajar.id?

Akun belajar.id adalah akun pembelajaran elektronik berupa user ID dan password yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sekilas, barangkali akun ini tidak jauh beda dengan alamat email, tapi ketika peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan memiliki akun belajar.id mereka bisa mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik resmi Kemendikbud.

Selain itu, dengan akun belajar.id kita bisa menikmati fitur profesional yang ada di platform Canva premium tapi secara gratis.

Yup. Canva adalah platform desain grafis untuk membuat logo, slide presentasi, animasi bergerak, hingga video pembelajaran yang juga bisa ditautkan dengan Google Classroom.

Untuk mendapatkan akun Canva premium kita sebenarnya akan dikenai biaya bulanan/tahunan. Tapi dengan akun belajar.id dan bukti mengajar kita bisa mendapatkan akun Canva Premium melalui platform Canva For Education.

Untuk pendaftaran selengkapnya, silakan akses di: Cara Mengaktifkan Akun Canva For Education Gratis

Nah, sekarang Sahabat Gurupenyemangat.com sudah memiliki akun pembelajaran resmi, kan? Jika belum, cobalah untuk melapor kepada Operator Sekolah dan ikuti petunjuk di laman belajar.id untuk menerbitkan akun.

Akun SIMPKB

Penting bagi seorang guru terutama untuk memiliki akun Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan alias SIMPKB.

Hanya saja, untuk mendapatkan akun ini seorang guru harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan di bawah naungan Kemendikbud.

Dengan memiliki akun SIMPKB, kita bisa mengakses data pribadi, mengakses portal guru belajar dan berbagi, PPG, Guru Penggerak, Sekolah Penggerak, Organisasi Penggerak, hingga berbagai diklat pendidikan/pembelajaran.

Bahkan, dalam tes PPPK tahun 2021 ini para pesertanya wajib memiliki akun SIMPKB sebagai bukti bahwa seorang guru sudah terdaftar di Dapodik.

Begini Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIMPKB

Integrasi Layanan di Dashboard Akun SIMPKB
Integrasi Layanan di Dashboard Akun SIMPKB. Tangkapan Layar laman akun.simpkb.id

Pada laman akun SIMPKB saat ini sudah ada menu baru yaitu “Integrasi Layanan” yang bisa kita gunakan untuk menautkan akun belajar.id ke portal SIMPKB.

Syahdan, apakah sulit? Tidak, sangat mudah. Bahkan kita hanya butuh waktu 2 menit untuk bisa mengintegrasikan akun belajar.id dengan SIMPKB. Begini langkah-langkahnya:

  1. Login ke Laman Akun SIMPKB atau akses di https://akun.simpkb.id
  2. Isilah alamat akun SIMPKB dan Password-nya lalu klik Masuk.
  3. Pada Dashboard SIMPKB, klik menu “Integrasi Layanan” yang ada di bagian kiri atas
  4. Pada halaman Integrasi Layanan Belajar.id, klik tombol “Tautkan” yang berwarna hijau
  5. Setelah diarahkan ke menu login account Google, pilih dan login dengan akun belajar.id
  6. Sukses! Akun belajar.id Anda sudah berhasil tertaut dengan SIMPKB

Bagaimana, mudah, bukan?

Untuk mencobanya, silakan kembali login ke laman akun SIMPKB atau melalui link akun.simpkb.id, lalu pilihlah menu “Masuk dengan Akun belajar.id”.

Dan jika suatu saat sahabat Guru Penyemangat ingin melepaskan integrasi layanan, dirimu hanya perlu login kembali ke portal SIMPKB dan menghapus tautan akun belajar.id.

Jika masih bingung bagaimana caranya mengintegrasikan akun pembelajaran dengan SIMPKB, simak langkah-langkahnya melalui video berikut:

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Cuma 2 Menit! Begini Cara Menautkan Akun Belajar.id dengan SIMPKB"