Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Lampu LED, Pilih Sesuai Kebutuhan Ruangan

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Lampu LED
Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Lampu LED. Gambar oleh Оксана Семак dari Pixabay

Saat ini di rumahmu tentunya sudah terpajang beberapa buah lampu sebagai sumber penerangan. Jelas saja, akan sangat sulit menemukan masyarakat yang menggunakan lilin alih-alih lampu saat ini.

Dulu ramai kita lihat lampu yang berbentuk panjang dan dapat pecah, tapi saat ini sudah ada lampu yang tidak mudah dihancurkan. Yup, namanya LED. 

Awalnya masyarakat memang tidak mudah untuk menemukan lampu dalam jenis yang ini. Akan tetapi, saat ini, menemukan lampu LED adalah hal yang sangat mudah.

Terang saja, semua pasaran mulai menjual produk ini sehingga tidak sedikit pula masyarakat yang mulai mengganti lampu yang ada dengan lampu LED.

Akan tetapi, memilih lampu LED yang berkualitas juga butuh pengetahuan.

Tentu saja, saat membeli lampu LED Ini ada beberapa hal yang harus Kamu perhatikan. Melewatkan bagian ini begitu saja dan memilih secara asal adalah hal yang kurang tepat untuk Kamu lakukan.

Melakukan pemilihan lampu seperti hal yang sebelumnya hanya akan memberikan kerugian untuk Kamu sendiri.

Untuk itulah, kini saat yang lebih tepat bagi Kamu untuk mulai memilih memperhatikan beberapa hal. Berikut ulasannya:

Pilihlah Lampu LED Berdasarkan Kebutuhan Ruangan
Pilihlah Lampu LED Berdasarkan Kebutuhan Ruangan. Gambar oleh luctheo dari Pixabay

1. Saat Membeli Lampu LED Maka Perhatikan Jenis

Ada berbagai macam jenis lampu LED yang beredar di pasaran. Sebut saja seperti miniatur LED, bicolor LED, superflux LED, hingga high power LED.

Beda jenis, beda pula kebutuhan penggunaannya. Semisal, lampu superflux LED tidak cocok untuk kita pajang di ruang belajar karena tujuan penggunaan penerang jenis ini lebih mengarah ke lampu latar, papan iklan, dan sejenisnya.

2. Perhatikan Daya Tahan LED

Di sisi yang sama, kita perlu memperhatikan hal lain yang tepat saat membeli lampu LED. Jelas sekali hal ini berkaitan erat dengan daya tahan pada lampu itu sendiri.

Pastinya, hal ini akan memberikan pengaruh pada efektifitas pemakaian di rumah. Intinya, kantong keluarga bakal lebih aman ketika lampu yang dibeli bisa bertahan lama.

Biasanya, tipe lampu yang sering kehabisan daya atau tidak tahan lama adalah downlight. Kita perlu menyadari bahwa lampu ini sebenarnya lebih oke jika dipasang di plafon.

Baca juga: Rekomendasi Lampu Download LED yang Murah

Selain itu, lampunya tidak dapat digunakan untuk jangka waktu panjang. Jadi, lampu wajib diganti. Hal ini akan menyebabkan pembuangan energi dan waktu. Hindari pembelian pada lampu seperti ini jika Kamu adalah orang yang tidak suka kerepotan.

3. Lokasi Peletakan Lampu

Dalam melakukan pembelian lampu, ada hal lain yang jelas perlu diperhatikan juga. Sadar atau tidak,  sudut pancar lampu adalah hal penting.

Tempat di mana kita meletakkan lampu juga akan menjadi pertimbangan yang sesuai. Kecerahan yang dihasilkan oleh lampu juga mendapatkan faktor pengaruh dari ruangan sendiri.

Cobalah untuk memerhatikan lokasi yang tepat dalam pemasangan lampu yang sesuai.

Kamu malah akan menjadi boros jika tidak memperhatikan lokasi pemasangan lampu sendiri.

Ada banyak orang yang meletakkan lampu dalam tempat yang tidak tepat. Hal tersebut jelas membuat kita mengalami kerugian.

Kamu bahkan harus keluarkan banyak uang untuk menerangi ruangan dengan lampu. Pilih LED dengan sudut pancaran yang jauh lebih baik dan jelas hemat listrik. 

4. Tentukan Jumlah Lampu

Saat membeli lampu LED sendiri, hal lain yang harus diperhatikan adalah jumlah lampu yang dibeli. 

Ada banyak orang yang bisa membeli lampu tanpa tahu jumlah yang sesuai. Awas, itu pemborosan. 

Cobalah untuk memprediksi lebih dulu jumlah lampu yang dibutuhkan ruangan sehingga tidak perlu membeli dalam jumlah yang banyak.

Biasanya, penentuan ini didasarkan pada luas ruangan dan banyaknya ruangan yang perlu lampu. 

Kamu sebaiknya tidak menggunakan lampu yang terlalu gelap untuk kamar atau membeli banyak lampu untuk kamar mandi.

Ada baiknya melakukan perhitungan dengan baik sehingga pengeluaran juga aman. Jumlah lampu yang tepat akan menghasilkan rumah terang yang pas sekaligus efisien.

Banyaknya lampu justru membuat rumah tidak nyaman karena terlalu terang. Maka, hitung dahulu peletakkan lampu di mana saja.

5. Harga Lampu LED

Yup, perkara harga mungkin cukup sensitif. Kita tahu bahwa ada harga ada kualitas, tapi di sisi yang sama ada begitu banyak promosi menarik dengan diskon besar-besaran.

Kita jangan terlalu mudah terkecoh dengan penawaran harga murah. Cermati keunggulan dan fitur-fitur LED yang ditawarkan.

Terang saja, mana ada orang mau jual murah dengan kualitas mewah. Apalagi di toko online.

Harga lampu LED memang begitu beragam. Ada yang tidak terlalu mahal karena fungsinya memang hanya untuk penerang. Tapi ada lampu LED yang mahal karena yang ditawarkan adalah estetika.

*

O ya, selain daripada ulasan di atas, rasanya masih ada banyak hal penting lainnya yang harus Kamu perhatikan saat membeli lampu LED.

Kita pula perlu melirik brand yang berkualitas dengan beragam macam hal lainnya. Tapi, menurut Guru Penyemangat, pada intinya membeli lampu itu disandarkan atas kebutuhan terlebih dahulu.

Beda ruangan, beda kebutuhan. Pun demikian dengan jenis rumah, ukuran plafon, hingga profesi pekerjaan.

Ketika pemilihannya didasarkan atas kebutuhan, kita bisa mendapatkan lampu LED yang sesuai.

Salam.

Lanjut Baca: Lampu LED untuk Plafon Rumah yang Cantik, Coba Lihat Produk Ini

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Lampu LED, Pilih Sesuai Kebutuhan Ruangan"