Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

[Download] Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2021 Beserta Dokumen Surat yang Diunggah

Kebutuhan CPNS dan PPPK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2021
Kebutuhan CPNS dan PPPK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2021. Dok. Tangkapan Layar laman http://ropeg.menlhk.go.id/CASN2021/

Sejak akhir Juni 2021 kemarin, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) telah merilis kebutuhan ASN baik untuk formasi CPNS dan PPPK Tahun Anggaran 2021.

Untuk formasi CPNS, Kementerian LHK membuka lowongan bagi seluruh pejuang ASN untuk memperebutkan 1.007 NIP.

Detailnya, ada 13 formasi CPNS untuk jenjang Strata-II (S-2), 403 formasi untuk Strata-I S-1), 346 formasi untuk Diploma-III (D-3), dan 245 formasi untuk SMK.

Khusus untuk CPNS formasi SMK, jabatan yang bisa dilamar oleh pejuang NIP adalah Pemula-Pengendali Ekosistem Hutan [134 kuota] dan Pemula-Polisi Kehutanan [111 kuota]. Detailnya: Cek di sini

Sedangkan untuk kebutuhan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan bakal merekrut total 168 formasi.

Rinciannya, sebanyak 41 formasi untuk jenjang Sarjana Strata 1 [19 kuota untuk Penyuluh Kehutanan dan 22 kuota untuk Surveyor Pemetaan], dan 127 formasi untuk pelamar D-3. Detailnya: Cek di sini

Sejak 30 Juni 2021 kemarin, baik pelamar CPNS maupun PPPK sudah bisa mendaftar di portal https://sscasn.bkn.go.id/ sekaligus mengunggah dokumen elektronik yang dipersyaratkan.

Para pelamar hanya bisa melamar 1 jenis jalur kebutuhan ASN saja yaitu pilih CPNS atau PPPK. Jika nanti ada kedapatan pelamar yang menggunakan 2 NIK yang berbeda, maka pelamar tersebut dinyatakan gugur.

Nantinya, pengumuman hasil seleksi administrasi bakal disampaikan pada tanggal 28-29 Juli 2021 dan dilanjutkan dengan masa sanggah. Untuk detailnya bisa dicermati di laman resmi http://ropeg.menlhk.go.id.

Adapun lokasi ujian pada pengadaan CASN Kementerian LHK tahun anggaran 2021, bisa dicermati pada tabel berikut ini:

Lokasi Ujian CASN Kementerian LHK 2021
Lokasi Ujian CASN Kementerian LHK 2021. Dok. http://ropeg.menlhk.go.id/CASN2021

Format Surat Lamaran CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Berikut Gurupenyemangat.com sajikan contoh format surat lamaran, surat pernyataan dan pengalaman kerja CPNS/PPPK Kementerian LHK yang bisa diunduh dalam bentuk dokumen Word .doc.

………………………………….., ……………………… 2021


Yth. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Di
Jakarta


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Nomor Induk Kependudukan:

Tempat / Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat KTP:  

Alamat Domisili:

Pendidikan terakhir                 :

Nomor Telepon/HP :

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2021 sesuai dengan jabatan dan unit kerja penempatan yang dilamar melalui website https://sscasn.bkn.go.id pada saat pendaftaran. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan dokumen asli dalam bentuk digital sebagai berikut:

  1. Asli Surat Pernyataan dengan diketik (tidak ditulis tangan) dan ditandatangani di atas materai Rp. 10.000 sesuai dengan format yang sudah ditentukan
  2. Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku / Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil *)
  3. Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang berwarna merah
  4. Asli Ijazah / fotocopy Ijazah dilegalisir *)
  5. Asli Transkrip Nilai / fotocopy Transkrip Nilai dilegalisir *)
  6. Surat keterangan / sertifikat akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dari BAN-PT/Perguruan Tinggi pada saat lulus *)
  7. Asli Surat Pernyataan kondisi fisik pelamar jabatan Polisi Kehutanan **)
  8. Asli Ijazah / Surat Keterangan lulus Cumlaude/dengan pujian **)
  9. Surat keterangan dari dokter rumah sakit pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasan dan video singkat yang menunjukkan kegiatan sehari-hari pelamar dalam menjalankan aktifitas sesuai Jabatan yang akan dilamar **)
  10. Akta Kelahiran atau surat keterangan lahir dan Surat keterangan dari Kepala Desa/Kepala Suku yang menjelaskan saya merupakan asli keturunan Papua/Papua Barat **)

Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sebenarnya. Apabila dikemudian hari ditemukan data/keterangan yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan kelulusan maupun pengangkatan saya pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil dalam Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2021. Atas perhatian Ibu Menteri diucapkan terima kasih.


Hormat Saya,
Materai Rp. 10.000,- 

(Nama lengkap & Gelar sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar)

Keterangan :
*) Coret/hapus salah satu
**) Hapus yang tidak sesuai 

<Download Format Surat Lamaran CPNS Word>

Format Surat Pernyataan Pelamar CPNS Kementerian LHK

SURAT PERNYATAAN


Yang bertandatangan dibawah ini:


Nama:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Agama:

Alamat:

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya:

  1. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 (dua) tahun atau lebih;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Calon PNS atau PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta (termasuk pegawai Badan Usaha Milik Negara atau Badan Usaha Milik Daerah);
  3. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia, atau anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia;
  4. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  5. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Instansi Pemerintah.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Instansi Pemerintah, apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

…………………………………….., ………………….. 2021

Yang membuat pernyataan,

Materai Rp. 10.000,-

(Nama lengkap & Gelar sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar)

<Download Format Surat Pernyataan CPNS Word>

Format Surat Lamaran PPPK Kementerian LHK 2021


………………………………….., ……………………… 2021


Yth. Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Di
Jakarta


Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama :

Nomor Induk Kependudukan:

Tempat / Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Alamat KTP:

Alamat Domisili:

Pendidikan terakhir:

Nomor Telepon/HP:

Dengan ini menyampaikan surat lamaran agar dapat diangkat sebagai Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2021 sesuai dengan jabatan dan unit kerja penempatan yang dilamar melalui website https://sscasn.bkn.go.id pada saat pendaftaran. Sebagai bahan pertimbangan kami lampirkan dokumen asli dalam bentuk digital sebagai berikut:

  1. Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku / Surat Keterangan telah melakukan rekaman kependudukan yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil *)
  2. Pas foto terbaru berpakaian formal dengan latar belakang berwarna merah
  3. Asli Ijazah / fotocopy Ijazah dilegalisir *)
  4. Asli Transkrip Nilai / fotocopy Transkrip Nilai dilegalisir *)
  5. Asli Surat Keterangan yang menyatakan bahwa memiliki pengalaman paling singkat 3 (tiga) tahun di bidang kerja penyuluhan kehutanan / di bidang kerja survey pemetaan *)

Demikian surat lamaran ini dibuat dengan sebenarnya. Apabila dikemudian hari ditemukan data/keterangan yang tidak benar, maka saya menerima keputusan panitia membatalkan kelulusan maupun pengangkatan saya pada seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dalam rangka Pengadaan Calon Aparatur Sipil Negara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun Anggaran 2021. Atas perhatian Ibu Menteri diucapkan terima kasih.

Hormat Saya,

Materai Rp. 10.000,- 

(Nama lengkap & Gelar sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar)

Keterangan :
*) Coret/hapus salah satu

<Download Format Surat Lamaran PPPK Word>

Format Surat Pernyataan Pelamar Jabatan Polisi Kehutanan

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan dibawah ini:


Nama:

Nomor Induk Kependudukan:

Tempat dan Tanggal Lahir:

Jenis Kelamin:

Kualifikasi Pendidikan Yang
Digunakan Untuk Melamar:

Melamar Pada Jabatan: Polisi Kehutanan

Nomor Handphone:

Alamat:

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya:

  1. Memiliki tinggi badan yaitu: cm *)
  2. Tidak buta warna, tidak berkaca mata (minus/plus), dan tidak cacat badan.
  3. Tidak pernah mengalami patah tulang.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Instansi Pemerintah, apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya ini tidak benar.


…………………………………….., ………………….. 2021


Orang Tua/Wali, Yang membuat pernyataan,

Materai Rp. 10.000,-


(Nama Lengkap) (Nama lengkap & Gelar sesuai kualifikasi pendidikan yang dilamar)

*) isikan angka sesuai hasil pengukuran

<Download Dokumen Word>

Format Surat Keterangan Pengalaman Kerja Pelamar PPPK di Kementerian LHK

<Download Surat Format Word>

Demikianlah sajian rincian formasi, surat lamaran, dan surat pernyataan CPNS/PPPK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Tahun 2021.

Semoga bermanfaat.

Lanjut Baca:

Download Rincian Formasi, Surat Pernyataan, dan Surat Lamaran CPNS Kementerian Perdagangan RI 2021

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "[Download] Rincian Formasi CPNS dan PPPK Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2021 Beserta Dokumen Surat yang Diunggah"