Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juragan, Begini Perbedaan Emas Antam dengan UBS

Di era serba canggih seperti hari ini ditemui banyak sekali jenis investasi. Bentuk investasi sebagai salah satu sasar diri bahwa masyarakat memang melek investasi. 

Namun, jenis investasi ternyata bukan hanya seputar keuangan saja.

Sekarang sudah banyak ditemui jenis investasi lainnya. Salah satu investasi yang tidak pernah mati adalah emas alias logam mulia.

Jenis si kuning mulia salah satunya yang paling populer adalah jenis emas batangan. Namun, terkait emas ini pula ada jenis produk yang terus tenar. Apa lagi kalau bukan Antam dan UBS.

Lantas, apa perbedaan antara kedua jenis emas ini? Simak artikel berikut!

Antam vs UBS
Antam vs UBS. Foto: YouTube M. Porbatt

Perbedaan Emas Antam dengan UBS

Dari Segi Harga

Baik dari emas batangan jenis antam maupun UBS keduanya sama-sama seirama. Namun, di antara kesamaan tersebut, emas batangan dua jenis ini juga memiliki dua perbedaan.

Perbedaan emas-emas ini sering kali membuat orang bingung. Tetapi, supaya tidak keliru sebaiknya kita salami seperti apa perbedaan emas Antam dengan UBS.

Salah satu sisi perbedaan yang terdapat pada kedua jenis emas batangan ini terletak pada harganya. Perlu kita ketahui, jenis emas batangan Antam memiliki harga yang relatif lebih tinggi.

Perbedaan di antara keduanya memang tidak terlalu jauh. Namun, pada dasarnya harga emas batangan UBS juga relatif lebih murah.

Dilansir dari beberapa sumber, perbedaan emas Antam dengan UBS pada Juli 2020 lalu hanya kisaran RP 15.000 saja dari penjualan RP 1.045.000 untuk jenis antam dan RP 1.020.000 untuk jenis UBS.

Satuan yang digunakan adalah 1 gram Sementara itu, begitu keduanya dijual juga tidak mengalami penurunan harga yang begitu jauh. Hanya menjadi RP 910.000 saja.

Perbedaan Emas Antam dengan UBS Sertifikat

Perbedaan yang begitu mencolok antara kedua jenis emas batangan ini bisa Anda saksikan dari sertifikatnya. Tampak jelas kalau jenis emas Antam yang paling baru akan menampilkan sertifikat posisi menempel langsung di body emasnya.

Dengan kata lain, memiliki bentukan seperti kartu SIM ponsel dan sudah terlaminating.

Bagian sertifikat emas Antam ini kerap dikenal dengan sebutan certicard. Kemudian betapa canggihnya teknologi zaman sekarang, emas Antam sering kali bisa dicek dengan memanfaatkan aplikasi certieye

Selain itu, perbedaan emas Antam dengan UBS yang paling mencolok adalah pada bagian sertifikatnya yang bertuliskan LBMA.

LBMA (London Bullion Market Association) memudahkan emas ini di jual di mana pun juga. Alhasil, kita tidak heran kalau sertifikatnya bertaraf internasional.

Selain emas Antam versi baru, untuk yang versi lama sendiri memiliki ciri pada sertifikat yang terpisah pada bagian emasnya. Lebih tepatnya sertifikat emas ini diwadahi dalam plastik.

Sementara itu, perbedaan emas Antam dengan UBS bisa Anda saksikan pada ukuran kartunya, terutama di bagian kartu emas 0,5-4 gram akan menyatu pada kepingan emas.

Sementara untuk emas 5-100 gram sertifikatnya terpisah dari kepingan emas serta menyerupai lembaran kertas hologram. Untuk jenis emas UBS, sertifikatnya hanya bertaraf nasional saja.

Ukuran

Selain dilihat dari bagian-bagian yang nampak, kita juga bisa memastikan emas dengan jenis ukurannya.

Perlu diketahui, jenis emas Antam memiliki ukuran yang relatif lebih berdimensi tetapi tebal. Sedangkan untuk emas UBS memiliki ukuran yang lebih lebar tetapi juga lebih tipis. Kalau mengukur dengan metode seperti ini, jelas saja kita bisa membedakannya.

Produsen

Percaya atau tidak, perbedaan emas Antam dengan UBS yang paling kentara juga bisa disaksikan dari mana emas tersebut diproduksi.

Emas Antam dapat kita jumpai dari hasil produksi PT Antam Tbk. Dahulu bukan PT Antam Tbk namanya, melainkan PT Aneka Tambang Tbk. Selain itu, hal yang perlu diketahui terkait emas ini adalah kepemilikannya.

Emas Antam dimiliki oleh BUMN serta bergerak di bidang pertambangan. Berbeda halnya dengan emas Antam, emas UBS justru diproduksi oleh PT Untung Bersama Sejahtera.

Terkait dengan perusahaan yang satu ini, kita juga perlu tahu bahwa produknya termasuk ke dalam jenis emas yang diproduksi oleh perusahaan swasta sejak tahun 1981.

Nah, bersandar dari beberapa perbedaan dasar di atas, bagaimana? Jadi, mau beli emas Antam atau UBS saja?

Salam.

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Juragan, Begini Perbedaan Emas Antam dengan UBS"