Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Guru Sudah Familiar Aplikasi Google Docs? Inilah Ragam Manfaatnya dalam Pembelajaran

Di era merdeka belajar dan digital seperti hari ini, seringkali kita kesulitan saat hendak mengakses, membuat serta mengedit dokumen di mana maupun kapan saja. 

Alasannya bisa ditolerir, bahwa mungkin data tersebut tersimpan di laptop yang kita tinggalkan di kantor atau PC yang ada di rumah.

Meski begitu adanya, tak jarang masalah yang fatal juga sering terjadi, manakala dirimu maupun diriku kehilangan dokumen atau file yang belum sempat disimpan. 

Padahal dokumen atau file tersebut merupakan file penting dan telah susah-payah dikerjakan semalaman.

Apa Itu Aplikasi Google Docs?

Aplikasi Google Docs untuk pembelajaran
Google Dokumen. Dok. Gurupenyemangat.com
Saat semua masalah di atas menjadi masalah umum yang sering terjadi di masyarakat, sebuah inovasi baru sebagai solusi, akhirnya diluncurkan Google melalui aplikasi Google Docs. 

Aplikasi ini jelas sangat solutif dalam berbagai hal dan dapat menjawab segala permasalahan yang ada. Apa dan bagaimana detail dari aplikasi ini? Berikut ulasannya.

Sejarah Google Docs

Inovasi baru yang dibuat Google ini sebenarnya terinspirasi dari 2 produk terpisah yang sebelumnya telah diluncurkan Google, yaitu XL2Web dan Writely. 

Namun, seiring perkembangan teknologi dan pemindahan beberapa kepemilikan perusahaan yang diambil alih oleh Google. 

Maka dari itulah, pada tahun 2012 Google secara resmi mengganti dan menggabungkan Google Documens dengan Google Drive menjadi Google Docs. Tentu saja manfaat aplikasi ini ikut disatukan.

Tidak Hilang Melainkan Saling Terintegrasi

Aplikasi Google Drive sendiri sebenarnya masih ada dan tidak dihilangkan. Hanya saja aplikasi tersebut telah terintegrasi dengan aplikasi Google Docs. 

Dengan demikian, secara otomatis, semua file yang dibuat dalam Google Docs dapat tersimpan secara otomatis pula dalam Google Drive. Itulah sebabnya mengapa aplikasi ini sangat membantu dan telah menjawab salah satu masalah kita.

Menyatukan Beberapa Aplikasi

Akuisisi yang dilakukan Google ke beberapa perusahaan yang telah menerbitkan berbagai aplikasi, membuat Google mencoba untuk menggabungkan dan menyatukan beberapa aplikasi yang ada ke dalam satu aplikasi yang dapat melakukan semuanya. 

Dengan keunggulan yang dimiliki masing-masing aplikasi tersebut menjadikan Google Docs sebagai aplikasi satu-satunya dan pertama yang bisa melakukan banyak hal dalam satu waktu.

Google Docs Sebagai Sarana Pembelajaran

Dari penggabungan beberapa sistem aplikasi yang dilakukan Google, tentunya keunggulan yang dimiliki aplikasi Google Docs pun semakin banyak. 

Hal inilah yang akhirnya memberikan manfaat pembelajaran atau hal-hal lain yang dilakukan manusia. Sebagai sarana pembelajaran, Google Docs dapat dimanfaatkan sebagai berikut. 

  • Dapat Mengerjakan Dokumen di Mana dan Kapan Saja

Jika sebelumnya kita hanya bisa mengerjakan dokumen pekerjaan atau tugas sekolah/kuliah di rumah atau di kantor saja, maka tidak demikian ceritanya bila kita berkisah tentang Google Docs.

Jika kita telah mendownload aplikasi ini dalam handphone atau tablet, bahkan pekerjaan tadi masih tetap bisa kita lakukan saat tidak ada jaringan internet yang menyertai.

Jadi, kapan pun kita mau membuat dokumen atau kapan saja ide itu hadir dalam pikiran ini, kita dapat serta merta menuliskannya dalam aplikasi Google Docs. 

Kita pun dapat mengerjakan beragam dokumen tersebut di mana saja, baik ketika diri ini sedang berada di sebuah taman, cafe, halte bus atau tempat-tempat lainnya. Asyik, bukan?

  • Dapat Melakukan Kolaborasi Tim dalam Aplikasi Google Docs

Tidak hanya mengerjakan dokumen, di Google Docs kita juga bisa melakukan pengeditan dan pembelajaran online secara bersama-sama baik dengan teman ataupun guru dan dosen. 

Karena aplikasi ini telah dirancang untuk bisa melakukan kolaborasi secara langsung, seseorang juga bisa memberikan komentar untuk saran dan kritik pada setiap bagian dokumen yang kerjakan dengan tim secara bersama-sama. 

  • Satu Aplikasi yang Multifungsi

Jika selama ini kita merasa bahwa memori HP sudah tidak memungkinkan lagi untuk mendownload berbagai aplikasi penting seperti Microsoft Word atau PDF, maka sekarang kita bisa tenang. Mengapa?

Karena aplikasi Google Docs telah menyediakan semuanya. 

Dengan hanya satu aplikasi saja, kita dapat mengerjakan dokumen pembelajaran dalam berbagai bentuk file, mulai dari word, excel, powerpoint, PDF dan lain-lain. 

Semua itu karena aplikasi ini tidak hanya menyediakan huruf dan kata, melainkan beragam format text, paragraf dengan ratusan font, tabel, tautan serta gambar, yang tentunya dapat diperoleh secara gratis. 

Syahdan, kita juga bisa melakukan penelusuran secara langsung melalui dokumen yang sedang dibuat.

  • Penyelamat Dokumen dari Virus

Integrasi yang dilakukan oleh aplikasi Google Docs dengan Google Drive, selain melakukan penyimpanan dokumen secara otomatis juga dapat menyelamatkan dokumen itu sendiri dari bahaya virus komputer yang seringkali menyerang dan merusak serta menghilangkan file.

Jadi, bagi kita yang masih menggunakan cara lama dengan menyimpan file di flashdisk atau harddisk bisa mulai berbenah diri untuk memindahkannya ke Google Drive.

  • Dapat Langsung Dicetak

Tanpa harus repot-repot melakukan copy paste dari berbagai devices dan gadget, seluruh sistem yang dibutuhkan telah lengkap tersaji dalam Google Docs ini. 

Selanjutnya, mana kala kita membutuhkan file tersebut dalam bentuk hard copy, maka kita pun dengan mudah dapat langsung mencetaknya dengan mesin printer.

  • Keamanan Data Terjamin

Jika masih ada segenap rasa khawatir bahwa dokumen yang kita buat bakal tersebar luas dengan mudah, maka sesungguhnya diri ini telah salah. 

Walaupun kita bisa melakukan kolaborasi bersama dalam mengerjakan tugas dengan teman-teman, dokumen yang kita kerjakan di aplikasi Google Docs akan tetap aman dan tidak akan tersebar luas di beranda atau terdeteksi oleh mesin pencari Google. 

Tidak akan ada yang bisa mengaksesnya, kecuali dirimu maupun diriku sendiri yang membuka akses melihat pada orang lain. 

Jadi, tidak ada celah untuk melakukan plagiat atas sebuah karya. 

Namun, jika dirimu tetap ingin mempublikasikannya agar terdeteksi oleh mesin pencari Google, dirimu bisa menyettingnya lagi melalui fitur setting yang ada di Google Docs.  

Demikian penjelasan singkat tentang aplikasi Google Docs dan manfaatnya bagi sistem pembelajaran. 

Cara Menggunakan Google Docs

Bagi dirimu yang belum mencoba aplikasi ini harus segera membukanya, dan rasakan berbagai kemudahan dalam mengerjakan segala tugas sekolah maupun kuliah.

Caranya mudah, kita hanya perlu membuka Google Docs yang tersedia di laman aplikasi Google Chrome. Atau, kita bisa mengakses URL docs.google.com, lalu aplikasi Google Dokumen akan segera muncul.

Setelah itu, kita bisa pilih dokumen baru yang kosong (blank), dokumen berbentuk resume, surat, proposal, brosur, hingga berbagai template lainnya.

Tampilan depan google docs
Tampilan depan google docs. Dok. Gurupenyemangat.com

Tampilan mengetik di Google Dokumen tidak beda jauh dengan Microsoft Word.  Hebatnya, ketika kita menulis tugas maupun catatan, data tersebut akan langsung tersimpan di Google Drive dan sewaktu ingin, kita bisa langsung membagikannya.

Tampilan mengetik google docs
Tampilan mengetik google docs. Dok. Gurupenyemangat.com

Selain itu, kalau kita sedang capek atau malas mengetik, di Google Docs sudah tersaji fitur dikte (Google voice/Google suara).

memanfaatkan fitur google voice di google dokumen
Memanfaatkan fitur google voice di google dokumen. Dok. Gurupenyemangat.com

Alhasil, kita hanya perlu berbicara di depan laptop maupun smartphone lalu ucapan kita akan terketik dengan sendirinya.

Bagaimana, asyik, kan? Coba saja sekarang. Langsung praktik. Hehehe

Terima kasih. Salam.

Baca juga Yuk

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Guru Sudah Familiar Aplikasi Google Docs? Inilah Ragam Manfaatnya dalam Pembelajaran"

Promo Cashback & Voucher Shopee