Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tingkatkan Insight Yuk, Berikut 13 Manfaat Media Sosial bagi Kita

Tanpa disangka-sangka, ternyata perkembangan teknologi dan informasi yang saat ini semakin populer di masyarakat.

Gara-gara TIK, segala hal menjadi mudah, dan salah satunya adalah kehadiran Media Sosial (Medsos).

Saat ini, medsos telah menjadi salah satu kebutuhan dasar bagi setiap orang. Segala umur, lho.

Ada banyak jenis jaringan media sosial yang digunakan oleh komunitas, seperti Facebook, Twitter, Telegram, Instagram, WhatsApp dan lainnya. 

Sedangkan media merupakan salah satu bentuk komunikasi publik yang menyediakan berbagai informasi dan hiburan. 

Pada dasarnya, media ini juga bisa berupa video, audio, atau media cetak dan lain sebagainya. 

Sekarang, media sosial tidak hanya digunakan oleh orang dewasa maupun remaja saja, akan tetapi juga digunakan oleh anak-anak.  

Oleh karena itu, penggunaan media sosial pada remaja, dewasa maupun anak memiliki dampak yang berbeda-beda pula.

Jika media sosial ini digunakan dengan bijaksana, maka akan banyak manfaatnya bagi seseorang. 

Namun, jika media sosial digunakan secara tidak normal, maka penggunaan tersebut akan berdampak negatif bagi para penggunanya. 

Rugi, kan. Padahal sejatinya kehadiran media sosial dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan Insight diri.

Nah, pada artikel ini, akan dituangkan mengenai manfaat dari penggunaan media sosial bagi seseorang. 

Apa Saja Sih Sebenarnya Manfaat Menggunakan Media Sosial Bagi Kita_
Manfaat Menggunakan Media Sosial Bagi Kita. Dok. Gurupenyemangat.com

Barangkali masih banyak manfaat yang mungkin belum kita ketahui. Mari kita selami lebih dalam.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Media Sosial Bagi Seseorang?

1. Mudah Mengakses Informasi Mengenai Kesehatan Pribadi

Penggunaan media sosial merupakan salah satu aktivitas yang saat ini banyak digunakan oleh kalangan remaja. Asal digunakan dengan bijak, maka banyak manfaat bagi remaja, salah satunya adalah mengakses berbagai informasi yang berkaitan dengan kesehatan personal.

Sebut saja seperti informasi penyakit infeksi, cara mengatasi stres, kiat mengatasi depresi, dan lain-lain. Dengan membaca data yang terpercaya, remaja tak perlu buru-buru ke rumah sakit.

2. Mempermudah Melakukan Komunikasi Secara Online

Media sosial alias jejaring sosial yang tadinya memiliki manfaat untuk mengakses informasi tentang masalah kesehatan, ternyata juga memiliki segenap guna untuk mempermudah komunikasi dengan orang lain secara online.

Terlebih lagi di era PJJ hari ini. Seakan-akan hadirnya media sosial sangat dibutuhkan untuk mendukung efektivitas akses pembelajaran. Tidak pernah tinggal. Medsos wajib hadir. Hemm

3. Media Sosial Dapat Melakukan Interaksi Secara Online dengan Teman

Media sosial menghadirkan banyak interaksi sosial yang mampu memangkas jauhnya jarak. Interaksi sosial ini bisa berupa update status, voting, berkomentar, menambah teman baru, dan lain sebagainya. 

Sadar atau tidak, sejatinya kegiatan ini juga merupakan salah satu manfaat yang didapatkan dari penggunaan media sosial. 

Sesekali bahkan sering kali banyak inspirasi yang kita dapatkan dari sana. Tentu saja selama interaksi yang dimaksud berkisah tentang maslahat yang berkebaikan.

4. Sosialisasi dan Komunikasi

Media sosial tujuannya adalah untuk berkomunikasi. Syahdan, seseorang dapat dengan mudah terhubung dengan teman dan keluarga. 

Selain itu, penggunaan media sosial juga dapat menolong kita dalam hal mempermudah mencari teman baru, bahkan juga untuk bertukar pikiran. 

Terkait dengan manfaat yang lebih luas, media sosial dapat dijadikan sandaran untuk memperdalam pengenalan remaja dalam penilaian diri, komunitas, dan dunia. 

Alhasil, hal ini dapat mempermudah remaja untuk berkomunikasi antar teman, sekaligus mempermudah mereka dalam melakukan sosialisasi.

5. Media Sosial Tempat Mencari Informasi, Berita, dan Pengetahuan

Sudah mampu ditebak rasanya, bahwa media sosial juga merupakan salah satu tempat yang dapat kita gunakan untuk mencari informasi, berita, hingga ilmu pengetahuan. 

bersandar dari sini, dengan menggunakan media sosial,kita tidak lagi ketinggalan informasi atau berita terkini yang praktis menyebar lebih cepat melalui media sosial dibanding media elektronik seperti TV. Tapi...cek kredibilitas sumbernya dulu ya.

6. Mempopulerkan Diri dengan Media Sosial

Tidak salah, bahkan sudah banyak fakta, bahwa media sosial mampu membuat diri menjadi populer. Maksudnya, gara-gara media sosial, seseorang bakal lebih dikenal oleh publik, baik disengaja maupun tidak disengaja alias diviralkan.

Secara positif, media sosial merupakan perantara kita untuk meningkatkan personal branding maupun branding sebuah produk. Sederhananya, bagaimana mungkin warganet tahu ketika kita tidak promosi. Hehehe

7. Media Sosial Dapat Mempermudah Kita dalam Membangun Bisnis

Media sosial yang merupakan salah satu kebutuhan bagi seseorang yang memiliki banyak guna terutama untuk perkembangan bisnis. 

Hal yang biasa kita temukan, setiap orang yang menjalankan bisnis seringkali dituntut harus memiliki fanspage alias halaman di media sosial dengan tujuan untuk melayani semua jenis pembeli. 

Untuk ke depannya, hal tersebut bakal sangat membantu kita untuk membangun bisnis. 

Akan tetapi, jika kita memanfaatkan media sosial untuk perkembangan bisnis, maka disarankan agar kita menggunakannya dengan waspada alias hati - hati. Soalnya, ada segenap reputasi yang dipertaruhkan. Hahaha

Bagaimana Membuat Keterampilan Pemasaran dengan Menggunakan Media Sosial?

Bagaimana Membuat Keterampilan Pemasaran dengan Menggunakan Media Sosial
Membuat Keterampilan Pemasaran dengan Menggunakan Media Sosial. Dok. Gurupenyemangat.com

8. Bisa Membuat Keterampilan Pemasaran dengan Menggunakan Media Sosial

Perkembangan media sosial dapat menciptakan ragam pemasaran baru yang membutuhkan tenaga profesional atau ahli untuk membangun suatu bidang usaha atau bisnis. 

Dengan memanfaatkan media sosial, secara tidak langsung kita dapat mempersiapkan pekerja muda untuk menjadi pemasar yang hebat. Makanya tidak salah bahwa yang muda, terutama generasi kekinian mengincar banyak followers, subscribers, dan likes.

9. Promosikan dan Iklankan Produk Melalui Media Sosial

Dengan memanfaatkan media sosial, kita dapat mempromosikan dan mengiklankan produk atau layanan. Ada yang gratis, ada pula yang berbayar macam fb ads.

Platform medsosnya bisa dipilih, apakah dengan menggunakan Facebook, Whatshapp, atau lain sebagainya dengan tujuan untuk mempromosikan alias mengenalkan suatu produk maupun jasa.

10. Media Sosial Memiliki Manfaat untuk Saling Berbagi Informasi

Berlanjut ke manfaat yang kesepuluh, salah satu benefit medsos adalah, untuk berbagi informasi dari satu orang ke banyak orang lainnya. 

Dengan berbagi informasi, diharapkan agar banyak dari seseorang yang mengetahui informasi dalam skala nasional dan internasional.

11. Bahan Penunjang Pembelajaran

Manfaat dari penggunaan media sosial lainnya adalah sebagai penunjang pembelajaran. Media sosial dapat membantu kita untuk mengidentifikasi konten tambahan untuk memperkuat atau memperluas akses alias layanan pembelajaran siswa. 

Seperti YouTube yang dapat membantu menyediakan video audio visual bagi siswa saat dibutuhkan untuk memperjelas materi pembelajaran. 

Begitu pula dengan Google Meet, Zoom Meeting, Whatsapp, hingga berbagai aplikasi pembelajaran populer lainnya. Sembari berjalan, diperlukan perpaduan kompetensi bagi seorang pembelajar.

Alhasil, media sosial dapat memungkinkan siswa mengirimkan berbagai dokumen seperti video, reminder, voice note, gambar, data dan lain-lain.

12. Tidak Ketinggalan Berita atau Informasi Terkini

Media sosial dapat dikatakan salah satu kebutuhan bagi seseorang, karena dengan menggunakan media sosial seseorang akan mudah mencari atau mendapatkan informasi dari satu orang ke orang lain. 

Jadi, dengan media sosial, kita tidak akan ketinggalan berita atau informasi penting yang telah disampaikan oleh orang lain. 

Tapi, hati-hati fake news, ya! Kita jangan tergoyah dengan judul clicbait sehingga langsung percaya begitu saja. Perlu dicek dan disandarkan kepada fakta, serta data yang valid bin kredibel.

13. Media Sosial Dapat Meningkatkan Wawasan (Insight)

Pengguna media sosial secara langsung dapat memberikan dan menerima beberapa informasi atau berita yang penting. 

Ketika pengguna media sosial menjadi penerima, maka dirinya bakal dapat menerima beberapa informasi yang telah disampaikan pada orang lain. 

Sementara jika pengguna media sosial menjadi pemberi informasi, maka dirinya bisa memberikan berita atau informasi penting yang ingin disampaikan. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa media sosial sama-sama berguna bagi penerima dan yang memberikan info. Alhasil, wawasan alias insight kita bakal meningkat.

Salam. 
Semoga bermanfaat.

Baca juga: Metode Mengajar Asyik dan Menyenangkan

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Tingkatkan Insight Yuk, Berikut 13 Manfaat Media Sosial bagi Kita"

  1. Bagi nenek-nenek, berselancar di medsos bisa awet muda, Cucunda. He .... He ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Iya Nek. Asik dah klo tambah muda. 🤭🤭

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.