Widget HTML #1

Mulai dari Diri Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

Mulai dari Diri Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

Mulai dari Diri Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik
Mulai dari Diri Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP mampu mengidentifikasi pengetahuan, pengalaman, dan  keterampilan dirinya terkait coaching di konteks pendidikan

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Selamat datang di modul coaching untuk supervisi akademik. Untuk memulai pembelajaran pada modul ini, mari kita mulai dari diri Anda. Sebagai seorang guru, Anda adalah seorang pemimpin pembelajaran. Dalam perjalanan Anda sebagai seorang guru, tentunya Anda pernah mendapatkan pengalaman terkait dengan supervisi akademik sebagai salah satu cara pengembangan kompetensi diri Anda. 

Pada sesi mulai dari dari diri ini, Anda akan menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif terkait supervisi akademik dan pengembangan kompetensi diri. Jawaban yang Anda berikan tidak akan dinilai, melainkan sebagai pijakan bagi fasilitator untuk mengembangkan pembelajaran dalam modul ini.

Pertanyaan-pertanyaan reflektif sesi mulai dari diri:

Selama menjadi guru, tentunya pembelajaran Anda pernah diobservasi atau disupervisi oleh kepala sekolah Anda. Bagaimana perasaan Anda ketika diobservasi?

Ceritakan pengalaman Anda saat observasi dan pasca kegiatan observasi tersebut.

Menurut Anda, bagaimanakah proses supervisi akademik yang ideal yang dapat membantu diri Anda berkembang sebagai seorang pendidik?

Menurut Anda, jika Anda saat ini menjadi seorang kepala sekolah yang perlu melakukan supervisi, dimana posisi Anda sehubungan dengan gambaran ideal di atas dari skala 1 s/d 10? Situasi belum ideal 1 dan situasi ideal 10.

Aspek apa saja yang Anda butuhkan untuk dapat mencapai situasi ideal itu?

Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan reflektif, tuliskan harapan Anda terkait modul ini :

Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?

Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

Refleksi Sesi Mulai dari Diri Modul 2.3

Perasaan saat diobservasi, saya merasa degdegan dan cukup cemas karena jarang-jarang saya mengajar namun diamati oleh orang lain secara khusus.

Pengalaman saya saat observasi, ialah ketika saya mengajar kelas 6. Di kala itu saja terlebih dahulu menghadiri pertemuan pra-observasi dengan kepala sekolah. Beliau menanyakan tujuan pembelajaran, melihat RPP saya, serta menanyakan model dan metode pembelajaran apa yang akan saya gunakan. Kemudian, ada pun saat pascaobservasi, kepala sekolah melakukan evaluasi terhadap cara mengajar yang saya lakukan.

Proses supervisi akademik yang ideal dan dapat membantu saya berkembang adalah dengan melakukan pra-observasi terlebih dahulu, yaitu melakukan pemetaan rencana yang kemudian dianalisis sebelum diterapkan dalam pembelajaran. Kemudian dilakukan pula kegiatan pascaobservasi yang mana pada kegiatan tersebut dilakukan evaluasi, refleksi dan pemberian penguatan-penguatan secara positif.

Posisi saya yaitu skala 9.

Aspek apa saja yang bisa saya butuhkan untuk mencapai situasi ideal? Yaitu pemahaman lebih matang terhadap kompetensi utama seorang guru, dan juga pemahaman lebih dalam mengenai pembelajaran masa kini.

Harapan saya setelah mempelajari modul ini yaitu saya bisa meningkatkan keterampilan coaching dari berbagai aspeknya. Lebih lanjut diharapkan di dalam modul ini ada materi coaching kepada guru senior, coaching kepada rekan sejawat.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Mulai dari Diri Modul 2.3 - Coaching untuk Supervisi Akademik"