Widget HTML #1

Koneksi Antar Materi Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Koneksi Antar Materi Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Tujuan Pembelajaran Khusus:

CGP mampu menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara

Jika kita gagal merencanakan, berarti sama saja kita sedang merencanakan kegagalan.”  ~ Benjamin Franklin

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak, ini adalah fase terakhir sebelum fase eksekusi atau Aksi Nyata. Fase ini berisi tantangan tugas individu. Sebagai CGP, Bapak/Ibu ditantang untuk melakukan refleksi menggunakan Model 4P yang sudah dipaparkan dalam Eksplorasi Konsep. Pada kesempatan Koneksi Antar Materi ini, Bapak/Ibu diajak untuk menelaah kembali rangkaian pembelajaran mulai dari Modul 1.1 hingga akhir Modul 1.2 ini. 

Refleksi Model 4P dapat dibuat dalam bentuk tulisan-naratif/poster/peta-pikiran/powerpoint/video/audio sederhana.

Setelah saya menjalani pembelajaran dari Modul 1.1 hingga Modul 1.2 ini, berikut adalah hal yang menjadi pembelajaran bagi saya (model refleksi 4P):

Peristiwa: Momen yang paling penting atau menantang atau mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah...

Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya fahami adalah... 

Perasaan: Saat momen itu terjadi saya merasa seperti bagaikan... 

Pembelajaran: Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa...sekarang saya berpikir bahwa...

Penerapan ke depan (Rencana): Apa pengembangan diri yang sederhana, konkret dan rutin yang dapat saya lakukan sendiri dari sekarang, untuk membantu menguatkan nilai-nilai dan peran saya sebagai Guru Penggerak?

Anda juga dapat memberikan komentar/apresiasi terhadap hasil kerja CGP lain di bagian ini. Pastikan Anda mengumpulkan tugas Anda terlebih dahulu sebelum memberikan tanggapan kepada hasil CGP lain.

Terima Kasih Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak atas refleksi yang Anda sudah berikan pada bagian ini. Semoga refleksi yang sudah Anda tulis disini mampu menjadi acuan pengembangan diri Anda terkait nilai dan peran Guru Penggerak.

Fasilitator akan memberikan penguatan dan umpan balik positif terhadap pengetahuan dan pengalaman baru yang diperoleh Bapak/Ibu CGP.

Koneksi Antar Materi Modul 1.2
Koneksi Antar Materi Modul 1.2

Peristiwa:

Momen yang paling penting dan mencerahkan bagi saya dalam proses pembelajaran Modul 1.1 hingga Modul 1.2 adalah Ketika mempelajari modul 1.1, saya mulai menyelami pemikiran bahwa sebagai guru tugas kita adalah menuntun atau pamong bukannya menuntut. Pendidikan juga harus disesuaikan dengan kodrat alam dan zaman dimana murid berada. Pernyataan yang paling saya ingat dari modul ini yaitu “Berhamba pada anak”. Lalu kemudian di modul 1.2 Nilai dan peran guru penggerak, saya juga mempelajari bahwa sebagai pendidik kita harus mempunyai nilai-nilai guru penggerak yaitu Mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif, dan berpihak pada murid. Dengan memiliki nilai-nilai tersebut, sebagai pendidik kita pasti dapat melaksanakan peran kita dengan baik. Kaitan antara Modul 1.1 dan 1.2 yang saya pahami adalah bahwa untuk mencapai Pendidikan yang merdeka seperti yang disampaikan KHD dalam modul 1.1, maka dibutuhkan peran pendidik yang memiliki nilai-nilai guru penggerak dalam modul 1.2.

Perasaan:

Saat momen itu terjadi saya merasa sangat antusias dan semakin menyadari tentang kurangnya ilmu, pengetahuan, dan pengalaman. Saya merasa sangat bersyukur dan senang atas kesempatan yang saya dapatkan ini. Sebagai pendidik yang minim pengalaman, ini dapat saya gunakan sebagai refleksi untuk memperbaiki diri kedepannya. Ilmu yang saya dapat juga akan saya implementasikan supaya bernilai kebaikan kepada seluruh alam.

Pembelajaran:

Sebelum momen tersebut terjadi saya berpikir bahwa pembelajaran yang baik yaitu berpusat pada murid; murid yang duduk, diam, mendengarkan, dan menjadikan guru sebagai pusat pembelajaran (teacher center). Hal terpenting dalam Pendidikan adalah nilai kognitif. Saya tidak pernah berkolaborasi dan merefleksi apa yang saya kerjakan. Namun sekarang saya berpikir bahwa saya harus mampu menjadi pemimpin pembelajaran dengan berhamba kepada murid, mampu mewujudkan kepemimpinan murid, mampu menjadi coach bagi guru lain, mampu mendorong kolaborasi dan menggerakkan komunitas praktisi.

Penerapan ke depan (Rencana):

Rencana pengembangan diri yang akan saya lakukan mulai dari sekarang yaitu senantiasa memotivasi diri sendiri untuk terus bersemangat dalam mempelajari ilmu-ilmu baru, mengimplementasikannya, memetik kebaikan, serta memetik refleksinya demi memenuhi kebutuhan peserta didik. Selain itu, saya juga ingin meningkatkan kompetensi guru, supaya menjadi guru yang kreatif, inovatif, reflektif, mandiri, serta senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai kolaborasi baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Koneksi Antar Materi Modul 1.2 - Nilai dan Peran Guru Penggerak"