Widget HTML #1

Contoh Teks Sambutan Kepala Sekolah Tentang PPDB di TK/PAUD

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah siap menyambut peserta didik baru di TK atau PAUD yang sedang Sobat kelola?

Nah, sebagai pengantar awal, biasanya seorang kepala sekolah maupun kepala yayasan menyampaikan sambutan atau pidato yang berkisah tentang seperti apa keadaan sekolah, seperti apa program sekolah, serta juga pesan khusus terhadap wali murid.

Contoh Teks Sambutan Kepala Sekolah Tentang PPDB di TK PAUD
Contoh Teks Sambutan Kepala Sekolah Tentang PPDB di TK PAUD. Designed by GuruPenyemangat.com

Untuk itu, seorang kepala sekolah, kepala yayasan maupun ketua panitia kegiatan PPDB perlu menyiapkan sambutan yang tepat.

GuruPenyemangat.com menghadirkan contoh teks sambutan kepala sekolah tentang peserta didik baru (PPDB) di TK atau PAUD yang singkat.

Mari disimak ya:

Sambutan Kepala Sekolah Tentang PPDB di TK

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin, asslatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad wa ‘ala ali sayyidina muhammad

Yang terhormat, Ketua Yayasan “Guru Penyemangat”
Yang saya hormati, Dewan Guru TK Guru Penyemangat
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Wali Murid
Serta anak-anak ibu tercinta yang akan bergabung di sini.

Hai, anak-anak. Selamat bergabung ya. Jawab salam ibu dulu ya

“Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh”

“Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh”

Wah mantap, pinter ya anak-anak ibu, ya.

Pertama-pertama di atas segalanya marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat, terutama nikmat sehat dan sempat hingganya kita bisa berkumpul di TK Guru Penyemangat dengan keadaan tiada kurang apa pun.

Shalawat berhiaskan salam tiada lupa kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Bapak/Ibu wali murid yang berbahagia, terima kami ucapkan atas kehadiran Bapak/Ibu di TK Guru Penyemangat. Terima kasih pula kami ucapkan atas kepercayaan yang dititipkan kepada kami untuk membantu merealisasikan perkembangan dan pertumbuhan anak pra-sekolah.

Sejatinya pembelajaran di TK itu lebih memprioritaskan tahapan perkembangan kognitif, motorik, sosial-emosional, sosial-budaya, keagamaan, dan perkembangan bahasa.

Dengan demikian, proses pembelajaran yang dilakukan tidak terpaku pada kegiatan baca dan tulis, melainkan lebih kepada bagaimana caranya menghadirkan pembelajaran yang asyik dan menyenangkan sesuai dengan tumbuh kembang anak.

Jangan sampai nanti anak merasa terbebani dengan tugas-tugas yang ada di sekolah. Karena sejatinya anak umur 5-6 tahun kemampuan kognitifnya belum sampai pada tahap berpikir kritis.

Boleh Baca: Download Modul Ajar PAUD Tentang Dasar Pengembangan Literasi dan STEAM

Bapak/Ibu yang berbahagia;

Lebih daripada itu, anak-anak usia TK memiliki kemampuan motoris halus dalam bentuk menggambar, melakukan aktivitas sehari-hari seperti mengancing baju, mengikat tali sepatu, serta meletakkan barang-barang pada tempatnya.

Kemudian, pada tahap perkembangan bahasa, anak-anak TK biasanya diarahkan untuk berkomunikasi dengan teman-temannya atau sekadar bercerita singkat tentang kegiatan mereka di rumah dalam kehidupan sehari-hari.

Misalnya, mereka pada pagi hari melakukan aktvitas apa saja? Sebut saja seperti bangun tidur mereka langsung mandi, kemudian sarapan, berangkat ke sekolah, dan lain sebagainya.

Bapak/Ibu wali murid yang berbahagia;

Harapan kami kepada orang tua, tetaplah melakukan kegiatan bimbingan di rumah sesuai dengan tumbuh kembang mereka. Kami di sekolah hanya sekadar membantu dan memfasilitasi seadanya sebagaimana yang Bapak/Ibu lihat saat ini. Sedangkan anak sejatinya lebih sering dan lebih lama durasi waktu ketika mereka di rumah.

Jangan sampai nanti anak merasa terbebani oleh kegiatan pembelajaran yang terlalu padat, atau malah sebaliknya, jangan sampai pula kita selaku orang tua lalai dalam merawat, mengasuh serta membimbing anak sesuai dengan tahapan perkembangan mereka.

Kemudian juga, kami dari pihak sekolah dan dewan guru akan membantu semaksimal mungkin terhadap perkembangan anak-anak di sekolah ini, dengan tujuan terciptanya anak-anak yang baik, bertumbuh kembang sesuai yang kita harapkan,

Support alias dukungan penuh Bapak/Ibu salian sangat diharapakan dalam tahap perkembangan anak.

Bapak/Ibu yang kami hormati;

Pesan kami juga, jangan pernah membandingkan anak satu dengan anak yang lainnya karena setiap perkembangan anak itu berbeda-beda.

Tidak ada yang sama dalam hal kemampuan yang mereka miliki, ada yang suka menggambar, ada yang suka menulis dan juga yang suka dengan eksperimen-eksperimen. Anak yang terlahir di dunia itu sesuai dengan fitrahnya masing-masing 

Bapak/ibu sekalian;

Untuk program-program sekolah yang telah kami buat disekolah agar kiranya dapat juga di realisasikan di rumah seperti menerapkan pengenalan huruf hijaiyah, maka di rumah juga dibantu untuk mengulang dan mengingat huruf-huruf yang telah kami ajarkan. Perlu diperhatikan bahwa anak perlu diberi stimulus dengan pertanyaan seperti;

Belajar apa di sekolah tadi?

Temannya siapa saja di sekolah ?

Dan ada pesan apa yang dikatakan ibu guru di sekolah tadi?

Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu anak-anak akan menjadi senang karena merasa diperhatikan oleh Bapak/Ibu.

Akhir kata, marilah kita jadikan TK ini sebagai wadah dan tempat tumbuh kembang anak yang nyaman, aman, dan membahagiakan. Harapan kita semua, semoga anak-anak kita menjadi anak yang cerdas, sehat, berbakti kepada orang tua, serta bisa menjadi kebanggaan kita semua.

Demikianlah beberapa hal yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf atas khilaf dan salah, saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Demikianlah seutas sajian Guru Penyemangat tentang contoh teks pidato atau sambutan kepala sekolah untuk keperluan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di jenjang TK atau PAUD.

Semoga bermanfaat
Salam

Lanjut Baca: Download Modul Ajar Berbasis Belajar dan Bermain untuk PAUD Kurikulum Merdeka

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Sambutan Kepala Sekolah Tentang PPDB di TK/PAUD"