Widget HTML #1

Download LK Resume Modul Akidah Akhlak KB 1 (Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah)

Hai Sobat PPG PAI yang berbahagia, berikut GuruPenyemangat.com sajikan contoh lembar kerja yang berisikan resume tugas pada bagian modul Akidah Akhlak KB 1 materi Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah.

LK 1 berikut bisa Sobat jadikan referensi untuk memenuhi tugas pendalaman materi PPG PAI baik prajabatan maupun dalam jabatan.

LK Resume Modul Akidah Akhlak KB 1 (Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah)

Download LK Resume Modul Akidah Akhlak KB 1 (Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah)
Download LK Resume Modul Akidah Akhlak KB 1 (Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah). Designed by GuruPenyemangat.com

PENDALAMAN MATERI

(Lembar Kerja Resume Modul)

 

NAMA MAHASISWA    :

KELAS                             : 

LPTK                                :

DOSEN PENGAMPU    :

 

A.  Judul Modul          : AKIDAH AKHLAK

B.  Kegiatan Belajar  : KASIH SAYANG DAN KEKUASAAN ALLAH (KB 1)

 

C.  Refleksi

 

NO

BUTIR REFLEKSI

RESPON/JAWABAN

1

Konsep (Beberapa istilah dan definisi) di KB

Pengertian Al-Rahmān

Û    Kata Al-Rahmān (الرحمن (Berasal Dari Kata Rahīma (رحيم (Yang Artinya Menyayangi Atau Mengasihi. Terdiri Dari Huruf Rā, Hā, Dan Mim, Yang 7 Mengandung Makna Kelemahlembutan, Kasih Sayang, Dan Kehalusan. Di Dalam Al-Qur’an Kata Al-Rahmān Terulang Sebanyak 57 Kali. Apa Arti Al-Rahmān? Dalam Bahasa Inggris, Seringkali Kata Yang Digunakan Untuk Menerjemahkan Al-Rahmān Adalah Merciful Atau Benefactory. Namun Kedua Kata Tersebut Tidak Bisa Mengartikan Makna Al-Rahmān. Mercy Itu Maknanya Kasih Yang Diberikan Ketika Seseorang Melakukan Kesalahan, Padahal Al-Rahmān Itu Tidak Hanya Diberikan Setelah Seseorang Melakukan Kesalahan. Lalu Kata Benefactory, Hampir Tidak Pernah Dipakai Di Keseharian.

Bukti Allah Memiliki Sifat Al-Rahmān Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Û    Al-Rahmān Salah Satunya Berasal Dari Akar Kata Al-Rahm, Saat Seorang Perempuan Hamil, Tempat Janin Bayinya Disebut Dengan Rahim. Disebut Rahim Karena Janin Tersebut Dirawat, Dilindungi, Disayangi Dalam Berbagai Hal.  Hubungan Sang Ibu Dan Sang Bayi Kurang Lebih Seperti Ini: 1) Apakah Bayi Tersebut Mengenal/Tahu Ibunya? Tidak. 2) Apakah Bayi Tersebut Sudah Punya Rasa Cinta/Sayang Ke Ibunya? Tidak. 3)Apakah Ibunya Sudah Memperhatikan, Melindungi Dan Merawat Bayinya? Yes, In Every Way. The Entire Life Of The Child Is Taken Care Of By The Mother. Dan Bayi Tersebut Tidak Tahu Sama Sekali Bahwa Ia Sangat Disayangi, Bahwa Ibunya Mau Melakukan Banyak Hal Untuk Bayinya, Juga Melindunginya Dari Setiap Bahaya. Seluruh Makhluk Di Alam Semesta Mendapat Kasihnya Allah. Allah Memberikan Apa Yang Dibutuhkan Tanpa Memandang Ketaatan Atau Tidak. Manusia Yang Tidak Mengakui Kebenaran Wahyu Allah Saja Tetap Diberi Kesempatan Menghirup Oksigen. Selama Mereka Berbuat Baik Untuk Orang Lain, Allah Tetap Berikan Balasan Yang Berlimpah Sesuai Kebaikannya. Namun Kasihnya Ini Hanya Diberikan Di Dunia.

 

Al-Asmā Al-Husnā: Al-Mālik

Û    Al-Malik (الملك ,(Secara Umum Diartikan Raja Atau Penguasa. Kata "Malik" Terdiri Dari Tiga Huruf Yakni Mim, Lam, Dan Ka. Yang Rangkaiannya Mengandung Makna Kekuatan Dan Kesahihan. Kata Malik Pada Mulanya Berarti Ikatan Dan Penguatan. Kata "Malik" Juga Mengandung Arti Penguasaan Terhadap Sesuatu Disebabkan Oleh Kekuatan Pengendalian Dan Kesahihannya. Kata "Malik" Yang Biasa Diterjemahkan Raja Adalah Yang Menguasai Dan Menangani Perintah Dan Larangan, Anugerah Dan Pencabutan. Karena Itu, Biasanya Kerajaan Terarah Kepada Manusia, Tidak Kepada Barang Yang Tidak Dapat Menerima Perintah Dan Larangan. Salah Satu Kata "Malik" Dalam Al-Qur'an Adalah Yang Terdapat Dalam Surah An-Nās, Yakni "Malik Al-Nās" (Raja Manusia).

 

MUKJIZAT

Û    Kata mukjizat berasal dari Bahasa Arab yang telah dibakukan ke dalam Bahasa Indonesia, yaitu al-Mu’jizat (المعجزة .(Al-mu’jizat adalah bentuk kata mu’annas (female) dari kata muzakkar (male) al-mu’jiz. Al-mu’jiz adalah isim fā’il (nama atau sebutan untuk pelaku) dari kata kerja (fi’l) a’jaza (أعجز .(Kata ini terambil dari akar kata ‘ajaza-yu’jizu-ajzan wa ‘ajuzan wa ma’jizan wa ma’jizatan/ma’jazatan (ومعجزة – ومعجزا – وعجوزا – عجزا – يعجز – عجز ,(yang secara harfiah berarti lemah, tidak mampu, tidak berdaya, tidak sanggup, tidak dapat (tidak bisa), dan tidak kuasa.

Û    Al-‘ajzu adalah lawan dari kata al-qudrah yang berarti sanggup, mampu, atau kuasa. Jadi, al-‘ajzu berarti tidak mampu alias tidak berdaya. Istilah mu’jiz atau mu’jizat lazim diartikan dengan al’ajib (العجيب ,(maksudnya sesuatu yang ajaib (menakjubkan atau mengherankan) karena orang atau pihak lain tidak ada yang sanggup menanding atau menyamai sesuatu itu. Juga sering diartikan dengan amrun khāriqun lil-‘ādah (للعادة خارق أمر ,(yakni sesuatu yang menyalahi tradisi.

 

UNSUR POKOK MUKJIZAT

·         Unsur pokok pertama, ialah mukjizat harus menyalahi tradisi atau adat kebiasaan (khariqun lil ‘adah). Sesuatu yang tidak menyalahi tradisi, atau kejadiannya sesuai dengan kebiasaan yang umum, tidak dapat dikatakan mukjizat. Itulah sebabnya mengapa banyak hal aneh yang dikeluarkan oleh ahli-ahli sulap bahkan ahli-ahli sihir tidak dinyatakan sebagai mukjizat (Q.S. an-Nisa [4]: 171). Ini karena tidak menyalahi kebiasaan, tidak sungguhan (tipuan/trik), dan banyak orang lain yang bisa melakukan hal serupa atau bahkan lebih dari itu. Misalnya mukjizat Nabi Isa A.s. yang menghidupkan orang mati adalah di luar kebiasaan.

·         Unsur pokok kedua, ialah mukjizat harus dibarengi dengan perlawanan. Maksudnya, mukjizat harus diuji melalui pertandingan atau perlawanan. Untuk membuktikan bahwa itu mukjizat, harus ada upaya konkret lebih 17 dulu dari pihak lain (lawan), untuk menandingi. Dan pihak yang menandingi itu harus sepadan atau sebanding dengan yang ditandingi. Jika pihak yang menandingi tidak sebanding kelasnya, maka itu bukan mukjizat. Sebab, kekalahan yang diderita pihak lawan, tidak menunjukkan kehebatan si pemenang, dan tidak mengisyaratkan ketidakmampuan pihak yang kalah (lawan). Misalnya para penyihir dilawan oleh mukjizat Nabi Musa A.s. yang mampu mengubah tongkatnya menjadi ular sungguhan.

·         Unsur pokok ketiga, ialah mukjizat itu setelah dilakukan perlawanan terhadapnya, ternyata tidak terkalahkan untuk selama-lamanya. Jika seseorang memiliki kemampuan luar biasa, tetapi hanya terjadi seketika atau dalam waktu tertentu, maka itu tidak dikatakan mukjizat. Misalnya Nabi Musa A.s. yang tidak terkalahkan dalam membelah lautan.

KAROMAH

Û    Karamah berasal dari bahasa arab كرم berarti kemuliaan, keluhuran, dan anugerah. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yang mengistilahkan karomah dengan keramat diartikan suci dan dapat mengadakan sesuatu di luar kemampuan manusia biasa karena ketakwaannya kepada Allah. Menurut ulama sufi, karamah berarti keadaan luar biasa yang diberikan Allah Swt. kepada para wali-Nya. Wali ialah orang yang beriman, bertakwa, dan beramal saleh kepada Allah Swt. Ulama’ sufi meyakini bahwa para wali mempunyai keistimewaan, misalnya kemampuan melihat hal-hal ghaib yang tidak dimiliki oleh manusia umumnya. Allah Swt. dapat memberi karomah kepada orang beriman, takwa, dan beramal saleh menurut kehendaknya.

 

SIHIR

Û    Sihir dalam bahasa Arab tersusun dari huruf س, ح, ر) siin, ha, dan ra), yang secara bahasa bermakna segala sesuatu yang sebabnya nampak samar. Oleh karenanya kita mengenal istilah ‘waktu sahur’ yang memiliki akar kata yang sama, yaitu siin, ha dan ra, yang artinya waktu ketika segala sesuatu nampak samar dan remang-remang. Seorang pakar bahasa, al-Azhari mengatakan bahwa, “Akar kata sihir maknanya adalah memalingkan sesuatu dari hakikatnya. Maka ketika ada seorang menampakkan keburukan dengan tampilan kebaikan dan menampilkan sesuatu dalam tampilan yang tidak senyatanya maka dikatakan dia telah menyihir sesuatu”.

Û    Di antara tukang sihir itu ada yang menempelkan mushhaf di kedua kakinya, kemudian ia memasuki WC. Ada yang menulis ayat-ayat al-Qur’an dengan kotoran atau darah haid. Juga ada yang menulis ayat-ayat Al-Qur’an di kedua telapak kakinya. Ada juga yang menulis Surat al-Faatihah terbalik. Ada yang mengerjakan salat tanpa berwudu. Ada yang tetap dalam keadaan junub terusmenerus. Ada yang menyembelih binatang untuk dipersembahkan kepada syaitan dengan tidak menyebut nama Allah pada saat menyembelih, lalu membuang sembelihan itu ke tempat yang telah ditentukan syaitan. Ada yang berbicara dengan binatang-binatang dan bersujud kepadanya. Serta ada juga yang menulis mantra dengan lafazh yang mengandung makna kekufuran.

 

2

Daftar materi pada KB yang sulit dipahami

Û     Sesuatu (hal atau urusan) yang menyalahi adat-kebiasaan yang ditampakkan Allah di atas kekuasaan seseorang Nabi untuk memperkuat kenabiannya.

Û     Sifat Karomah adalah kejadian di luar batas kemampuan manusia pada umumnya atau keluar dari kebiasaan pada umumnya. Karomah merupakan bagian dari Mawahib (anugerah) Allah yang didapat tanpa melalui proses usaha dan terjadi hanya sesekali saja.

Û     “Kenapa zaman akhir para wali banyak terlihat karomahnya? Kenapa zaman Sahabat dan Tabi’in tidak nampak wujud karomah wali?

3

Daftar materi yang sering mengalami miskonsepsi dalam pembelajaran

Û     Karomah dianggap sebagai salah satu kesyirikan

Salah satu miskonsepsi yang cukup sering timbul belakangan ini ialah munculnya golongan yang menganggap bahwa karomah itu adalah wujud dari kesyirikan karena disinyalir telah mengadakan kerjasama dengan jin maupun setan. Padahal dari sudut pandang keilmuan Islam, karomah itu memiliki dalil-dalil yang jelas dan terang, serta memiliki perbedaan mendasar dengan perbuatan syirik seperti sihir dan semisalnya.

Û     Muncul orang mengaku mendapatkan karomah, seakan-akan ia mendapatkan wahyu atau bisikan dari Tuhan

Adapun miskonsepsi lainnya yang berkaitan dengan Kegiatan Belajar 1 ini ialah kemunculan orang yang mengaku mendapatkan karomah seakan-akan ia mendapatkan wahyu, ilham, atau bisikan dari Tuhan. Alhasil, berkat bisikan tersebut mereka mulai membuat kelompok-kelompok tertentu dan uniknya ada orang yang percaya dengannya, padahal karomah tepatnya pada akhir zaman seperti ini sangat sedikit sekali didapat oleh orang-oleh sholeh dikarenakan kedhaif-annya.

Download LK Resume Modul Akidah Akhlak KB 1 (Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah) Format .doc (Word)

Berikut disajikan link unduhan tugas pendalaman materi dengan format .doc. Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat:

LK 1 KB 1 Akidah AKhlak 101kb

***

Semodga bermanfaat
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Download LK Resume Modul Akidah Akhlak KB 1 (Kasih Sayang dan Kekuasaan Allah)"