Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Kesetiakawanan Sosial Sesama Bangsa

Hai Sobat Guru Penyemangat, apakah Sobat sudah menyadari tentang pentingnya kesetiakawanan sosial bangsa?

Ya, rasa setia kawan itu penting untuk mewujudkan kekompakan kita sebagai bangsa Indonesia. Sejatinya bangsa yang kompak itu adalah bangsa yang jauh dari perselisihan dan saling menghargai perbedaan.

Berbeda-beda namun tetap satu. Kita boleh berbeda ras, suku, serta agama, namun kita semua tetap satu dalam balutan NKRI.

Nah berikut ada contoh pidato persuasif dengan tema kesetiakawanan sosial sesama bangsa yang singkat dan mudah dihafal.

Mari disimak:

Pidato Kesetiakawanan Sosial Sesama Bangsa

Pidato Kesetiakawanan Sosial Sesama Bangsa
Pidato Kesetiakawanan Sosial Sesama Bangsa. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh
Selamat Pagi dan Salam Sehat untuk Kita Semua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala/Ketua
Yang saya hormati, Bapak/Ibu Tamu Undangan
Serta teman-teman yang berbahagia;

Pada kesempatan yang mulia ini marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat, terutama nikmat kesehatan, kesempatan dan lapang hati hingganya kita bisa berkumpul di ruangan ini dalam suasana yang berbahagia.

Sholawat berhias salam tiada lupa mari kita junjungkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Berdirinya saya di sini akan menyampaikan pidato tentang kesetiakawanan sosial sesama bangsa.

Apakah teman-teman di sini sudah tahu dengan apa itu arti dan makna setia kawan? Ya, rasanya semua yang hadir di sini sudah sangat mengerti tentang apa itu kesetiakawanan.

Kawan yang setia itu laksana sahabat, yaitu orang yang ada di dekat kita, orang yang mendukung kita baik di kala senang maupun sedih.

Kesetiakawanan menjunjung tinggi perilaku empati, dan orang-orang yang setia kawan senantiasa meninggikan rasa peduli. Peduli terhadap sesama, peduli terhadap kesulitan yang dialami teman, serta mengapresiasi setinggi-tingginya keberhasilan yang didapat oleh teman.

Teman-teman yang saya banggakan;

Sejatinya kesetiakawanan sosial terhadap sesama bangsa juga demikian. Tidak hanya terhadap teman yang kita pedulikan, melainkan juga keluarga, masyarakat, suku, hingga saudara-saudari se-bangsa dan setanah air.

Berbicara tentang bangsa, maka tidak sah rasanya bila kita tidak berbicara tentang problematika yang ada di negeri ini.

Adapun problematika yang saya maksud seperti kemiskinan, degradasi moral, kesenjangan pendidikan, permasalahan kesehatan, dan sebagainya.

Mungkin tidak semua dari kita yang ada di sini sedang mengalami masalah tersebut, tapi orang lain yang ada di desa kita, di daerah kita, di kecamatan kita, di kabupaten kita, di provinsi kita, hingga di Tanah Air Tercinta.

Kesetiakawanan sosial sesama bangsa artinya kita berusaha untuk peduli dengan saudara sebangsa, peduli dengan permasalahan nasional, serta peduli dengan kesusahan yang sedang dialami orang lain.

Walaupun kita berbeda suku, berbeda agama, berbeda ras dan suku bangsa, namun kita semua adalah Warga Negara Indonesia yang memiliki identitas yang sama, juga jati diri yang sama.

Boleh Baca: Contoh Pidato Hidup Rukun dan Damai yang Mudah Dihafal

Teman-teman yang berbahagia;

Kesetiakawanan sosial sesama bangsa memiliki manfaat yang bisa dirasakan oleh semua orang. Secara umum, bangsa yang setia kawan akan tampak kompak, hidupnya teratur, dan negerinya tenteram.

Selain itu, dengan adanya rasa peduli dan empati antar bangsa, kehidupan di masyarakat akan jauh dari perselisihan dan konflik.

Apalagi kalau sudah berbicara masalah tadi seperti kemiskinan. Jika tidak ada rasa peduli antar sesama, maka yang kaya nanti makin kaya dan mereka yang miskin akan semakin melarat.

Padahal kalau saja kepedulian itu ada, kita bisa memanfaatkan dana zakat untuk dijadikan modal usaha produktif. Bahkan dengan kerjasama yang sistematis sebuah daerah bisa menghadirkan lapangan kerja dan usaha kreatif.

Pada akhirnya, untuk menumbuhkan kesetiakawanan sosial sesama bangsa diperlukan rasa saling memiliki dan saling menyadari bahwa kita semua adalah satu bangsa sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika.

Maka dari itu, marilah kita kuatkan hati, kita kuatkan rasa, dan kita mantapkan tindakan supaya tergapai hidup yang tentram dengan perilaku kesetiakawanan.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

***

Itulah tadi contoh pidato bertema kesetiakawanan sosial sesama bangsa yang singkat dan bisa menjadi referensi bagi anak-anak.

Semoga bermanfaat
Salam.

Lanjut Baca: Contoh Pidato Jangan Buang Sampah Sembarangan Singkat

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Kesetiakawanan Sosial Sesama Bangsa"

Promo Cashback & Voucher Shopee