Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Pidato Tentang Sedekah Singkat, Lengkap dengan Dalilnya

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah bersedekah hari ini?

Sejatinya sedekah adalah suatu pemberian kepada fakir miskin atau orang-orang yang kurang mampu di sekitar kita sesuai dengan kemampuan diri.

Sedekah sedikit berbeda dengan zakat karena sifatnya lebih mengarah kepada pemberian sukarela, sedangkan zakat memiliki kadar, ketentuan, serta waktu pembayaran tertentu.

Bila Sobat tilik Qur'an dan hadis, maka kita bakal menemukan banyak sekali keutamaan sedekah. Tidak hanya sebagai penghapus dosa, amalan ini juga bakal melipatgandakan pahala, menjadi naungan di hari kiamat, hingga menjadi tameng alias pelindung diri dari panasnya api neraka.

Nah berikut disajikan contoh pidato tentang sedekah yang singkat, lengkap dengan dalilnya dari Al-Qur'an dan hadis.

Mari kita simak ya:

Pidato Tentang Sedekah Beserta Dalilnya

Contoh Pidato Tentang Sedekah Singkat, Lengkap dengan Dalilnya
Contoh Pidato Tentang Sedekah Singkat, Lengkap dengan Dalilnya. Dok. GuruPenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Alhamdulillahi wa syukurillahi, wala hauwala wa la quwwata illabillah Asyhaduala ilaaha illallah wa asyhaduanna muhammadarrasulullah. Allahumma sholli ‘ala syaidinia muhammad wa ‘ala alihi syaidina muhammad.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,
Bapak dan Ibu yang saya hormati,
dan para alim ulama yang saya cintai,
serta anak-anakku yang saya sayangi,

Pada pagi hari yang cerah ini, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadiran Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan karunia kepada kita semua.

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada  yang mulia baginda Nabi Muhammad SAW karena telah memberikan petunjuk dan keselamatan sehingga kita dapat berkumpul pada kesempatan yang berbahagia ini,

Hadirin yang dirahmati Allah,

Sudahkah kita melakukan sedekah Subuh hari ini?

Apakah hadirin sekalian sudah menyisihkan rezeki untuk orang yang lebih membutuhkan? Atau sedekah yang paling mudah dan bernilai ibadah juga, nih! sudahkan kalian tersenyum hari ini? 

Jika sudah ya alhamdulillah, kenapa saya tanya demikian? Karena pada pagi hari ini saya akan menyampaikan pidato dengan topik seputar sedekah.

Sedekah itu tidak ada batas waktu dan jumlah tertentu, sedekah bisa dilakukan kapan saja, dan di mana saja tanpa adanya waktu tertentu yang diberikan secara sukarela dan ikhlas.

Menurut peraturan BAZNAS No. 2 tahun 2016, sedekah adalah harta atau non harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum.

Sejak kecil kita perlu diajarkan sikap berbagi kepada sesama, terutama kepada mereka yang sedang berkekurangan.

Konsep sedekah juga telah dicontohkan oleh Baginda Rasul Nabi Muhammad SAW. Hal ini menunjukkan bahwa Islam sangat memperhatikan kesejahteraan umatnya.

Islam mengajarkan umatnya untuk peduli kepada orang miskin, Islam juga sangat menganjurkan untuk saling membantu, gotong royong satu dengan yang lain dalam menghadapi cobaan hidup, misalnya dalam kondisi kehilangan atau kemiskinan.

Boleh Baca: Contoh Pidato Jujur Kunci Kesuksesan

Hadirin yang saya hormati, 

Berdasarkan Lembaga Riset Institute for Demographic and Poverty Studies (IDEAS) memprediksikan tingkat kemiskinan Indonesia pada 2022 berpotensi melonjak menjadi 10,81 persen atau setara 29,3 juta penduduk.

Namun, di sisi lain Badan Pusat Statistik (BPS) justru mencatat jumlah penduduk miskin pada bulan Maret 2022 sebanyak 26,16 juta orang mengalami penurunan menjadi 0,34 juta orang dari data September 2021 yang sebanyak 26,50 juta orang.

Dari data tadi dapat disimpulkan bahwa tak dapat terbantahkan jika angka kemiskinan hingga saat memang masih tergolong besar.

Oleh sebab itu, upaya pengentasan kemiskinan sangat diperlukan melalui penciptaan lapangan pekerjaan yang luas dan banyak untuk warga.

Upaya serupa yang juga perlu dilakukan ialah seerti memberikan bantuan/subsidi kepada warga kurang mampu terhadap kebutuhan pokoknya, serta meningkatkan berbagai fasilitas warga masyarakat, seperti jalan, listrik, dan lainnya.

Kemiskinan disebabkan banyak sekali faktor di antaranya adalah laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, pendidikan yang rendah, terjadinya bencana alam atau penyakit, distribusi pendapatan yang tidak merata, konflik dalam suatu negara/wilayah, keterbatasan infrastruktur, dan poin terakhir adalah menipisnya sifat sosial di antara kaum muslimin.

Menyikapi poin terakhir tadi, harapannya semoga semakin menggugah rasa kemanusiaan atau empati kita untuk saling memberi dan mengasihi lewat sedekah sehingga dalam perbaikan bidang ekonomi, sedekah diharapkan dapat berperan sebagai sumber dana yang potensial untuk mengentaskan kemiskinan.

Hadirin sekalian yang berbahagia,

Kita juga perlu tahu betapa menakjubkan amalan ini. Sedekah merupakan ibadah yang istimewa, ia dapat memudahkan kita dalam menghapus dosa-dosa. Rasulullah SAW pernah bersabda;

وَالصَّدَقَةُ تُطْفِئُ الْخَطِيئَةَ كَمَا يُطْفِئُ الْمَاءُ النَّارَ

Bacaan Latin:

Was-shodaqotu tuthfi-ul khotii-ata kamaa yuthfi-ul maa-unnaaro.

Artinya:

“Dan sedekah itu dapat menghapus dosa sebagaimana air itu memadamkan api." (Hadis Riwayat Imam At-Tirmidzi).

Dengan sedekah umat Islam senantiasa diberikan berbagai keistimewaan berupa kesempatan untuk bertaubat dan menghapus dosa-dosanya dengan cara yang diridhoi Allah SWT. 

Tak cukup sampai itu saja dahsyatnya amalan sedekah. Sedekah tidak akan mengurangi harta baik yang disalurkan di jalan Allah SWT karena meskipun secara fisik harta terlihat berkurang, namun kekurangan tersebut akan diganti dengan pahala di sisi Allah SWT.

Bahkan, rezeki akan terus bertambah kelipatannya menjadi lebih banyak dari arah yang tidak diduga. Rezeki bukan hanya berupa materi, tapi kehidupan, kesehatan, nyawa, keluarga, teman-teman yang baik. Itulah hakikat harta yang tidak sia-sia. 

Hal ini merupakan janji Allah yang berbunyi;

وَمَاۤ اَنۡفَقۡتُمۡ مِّنۡ شَىۡءٍ فَهُوَ يُخۡلِفُهٗ ۚ وَهُوَ خَيۡرُ الرّٰزِقِيۡنَ.

Bacaan Latin:

Wamaaaaa anfaqtum-min syai-in fahuwa yukhlifuh, wahuwa khoirur-rooziqiin.

Artinya:

“Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia-lah pemberi rezeki sebaik-baiknya.” (QS. Saba’ Ayat 39).

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan. Saya memohon maaf yang sebesar-besarnya bila ada salah kata dan tindakan. Semoga pidato yang saya sampaikan bermanfaat bagi kita semua. Mari bersedekah untuk hidup lebih berkah! Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Wabillahitaufik wal hidayah warridho wal inayah,
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Boleh Baca: Contoh Pidato Tentang Sabar Lengkap dengan Dalilnya

***

Itulah tadi cntoh pidato singkat bertema sedekah yang dilengkapi dengan dalil Qur'an dan hadis baik dalam lafadz Arab maupun bacaan latinnya.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Pidato Tentang Sedekah Singkat, Lengkap dengan Dalilnya"

Promo Cashback & Voucher Shopee