Widget HTML #1

Teks Pidato Singkat Tentang Puasa Arafah dan Keutamaannya, Lengkap dengan Dalil dan Pantun

Hai Sobat GuruPenyemangat. Selamat menyambut bulan Dzulhijjah ya!

Alhamdulillah wa syukurillah. Tiada terasa bulan demi bulan begitu cepat berganti, dan sekarang tahun hijriah pun akan segera bertambah dari 1443 Hijriah menjadi 1444 Hijriah.

Ya, karena Dzulhijjah adalah bulan keduabelas sekaligus bulan terakhir dalam Kalender Hijriah.

Walaupun bulan terakhir, namun bulan Dzulhijjah adalah salah satu bulan Haram alias bulan yang mulia karena di dalamnya terdapat banyak kemuliaan dan keutamaan.

Nah, salah satu keutamaannya ialah dengan melaksanakan puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah.

Lalu, apa saja keutamaannya?

Teks Pidato Singkat Tentang Puasa Arafah dan Keutamaannya
Teks Pidato Singkat Tentang Puasa Arafah dan Keutamaannya. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut ada contoh teks pidato singkat tentang puasa Arafah beserta keutamaannya yang lengkap dengan dalil dan pantun.

Mari disimak detailnya ya:

Contoh Pidato Tentang Keutamaan Puasa Arafah Beserta Dalilnya

Bismillah
Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Wah, hari ini masih cukup pagi tapi agaknya banyak yang lesu. Saya kasih pantun ya:

Beli gudeng jauh-jauh ke Yogya
Masuk angin oles balsem otot geliga
Hayo siapa yang mau jawab salam dari saya
Saya doakan nanti biar masuk surga

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Alhamdulillah wa syukurillah ‘ala nikmatillah fi syahril dzulhijjah. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammad, wa ‘ala alihi wasohbihi rasulillahi ajma’in.

Hadirin yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Pada kesempatan yang mulia ini, marilah kita ucapkan kalimat tahmid “Alhamdulillah” secara tulus nan rela sebagai bukti syukur kepada Allah SWT, yang senantiasa memberikan kita nikmat iman, nikmat sehat, hingga nikmat sempat sehingga kita bisa menyambut bulan Dzulhijjah dengan sukacita.

Sholawat berhiaskan salam tiada lupa dan tiada bosan kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya berucap “Allahumma sholli ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad”, kita akan dipermudah untuk mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti. Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Bagaimana rasanya menyambut bulan keduabelas dalam Kalender Hijriah? Alhamdulillah senang ya. Ternyata kita sudah berada di bulan terakhir dalam Kalender Islam 1443 Hijriah sehingga bulan depan kita sudah memasuki tahun 1444 Hijriah. Duh, mau kiamat dong?

Hadirin yang berbahagia. Seringkali kita baru sadar bahwa hari demi hari terus berganti, bulan demi bulan terus bertambah, dan tahun demi tahun terus berlalu ketika kita sudah berada di penghujung.

Ketika sudah berada di penghujung, barulah timbul butir-butir penyesalan atas perbuatan, kekhilafan, hingga kemaksiatan yang kita lakukan di hari-hari kemarin.

Meski demikian, kita semua tidak boleh berpatah arang, tidak boleh terlalu kecewa, dan tidak pula boleh berputus asa terhadap rahmat Allah. Karena “Innallaha yaghfiruz dzunuuba jamii-a.”, karena Allah memaafkan semua hamba-hamba-Nya, hamba yang ingin mendekatkan diri kepada-Nya.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Memasuki awal bulan Dzulhijjah tahun ini, rasanya menjadi momentum yang amat baik bagi kita semua untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Sungguh, 10 hari pertama bulan Dzulhijjah adalah hari-hari yang mulia, dan pada tanggal 10 Dzulhijjah nanti kita bakal melaksanakan ibadah Sholat Idul Adha yang dilanjutkan dengan Qurban. Dan beberapa waktu yang lalu, ada banyak pula saudara seiman yang sudah bergegas berangkat ke Tanah Suci menunaikan haji.

Lalu, bagaimana dengan kita yang belum ini, duhai hadirin?

Hadirin yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Bila kita belum mampu berkurban, mudah-mudahan Allah lapangkan rezeki kita di tahun depan. Bila kita belum mampu menunaikan rukun Islam kelima, semoga Allah luaskan rezeki dan umur kita agar bisa mendaftar haji.

Namun pada tanggal 9 Dzulhijjah nanti, kita yang belum berkesempatan untuk berkurban dan berhaji bisa mendapatkan pahala dari jalur puasa. Ya, salah satu puasa sunnah yang utama pada bulan Dzulhijjah ini adalah puasa Arafah.

Hadirin yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Dalam hadis, Rasulullah SAW menuangkan ajakan untuk berpuasa di Hari Arafah sekaligus keutamaannya:

مَنْ صَامَ يَوْمَ عَرَفَةَ غُفِرَ لَهُ سَنَةٌ أَمَامَهُ وَسَنَةٌ بَعْدَهُ

Bacaan Latin:

Man shooma yauma ‘arofata ghufiro lahu sanatun amaamahu wa sanatun ba’dahu.

Artinya:

"Barangsiapa mengerjakan puasa 'Arafah, maka akan diampuni dosanya setahun yang akan datang dan setahun yang telah lalu. " Hadits Riwayat Imam Ibnu Majah Nomor 1721 dalam Kitab Puasa.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Kalam Nabi tadi menerangkan kepada kita tentang keutamaan puasa Arafah, yaitu menghapus dosa setahun yang akan datang dan setahun yang telah lalu.

Wah, mungkin banyak dari kita yang agak bingung kan, mengapa kok dosa yang belum kita perbuat di masa depan tetap bakal di-delete oleh Allah? Atau, seperti apa jenis-jenis dosa yang bisa dihapus?

Nah, diterangkan oleh Al-Imam An-Nawawi bahwa jika dosa yang dihapus bukanlah dosa kecil, maka mudah-mudahan dosa besar yang diringankan oleh Allah SWT.

Karena hadis di atas berlaku umum, maka bisa jadi dosa kecil dan dosa besar yang turut dimaafkan oleh Allah SWT. Tapi ya, apa pun itu, semuanya kembali kepada niat dan kesungguhan kita dalam mengerjakan ibadah seraya mengharap ridho Allah SWT kan?

Hadirin yang berbahagia;

Kira-kira adakah keutamaan lain dari melaksanakan puasa sunnah Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah?

Pada dasarnya, berpuasa itu memiliki banyak keutamaan. Puasa sendiri adalah ibadah yang spesial ditujukan kepada Allah dan untuk Allah.

Di sisi yang sama, puasa melatih kita untuk menahan hawa nafsu, melatih hidup sederhana, serta semakin mencintai Nabi Muhammad SAW dengan melaksanakan sunnah beliau.

Maka dari itulah, mari kita mantapkan ibadah puasa Arafah ini baik dari segi benarnya rukun, matangnya sunnah, serta meraih keberkahan yang ada di bulan Dzulhijjah.

Imam Asy-Syafi’i menerangkan bahwa ada 3 sunnah yang utama dalam berpuasa yaitu bersegera dalam berbuka, mengakhirkan sahur, dan menjauhi perkataan buruk.

Selain itu, pada tanggal 8 Dzulhijjah pula ada puasa Sunnah Tarwiyah yang juga bisa kita kerjakan. Meski demikian, tetap jangan lupakan yang wajib ya hadirin.

Akan sia-sia nantinya kita berpuasa Tarwiyah dan Arafah, tapi malah tidak sholat wajib. Karena sebanyak apapun ibadah sunnah dikerjakan, itu tetap saja tidak bisa menggantikan yang wajib. Apalagi kalau kita sengaja meninggalkan yang wajib tanpa ada halangan yang diterangkan oleh syariat. Naudzubillahi min dzalik.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Pada hari dan bulan yang mulia ini, marilah kita kencangkan ikat pinggang untuk senantiasa bersemangat mengejar ridho Allah. Selain berpuasa, di bulan Dzulhijjah kita juga bisa sering-sering berzikir, memuji Allah, bershalawat kepada Nabi, hingga bersedekah.

Semua amalan-amalan itu mudah-mudahan bisa menolong kita, mudah-mudahan bisa memberatkan timbangan amal kebaikan kita di akhirat nanti hingganya fadkhulu jannati, dimasukkan ke surganya Allah SWT. Aamiin Ya Robbal ‘Alamiin.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang mulia ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah.

Saya akhiri;

Di kebun binatang ada anak gajah
Anak gajah itu kehilangan induknya
Selamat datang di bulan Dzulhijjah
Mari kita maksimalkan keutamaannya

Wabillahi taufik wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Boleh Baca: Teks Pidato Tentang Keutamaan Bulan Dzulhijjah

Download Pidato Tentang Puasa Arafah PDF

GuruPenyemangat.com telah menyediakan link unduhan dokumen pidato singkat tentang puasa Arafah beserta keutamaannya yang dilengkapi dengan dalil dan pantun.

Contoh pidato di atas bisa Sobat jadikan referensi untuk keperluan sambutan, ceramah agama, tausiyah, atau bahan bacaan di waktu senggang.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa detik untuk mendapatkan dokumen PDF-nya:

Pidato Tentang Puasa Arafah 340kb

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Inilah Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban, Lengkap dengan Gambarnya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Teks Pidato Singkat Tentang Puasa Arafah dan Keutamaannya, Lengkap dengan Dalil dan Pantun"