Widget HTML #1

Download Modul Ajar PAI Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka, Lengkap 10 Bab

Modul Ajar PAI Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka
Modul Ajar PAI Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka. Dok. GuruPenyemangat.com

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudah punya modul ajar PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka yang lengkap sebanyak 10 bab?

Menghadapi tahun ajaran baru, kita bakal menyambut Kurikulum Merdeka sebagai lanjutan program Merdeka Belajar.

Pada Kurikulum Merdeka, materi ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas 8 SMP cukup berbeda dan disusun lebih minimalis, yaitu sebanyak 10 bab.

Meski begitu, ada modul ajar sebagai pegangan guru dan siswa yang bisa dijadikan referensi maupun sarana belajar secara tatap muka dan daring.

Berikut disajikan link download modul ajar PAI kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka terbaru yang lengkap sebanyak 10 bab beserta rincian materinya.

Mari disimak ya:

Materi Modul Ajar PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka

Ada total 10 bab yang bakal dipelajari oleh siswa-siswi SMP/MTs kelas 8 jika merujuk pada Kurikulum Merdeka terbaru. Berikut rincian materi beserta tujuan dan capaian pembelajarannya:

Bab 1: Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui metode tutor sebaya, siswa dapat membaca Q.S. arRum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan ra dan lam jalālah, dengan benar

serta terbiasa membaca al-Qur’an dengan disiplin.

2. Melalui teknik pembelajaran the power of two, siswa dapat menghafal Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan lancar serta terbiasa menghafalkan al-Quran dengan penuh semangat.

3. Melalui model pembelajaran discovery learning siswa dapat

menjelaskan kandungan Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan azZukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan benar serta dapat mensyukuri alam semesta ciptaan Allah Swt.

4. Melalui model pembelajaran berbasis proyek, siswa dapat merumuskan program pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar dengan benar serta bersikap ramah terhadap alam dan lingkungan sekitar.

5. Melalui model pembelajaran berbasis produk, siswa dapat membuat video dokumentasi program pelestarian alam dan perawatan lingkungan sekitar dengan baik serta berperilaku menjaga dan merawat alam dan lingkungan sekitar dan menulis Q.S ar-Rum/30:41, Ibrahim/14:32, dan az-Zukhruf/43:13 dan hadis tentang pelestarian alam dengan benar.

Bab 2: Meyakini Kitab-Kitab Allah: Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur’an yang Toleran

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui model pembelajaran discovery learning, kalian mampu menjelaskan makna iman kepada kitab-kitab Allah dengan benar serta memiliki rasa ingin tahu terhadap sejarah kitab-kitab Allah dan terbiasa membaca al-Qur’ansetiap hari.

2. Melalui teknik Jigsaw kalian dapat menjelaskan cara mencintai alQr’an dan cara membangun hubungan dengan orang yang beriman kepada kitab terdahulu dengan benar serta memiliki perilaku terpuji dan bersikap toleran terhadap perbedaan dan memiliki adab terhadap al-Qr’an

3. Melalui model pembelajaran berbasis produk, kalian dapat membuat infografs time line diturunkannya kitab-kitab Allah kepada para nabi dan rasul dengan benar serta tumbuh sikap mencintai al-Qur’andan memiliki sikap menghargai kitab suci agama lain.

Bab 3: Menjadi Pribadi Berintegritas dengan Sifat Amanah dan Jujur

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui metode market place activity, kalian dapat menjelaskan pengertian sikap amanah dan jujur, cara berperilaku amanah dan jujur, serta menunjukkan contoh perilaku amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan baik, serta meyakini bahwa Allah Maha Mengetahui sehingga memiliki sikap jujur dan bertanggung jawab.

2. Melalui model pembelajaran inkuiri, kalian dapat menemukan hikmah sikap amanah dan jujur dalam kehidupan sehari-hari dengan benar, serta meyakini bahwa manusia akan mempertanggungjawabkan amanah yang dipegangnya di hadapan Allah Swt. Sehingga termotivasi untuk berperilaku amanah dan jujur.

3. Melalui pembelajaran berbasis produk, kalian dapat membuat poster mengenai pentingnya menjaga amanah dan kejujuran dengan baik, serta meyakini bahwa manusia yang menjaga amanah dan kejujuran akan mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat sehingga memiliki sikap disiplin dan bertanggungjawab dalam menjaga amanah.

Bab 4: Ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah Swt serta Peduli terhadap Sesama Melalui Salat Gerhana, Istska, dan Jenazah

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui metode karya kunjung, kalian dapat menjelaskan pengertian salat gerhana dan istiska beserta ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar, menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

2. Melalui metode kunjung karya, kalian dapat menjelaskan pengertian salat jenazah beserta ketentuan dan tata cara pelaksanaannya dengan benar, menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

3. Melalui model pembelajaran inkuiri, kalian dapat menemukan sikap penuh harap kepada Allah Swt dan kepedulian sosial dalam salat gerhana, istiska, dan jenazah dengan baik, memiliki sikap penuh harap kepada Allah Swt serta peduli terhadap sesama.

4. Melalui metode demonstrasi, kalian dapat mempraktikkan salat gerhana, istiska, dan jenazah sesuai dengan ketentuan dengan benar, menjalankan ketentuan agama sesuai syariat, serta memiliki sikap disiplin.

Bab 5: Meneladani Produktvitas dalam Berkarya dan Semangat Literasi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M)

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui model discovery learning kalian dapat menjelaskan sejarah keemasan Islam pada era Daulah Bani Abbasiyah serta meyakini bahwa mencari ilmu merupakan ajaran agama Islam dan memiliki semangat untuk menjalankannya.

2. Melalui metode information search, kalian dapat menjelaskan perkembangan seni dan Bayt al-Ḥikmah di era Daulah Bani Abbasiyah serta memiliki kecintaan terhadap seni dan pengetahuan Islam dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk mendalaminya.

3. Melalui pembelajaran berbasis produk, kalian dapat membuat infografs Bayt al-Ḥikmah sebagai bentuk Keharmonisan intelektual antar-agama.

Bab 6: Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui metode tutor sebaya, kalian dapat membaca Q.S. alBaqarah/2:143 sesuai kaidah tajwid, khususnya hukum bacaan nun sukun / tanwin dan mim sukun, dengan benar serta terbiasa membaca al-Qur’andengan disiplin.

2. Melalui teknik pembelajaran the power of two, kalian dapat menghafal Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan lancar serta terbiasa menghafalkan al-Qran dengan penuh semangat.

3. Melalui model pembelajaran discovery learning kalian dapat menjelaskan kandungan Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dalam beragama dengan benar serta meyakini

kebenaran Islam sebagai agama yang mengajarkan sikap moderat.

4. Melalui model pembelajaran berbasis masalah, kalian dapat menyelesaikan persoalan hubungan intern dan antar umat beragama dalam kehidupan sehari-hari dengan baik serta dapat menjalankan agama secara moderat dalam kehidupan sehari-hari.

5. Melalui model pembelajaran berbasis produk, kalian dapat menulis Q.S. al-Baqarah/2:143 dan hadis tentang sikap moderat dengan benar dan menyusun pantun yang berisi tentang pentingnya sikap moderat dalam beragama dengan baik serta tertanam sikap saling menghargai perbedaan antar dan intern umat beragama.

Bab 7: Meyakini Nabi dan Rasul Allah: Menjadi Generasi Digital yang Berkarakter

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui metode think phare and share kalian dapat menjelaskan makna iman kepada Nabi dan Rasul Allah dengan benar serta meyakini bahwa Allah Swt. mengutus para nabi dan rasul untuk

menyampaikan wahyu kepada umat manusia.

2. Melalui model pembelajaran berbasis masalah kalian dapat memberikan contoh penerapan keteladanan terhadap nabi dan rasul dalam kehidupan generasi digital dengan benar serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab, jujur, dan dapat dipercaya.

3. Melalui pembelajaran berbasis produk kalian dapat menyusun paparan tentang penerapan sifat-sifat Rasul dalam kehidupan generasi digital serta terbiasa meneladani sifat-sifat nabi dan rasul dalam kehidupan sehari-hari.

Bab 8: Menjadi Generasi Toleran Membangun Harmoni Intern dan Antar Umat Beragama

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui teknik Student Teams Achievement Division (STAD), kalian diharapkan mampu menjelaskan teori dan praktik toleransi menurut Islam, serta menerima hakikat perbedaan sebagai sunatullah.

2. Melalui model pembelajaran berbasis masalah, kalian diharapkan mampu mengevaluasi praktik keberagamaan umat Islam di lingkungan masyarakat yang majemuk, serta memiliki keberagamaan yang toleran.

3. Melalui pembelajaran berbasis produk, kalian diharapkan mampu membuat quote yang berisi pentingnya toleransi dalam ajaran Islam, serta memiliki sikap toleran intern maupun antar umat beragama.

Bab 9: Menjadi Pribadi yang Dapat Dipercaya serta Terhindar dari Riba dalam Jual Beli dan Hutang Piutang

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui metode Numbered Head Together, kalian diharapkan mampu menjelaskan pengertian dan konsep jual beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah, serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari.

2. Melalui pembelajaran berbasis masalah, kalian diharapkan mampu menyelesaikan masalah-masalah jual beli, hutang piutang, dan riba di era modern sesuai dengan ketentuan fikih muamalah, serta terbiasa bersikap jujur, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya dalam bermuamalah.

3. Melalui metode role playing, kalian diharapkan mampu menyajikan praktik jual beli dan hutang piutang yang sesuai dengan ketentuan fikih muamalah, serta terbiasa bertanggung jawab dalam menjalankan amanah.

4. Melalui pembelajaran berbasis produk, kalian diharapkan mampu menyajikan paparan tentang jual beli, hutang piutang, dan riba menurut ketentuan fikih muamalah, serta menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya.

Bab 10: Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban

Tujuan dan Capaian Pembelajaran:

1. Melalui model pembelajaran discovery learning, kalian diharapkan mampu menjelaskan peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi dan kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan benar, serta termotivasi untuk menjalankan ajaran agama dalam mencari ilmu.

2. Melalui model pembelajaran saintifk, kalian diharapkan dapat menjelaskan ekspresi keindahan dan seni pada masa Bani Abbasiyah dengan benar, serta mampu menghargai hasil karya seni.

3. Melalui model pembelajaran berbasis produk, kalian diharapkan dapat membuat Infografs mengenai peran ilmuwan muslim pada masa Bani Abbasiyah dalam menginspirasi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi serta kontribusinya untuk kemanusiaan dan peradaban dengan baik, serta memiliki rasa ingin tahu dan bersemangat menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Download Modul Ajar PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka untuk Siswa PDF

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan link unduhan modul ajar PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka untuk pegangan siswa lengkap 10 bab:

Bab 1: Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan (Siswa)

Bab 2: Meyakini Kitab-Kitab Allah: Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur’an yang Toleran (Siswa)

Bab 3: Menjadi Pribadi Berintegritas dengan Sifat Amanah dan Jujur (Siswa)

Bab 4: Ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah Swt serta Peduli terhadap Sesama Melalui Salat Gerhana, Istska, dan Jenazah (Siswa)

Bab 5: Meneladani Produktvitas dalam Berkarya dan Semangat Literasi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M) (Siswa)

Bab 6: Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat (Siswa)

Bab 7: Meyakini Nabi dan Rasul Allah: Menjadi Generasi Digital yang Berkarakter (Siswa)

Bab 8: Menjadi Generasi Toleran Membangun Harmoni Intern dan Antar Umat Beragama (Siswa)

Bab 9: Menjadi Pribadi yang Dapat Dipercaya serta Terhindar dari Riba dalam Jual Beli dan Hutang Piutang (Siswa)

Bab 10: Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban (Siswa)

Boleh Baca: Download Modul Ajar PAI SMP Kelas 7 Kurikulum Merdeka, Lengkap 10 Bab

Download Modul Ajar PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka untuk Guru

Berikut GuruPenyemangat.com sajikan link unduhan modul ajar PAI SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka untuk Guru, lengkap 10 bab:

Bab 1: Inspirasi Al-Qur’an: Melestarikan Alam, Menjaga Kehidupan (Guru)

Bab 2: Meyakini Kitab-Kitab Allah: Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur’an yang Toleran (Guru)

Bab 3: Menjadi Pribadi Berintegritas dengan Sifat Amanah dan Jujur (Guru)

Bab 4: Ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah Swt serta Peduli terhadap Sesama Melalui Salat Gerhana, Istiska, dan Jenazah (Guru)

Bab 5: Meneladani Produktvitas dalam Berkarya dan Semangat Literasi Masa Keemasan Islam Era Daulah Abbasiyah (750-1258 M) (Guru)

Bab 6: Inspirasi Al-Qur’an: Indahnya Beragama Secara Moderat (Guru)

Bab 7: Meyakini Nabi dan Rasul Allah: Menjadi Generasi Digital yang Berkarakter (Guru)

Bab 8: Menjadi Generasi Toleran Membangun Harmoni Intern dan Antar Umat Beragama (Guru)

Bab 9: Menjadi Pribadi yang Dapat Dipercaya serta Terhindar dari Riba dalam Jual Beli dan Hutang Piutang (Guru)

Bab 10: Meneladani Inspirasi dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Pada Masa Bani Abbasiyah untuk Kemanusiaan dan Peradaban (Guru)

***

Boleh Baca: Contoh RPP PAI SMP Kelas 7 Bab 1 Kurikulum Merdeka Terbaru

Demikianlah segenap sajian Guru Penyemangat tentang modul ajar PAI jenjang SMP Kelas 8 Kurikulum Merdeka sebagai pegangan siswa dan guru yang bisa diunduh secara gratis.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

4 komentar untuk "Download Modul Ajar PAI Kelas 8 SMP Kurikulum Merdeka, Lengkap 10 Bab"

Comment Author Avatar
Terimakasih semoga bermanfaat dan semoga menjadi amal jariyah panjenengan aamiin
Comment Author Avatar
Aamiin ya rabb. Samasama Pak

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)