Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Karangan Cerita Tentang Kegiatan MPLS, Ada Pengalaman yang Lucu!

Hai Sobat Guru Penyemangat, sudahkah Sobat membuat karangan dan cerita tentang kegiatan MPLS?

Ya, beda sekolah, beda pula kegiatan MPLS yang diikuti. Begitu pula dengan ceritanya. Pada masing-masing acara, sudah pasti ada kisah seru, pengalaman lucu, serta cerita unik yang meninggalkan kesan dan sulit untuk dilupakan.

Karangan Cerita Tentang Kegiatan MPLS
Karangan Cerita Tentang Kegiatan MPLS. Dok. GuruPenyemangat.com

Nah, berikut ada contoh karangan dan cerita seputar kegiatan MPLS yang dilengkapi dengan pengalaman lucu.

Contoh karangan berikut bisa menjadi referensi bagi siswa SD, SMP, MTs, SMA, atau SMK selama mengikuti kegiatan MPLS.

Okeh, mari disimak ya:

Karangan Tentang MPLS Singkat

Tepat pada hari Senin, 10 Juli Tahun 2023, tahun ajaran 2023/2024 pun dimulai. Kami para siswa baru berkumpul di lapangan untuk mengikuti upacara pembukaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

Ketika sambutan pembukaan, kepala sekolah menyampaikan ucapan selamat datang dan berpesan kepada segenap peserta didik baru untuk tetap semangat, jangan malu bertanya, serta menyesuaikan diri dengan sebaik mungkin.

Kegiatan MPLS kali ini mengambil tema: “Menumbuhkan Motivasi Belajar di Tengah Tantangan Teknologi Digital”.

Kami para peserta didik baru berjumlah total sebanyak 150 orang yang kemudian dibagi menjadi 10 gugus. Pada masing-masing gugus ada ketua gugus dan pendamping gugus.

Pada hari pertama, tepat setelah pembukaan kami mengikuti penyampaian materi mengenai tata aturan, visi misi, dan pengenalan kurikulum sekolah.

Sebagai selingan kegiatan, masing-masing gugus diminta untuk membuat yel-yel yang menarik dan seru supaya bisa tampil lebih kompak.

Pada saat sesi materi, para peserta didik baru juga diizinkan untuk bertanya, menyampaikan opini, serta menjawab setiap kuis yang ada. Biasanya penyampaian materi itu terkesan bikin bosan, namun dengan sajian minigame, semuanya menjadi seru dan waktu seakan-akan berjalan sangat cepat.

Beranjak menuju MPLS hari kedua, kegiatannya dimulai dengan senam pagi dan bakti sosial. Setelah beristirahat, para siswa baru secara berkelompok mendapatkan materi mengenai pendidikan karakter, tata krama, serta budaya literasi di era digitalisasi.

Berdasarkan penyampaian materi tersebut, saya mendapatkan wawasan baru tentang pentingnya karakter dan kepribadian. Soalnya karakter menjadi salah satu kunci kesuksesan, bukan sekadar nilai akademik semata.

Berlanjut ke hari berikutnya, kegiatan MPLS dimulai dengan bakti sosial. Sembari berjalan santai mengelilingi sekolah, kami secara berkelompok diajak untuk merapikan taman bunga, serta menanam tanaman apotik hidup.

Setelah beristirahat sebentar, kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan ragam esktrakulikuler yang ada di sekolah.

Ada banyak esktrakulikuler yang bermanfaat dan menarik untuk diikuti. Hal ini sangat cocok bagi kami yang ingin melatih mental, menambah pengalaman, serta wawasan baru.

Sehabis penampilan dari esktrakulikuler, kegiatan dilanjutkan dengan upacara penutupan MPLS. Tidak lupa, ada pula penghargaan yel-yel terbaik, gugus terkompak, serta siswa yang paling aktif.

Di penghujung kegiatan, kami pun diminta untuk menyampaikan kesan, pesan, dan harapan selama kegiatan MPLS.

Ketika menyampaikan kesan dan kesan, ada kisah lucu dari seorang teman siswa baru. Saat itu ia menyampaikan kesan tentang kakak OSIS yang suka marah-marah dan terkadang tidak peka. Karena ia langsung menyebut nama si kakak OSIS, akhirnya para dewan guru dan seluruh panitia ikut tertawa.

Boleh Baca: Contoh Resume MPLS yang Singkat dan Lengkap

Cerita Pengalaman Mengikuti Kegiatan MPLS

Setelah berangkat dengan perasaan deg-degan akhirnya saya tiba juga di sekolah baru. Hari ini adalah hari pertama kami mengikuti kegiatan MPLS. Dalam tiga hari ke depan, ada banyak rangkaian acara yang bakal kami ikuti.

Pada hari pertama, saya pun mengikuti kegiatan upacara pembukaan MPLS tahun ajaran 2023/2024. Kepala sekolah dalam sambutannya secara khusus mengucapkan selamat datang dan berharap supaya kami bisa cepat menyesuaikan diri di lingkungan sekolah yang baru.

Sekolah baru, maka tantangannya juga baru. Untuk menghadapi berbagai tantangan tersebut, kami bakal diberi bekal melalui kegiatan MPLS.

MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah, budaya sekolah, sistem belajar di sekolah, serta pemantapan karakter.

Pada tahun ini MPLS di SMP/SMA/SMK……mengambil tema: “Melalui MPLS, Kita Tingkatkan Prestasi Belajar dan Karakter Pelajar Masa Kini”.

Setelah upacara selesai, kegiatan dilanjutkan dengan arahan khusus dari ketua panitia kegiatan MPLS. Alhasil, kami para siswa baru yang berjumlah 200 orang dibagi menjadi 10 gugus.

Di samping itu, masing-masing gugus juga wajib membuat minimal 3 yel-yel yang nantinya akan ditampilkan di setiap sesi materi.

Memasuki sesi materi, pelajaran pertama yang kami dapatkan ialah mengenai Wawasan Wiyata Mandala dan Kurikulum Sekolah.

Selama mengikuti penyampaian materi oleh Bapak……kami diberikan tips dan trik agar bisa belajar efektif di sekolah ini hingga bisa meraih prestasi akademik yang maksimal.

Pada hari selanjutnya, materi MPLS ialah tentang tata krama, budaya literasi, dan pendidikan karakter. Kali ini kami fokus belajar tentang nilai-nilai Pancasila dan akhlak mulia supaya perilaku makin mantap, berkrepribadian yang luhur, dan juga menjadi pelajar yang berkarakter.

Selanjutnya ialah hari terakhir MPLS. Di hari terakhir saya bersama teman-teman banyak bermain game seru untuk melatih kekompakan. Selain itu ada pula pengenalan esktrakulikuler yang tersaji layaknya pentas seni.

Setelah kegiatan penampilan ekstrakulikuler selesai, diadakan upacara penutupan. Sebanyak 3 orang perwakilan dari peserta didik baru diminta menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan MPLS.

Selain itu juga ada pula penghargaan untuk gugus dengan yel-yel terbaik, gugus terkompak, dan gugus yang paling tidak kompak.

Di sini kami mendapat pengalaman lucu dan menghibur. Ya, pada saat gugus yang paling tidak kompak maju ke depan, mereka pun diberi hukuman untuk menyanyikan lagu balonku ada lima di mana huruf akhirnya diganti dengan O.

Karena penampilan mereka kurang kompak dan irama lagunya yang lucu, kami semua pun tertawa bahagia. Kisah MPLS di sekolah ini adalah pengalaman yang berkesan dan tidak akan terlupakan.

***

Demikianlah tadi sajian GuruPenyemangat.com tentang contoh karangan dan cerita singkat mengenai MPLS yang dilengkapi dengan pengalaman lucu dan berkesan.

Semoga bermanfaat ya
Salam.

Lanjut Baca: Kumpulan Pertanyaan Untuk MPLS Beserta Jawabannya

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Karangan Cerita Tentang Kegiatan MPLS, Ada Pengalaman yang Lucu!"

Jasa Pembelian dan Pembubuhan e-Meterai untuk Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023
Jasa Pembelian dan Pembubuhan e-Meterai untuk Pendaftaran CPNS dan PPPK 2023.