Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download RPP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/SMK Bab 1, Lengkap dengan Modul Ajar

Hai Sobat Guru SMA/SMK Penyemangat. Sudah menyiapkan administrasi pembelajaran PAI khusus kelas 10 hari ini?

Adalah tantangan yang cukup kompleks bagi para guru tepatnya pada tahun ajaran 2022/2023. Terang saja, pemerintah melalui Kemendikbudristek telah menyuarakan Kurikulum Merdeka.

Ada sedikit perbedaan mendasar antara Kurikulum Lama dengan Kurikulum Baru terutama dari segi penyusunan RPP maupun kompleksitas isi modul ajar.

Meski begitu, bukan berarti kita hanya terpaku pada format RPP maupun hal-hal serupa yang berkaitan dengan administratif.

Nah, sebagai contoh, ini ada RPP Kurikulum Merdeka untuk kelas 10 SMA/SMK Sederajat bab 1 beserta modul ajar tinggal download.

Mari dicermati ya:

RPP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/SMK Bab 1

RPP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA SMK Bab 1
RPP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA SMK Bab 1. Dok. GuruPenyemangat.com

Berikut sekilas ada RPP PAI Kurikulum Merdeka khusus kelas 10 SMA/SMK Sederajat materi bab 1 yang disusun mulai dari tujuan pembelajaran, pertanyaan pemantik, hingga langkah-langkah pembelajaran.

*Tujuan Pembelajaran

10.1.1 Peserta didik dapat membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dengan fasih dan lancar sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf.

10.1.2 Peserta didik dapat menganalisis hukum tajwid Q.S. alMaidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja.

*Pertanyaan Inti

1. Mengapa sikap berkompetisi dalam kebaikan dan etos sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari?

2. Bagaimana cara menerapkan sikap kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dalam kehidupan sehari-hari?

3. Apakah manfaat yang diperoleh dengan menerapkan sikap kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja dalam kehidupan sehari-hari?

*Kompetensi Awal:

Siswa telah memiliki kemampuan awal dalam membaca al-Qur’an dan hadis. Serta memiliki pemahaman tentang ilmu tajwid.

*Profil Pelajar Pancasila:

Profil Pelajar Pancasila yang ingin dicapai adalah beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, mandiri, bernalar kritis dan kreatif.

*Sarana dan Prasarana:

Fasilitas pembelajaran yang diperlukan diantaranya LCD Projector, multimedia pembelajaran interaktif, mushaf al-Qur’an, kitab tajwid, kitab tafsir al-Qur’an, komputer/laptop, printer, alat pengeras suara, jaringan internet. Sarana dan prasarana ini bisa disesuaikan menurut kondisi sekolah masing-masing.

*Persiapan pembelajaran: (5 menit)

1. Guru memeriksa dan memastikan semua sarana dan prasarana yang diperlukan tersedia.

2. Memastikan bahwa ruang kelas sudah bersih, aman dan nyaman

3. Menyiapkan bahan tayang dan multimedia pembelajaran interaktif

*Urutan kegiatan pembelajaran:

Pendahuluan (15 menit)

1. Siswa berdoa secara bersama-sama dan melakukan tadarus Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah/9: 105

2. Guru menyapa setiap siswa dengan kontak mata dan menanyakan kondisi masing-masing dan menyampaikan apersepsi.

3. Guru membagi siswa secara berpasangan untuk melakukan mengidentifikasi tajwid yang ada dalam Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105.

4. Guru menjelaskan bahwa para siswa (sesuai pasangannya) akan saling membantu untuk  mengidentifikasi tajwid yang ada dalam Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. atTaubah /9: 105.

Kegiatan Pembelajaran Inti (105 menit)

5. Guru menampilkan video seorang remaja yang gigih dalam belajar al-Qur’an.

6. Para siswa membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan hadis terkait secara bersama-sama dipimpin oleh guru.

7. Guru meminta salah satu siswa untuk membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan hadis terkait

8. Secara bergiliran dengan metode talaqqi, siswa membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 dan hadis langsung di hadapan guru.

9. Guru memberikan koreksi atau penekanan terhadap bacaan siswa.

10. Secara berpasangan dengan metode make a match siswa mengidentifikasi hukum bacaan tajwid dalam Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105

11. Siswa menerima kartu berisi lafaz al-Qur’an dan hukum tajwid dari guru.

12. Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya, yakni lafaz al-Qur’an dan hukum tajwid.

13. Siswa yang berhasil mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi poin oleh guru.

14. Setelah satu babak selesai, kartu dikocok lagi agar setiap siswa mendapat kartu yang berbeda dengan sebelumnya.

15. Siswa menuliskan hasil identifikasi tajwid Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. atTaubah /9: 105 dibuku masing-masing.

Penutup Pembelajaran (10 menit)

16. Guru meminta salah satu siswa untuk mereview kegiatan pembelajaran hari ini, sebagai bentuk refleksi akhir. Setelah selesai, siswa tersebut kemudian memimpin doa selesai kegiatan.

17. Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama-sama.

*Diferensiasi:

Untuk siswa yang berminat belajar dan mengeksplorasi topik ini lebih jauh, disarankan untuk membaca Q.S. al-Maidah/5: 48; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan bacaan qira’ah sab’ah (qira’ah yang dinisbahkan kepada tujuh imam qiraat yang terkemuka) dan menguraikan hukum tajwid secara lebih rinci.

Guru dapat menggunakan alternatif metode dan media pembelajaran sesuai dengan kondisi masing-masing agar pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (joyfull learning) sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai.

Untuk siswa yang kesulitan belajar topik ini, disarankan untuk belajar membaca al-Qur’an pada pembelajaran di luar kelas sesuai kesepataan antara guru dengan siswa. Siswa juga disarankan untuk belajar membaca al-Qur’an kepada teman sebaya atau belajar kepada ustadz di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

*Refleksi Guru

Pertanyaan kunci yang membantu guru untuk merefleksikan kegiatan pengajaran di kelas, misalnya:

1. Apakah semua siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran?

2. Kesulitan apa yang dialami?

3. Apa langkah yang perlu dilakukan untuk memperbaiki proses belajar?

4. Apakah kegiatan pembelajaran dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis pada diri siswa?

5. Apakah kegiatan pembelajaran ini bisa membangun kesadaran siswa tentang pentingnya akhlak terhadap sesama untuk saling menghargai dan menyayangi?

*RPP Lebih lengkap silakan download pada link di akhir artikel ini. Untuk bab 1 bakal ada 3 pertemuan demi menuntaskan materi terkait etos kerja dan berlomba-lomba dalam kebaikan.

Modul Ajar PAI Kelas 10 SMA/SMK Bab 1 Kurikulum Merdeka untuk Siswa dan Guru

Untuk mendukung pembelajaran dengan basis Kurikulum Merdeka sebagaimana contoh RPP kreatif di atas, telah tersedia modul ajar baik untuk pegangan guru maupun siswa khusus mapel Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK bab 1.

Modul Ajar PAI Kelas 10 SMA/SMK Bab 1 Kurikulum Merdeka
Modul Ajar PAI Kelas 10 SMA/SMK Bab 1 Kurikulum Merdeka.

Adapun untuk modul ajar siswa, termuat infografis, tadabur Islam, kisah inspirasi Islam, wawasan keislaman, aktivitas mandiri dan kelompok, materi ajar lengkap dengan sajian ilustrasi, hingga rubrik penilaian dan unjuk kerja.

Setelah mempelajari Bab 1 ini siswa diharapkan kompeten dalam membaca, menghafal, dan menganalisis ayat dan hadis tentang kompetisi dalam kebaikan dan etos kerja serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sedangkan pada modul ajar pegangan guru telah tersedia susunan alur pembelajaran mulai dari tujuan pembelajaran, materi pokok, metode ajar, pilihan skema pembelajaran, rubrik penilaian atau asesmen, hingga kunci jawaban.

Download RPP dan Modul Ajar PAI SMA/SMK Kelas 10 Bab 1

Bila Sobat tertarik dengan RPP sekaligus modul ajar Kurikulum Merdeka khusus mapel PAI jenjang SMA/SMK sederajat kelas 10 bab 1, GuruPenyemangat.com secara khusus sudah menyiapkan link download dokumennya sebagaimana yang telah diunduh dari laman Merdeka Mengajar.

Contoh RPP sekaligus modul ajar berikut bisa dijadikan referensi dan contoh pengembangan bagi guru, khususnya guru PAI jenjang SMA sederajat.

Silakan klik tombol download untuk mendapatkan dokumennya:

RPP PAI SMA/SMK Kelas 10 Bab 1

Modul Ajar PAI SMA/SMK Kelas 10 Bab 1 (Siswa)

Modul Ajar PAI SMA/SMK Kelas 10 Bab 1 (Guru)

***

Demikianlah segenap sajian GuruPenyemangat.com tentang RPP inovatif yang dilengkapi dengan modul ajar PAI Kelas 10 SMA/SMK sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Download RPP PAI Kurikulum Merdeka Kelas 10 SMA/SMK Bab 1, Lengkap dengan Modul Ajar"

  1. assalamu'alaikum mohon izin donwload ya sangat membantu semoga bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumussalam. Siap silakan Gan. Semoga bermanfaat.

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)