Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tema, Logo, dan Tujuan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Tema, Logo, dan Tujuan Hari Kebangkitan Nasional
Tema, Logo, dan Tujuan Hari Kebangkitan Nasional. Dok. Gurupenyemangat.com

Dear Sobat Guru Penyemangat, pada tanggal 20 Mei setiap tahunnya kita memperingati Hari Kebangkitan Nasional, atau yang disingkat dengan Harkitnas.

Selain berkisah tentang Kebangkitan Nasional, 20 Mei pula merupakan tanggal berdirinya organisasi Budi Utomo.

Organisasi yang dibentuk oleh Dr. Soetomo dkk ini menjadi cikal bakal kebangkitan Indonesia dalam beragam aspek, dimulai dari aspek pendidikan hingga bidang-bidang penting lainnya.

Nah, pada tahun 2022 ini tema, logo, dan tujuan dari 114 tahun Hari Kebangkitan Nasional cukup berbeda. Bagaimana detailnya?

Simak ulasan Guru Penyemangat berikut ya:

Tema Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Tema Peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional tanggal 20 Mei 2022 yaitu: “Ayo Bangkit Bersama”.

Mana kata "Bangkit" dalam tujuan di atas difokuskan kepada pemulihan NKRI setelah 3 tahun terakhir diterjang oleh pandemi.

Tujuan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022

Tujuan peringatan 114 Tahun Kebangkitan Nasional Tahun 2022 adalah untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, untuk mempercepat pulihnya bangsa kita dari pandemi Covid- 19 dalam “Ayo Bangkit Bersama”.

Berdasarkan tujuan di atas, Guru Penyemangat dan Sobat semua bisa memetik makna bahwa fokus utama kebangkitan nasional negara Indonesia di tahun 2022 ini adalah pemulihan dari berbagai aspek.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa kedatangan pandemi Covid-19 sejak 3 tahun lalu cukup membuat pemerintah maupun masyarakat Bumi Pertiwi kewalahan.

Imbasnya, segala aspek mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan, hingga pemerintahan kemajuannya jadi terhambat.

Hambatan tersebut tidak akan selesai jika hanya presiden dan para menteri yang mengurusnya. Alhasil, kebangkitan nasional dengan tema “Ayo Bangkit Bersama” sejatinya mengajak kita semua untuk bergotong-royong memulihkan tanah air tercinta.

Boleh Baca: Contoh Sambutan Harkitnas Tahun 2022 untuk Amanat Pembina Upacara

Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-144 Tahun 2022 Beserta Maknanya

Logo yang digunakan dalam menyambut 114 Tahun Kebangkitan Nasional melambangkan semangat berkobar, kedamaian serta awal yang baru dengan kolaborasi warna merah, putih dan biru sebagaimana tampak pada sajian berikut:

Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-144 Tahun 2022 Beserta Maknanya
Logo Hari Kebangkitan Nasional ke-144 Tahun 2022 Beserta Maknanya. Dok. Kominfo

Arti Logo Harkitnas Tahun 2022:

  • Warna merah menerangkan kekuatan, keberanian dan semangat yang terus berkobar.
  • Warna putih melambangkan kedamaian dan awal yang baru.
  • Warna biru bermakna perlindungan dan kenyamanan.
  • Gambar siluet gunungan merah putih yang mirip roket melambangkan awal dari seangat Kebangkitan Indonesia layaknya roket yang menjulang tinggi.
  • Angka 114 yang terletak di dalam gunungan Merah Putih melambangkan konsistensi negara Indonesia dalam melindungi dan mengayomi rakyatnya dengan kedamaian.
  • Tagline “Indonesia Bangkit” dengan font Bold yang melambangkan tekad bangsa Indonesia untuk bangkit.

Bila kita bandingkan dengan masa sekarang, Indonesia di tahun 2022 memang harus dipacu dan didesak untuk segera bangkit secara nasional.

Pemulihan ekonomi, pendidikan, kesehatan serta bidang lainnya jika terlambat akan mendatangkan mudharat yang besar bagi bangsa ini. Contohnya? Sebut saja seperti ketertinggalan kualitas pendidikan, semakin menumpuknya utang negara, hingga ambruknya stabilitas ekonomi masyarakat.

Arti alias makna logo di atas memiliki kesan dan makna yang mendalam dan sudah cukup mewakili momentum peringatan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022.

Meski begitu, Guru Penyemangat secara pribadi menyayangkan adanya kesalahan pengetikan yang tertuang dalam Pedoman Harkitnas Tahun 2022 yang dirilis oleh Kominfo.

Ya, bila Sobat perhatikan arti logo di atas, pihak Kominfo menulis kata “didalam”, padahal yang benar adalah “di dalam”.

Selain itu, ada juga kesalahan penulisan kata “tekat” yang semestinya ditulis “tekad”.

Agaknya hal tersebut merupakan kesalahan sepele, tapi menurut Guru Penyemangat, penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD merupakan bentuk Kebangkitan Nasional terutama dari sisi bahasa.

Sudah kita ketahui dan sadari bersama bahwa di era Merdeka Belajar ini mulai banyak pihak yang mencampur-adukkan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris namun tak memandang situasi formal maupun tidak. Jadinya? Ya keminggris dan kurang sesuai dengan nilai-nilai semangat persatuan dan kesatuan.

Harapan Guru Penyemangat, ke depannya dokumen pedoman peringatan sebaiknya tidak ditulis dengan buru-buru.

Karena dokumen ini langsung ditandatangani oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, maka secara tidak langsung dokumen pedoman Harkitnas 2022 pula mewakili Kominfo beserta jajarannya.

Boleh Baca: Sejarah Singkat dan Latar Belakang Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang tema, logo, dan tujuan peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun 2022.

Bila ingin mendownload logo Harkitnas tahun 2022, silakan klik tombol download berikut. Dalam tautan unduhan sudah tercantum logo dalam format JPG dan API (Adobe Photoshop Image).

Logo Harkitnas 2022 120MB

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Inilah Tema, Logo, dan Tujuan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2022"

Promo Cashback & Voucher Shopee