Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pancasila yang Mudah Dihafal

Hai, Sobat, apakah Sobat sudah hafal dengan lima sila dalam Pancasila?

Rasanya sudah banyak orang hafal dengan 5 dasar yang menjadi ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia ya. Soalnya setiap upacara hari Senin kita mengucapkannya dengan lantang.

Namun, Pancasila hadir bukanlah untuk sekadar dijadikan hafalan maupun bahan bacaan melainkan harus kita amalkan nilai-nilai kebaikan yang tertuang di dalamnya.

Pancasila berisikan nilai-nilai ketuhanan, toleransi, kemanusiaan yang adil dan beradab, semangat gotong royong, semangat nasionalisme, patriotisme, semangat bermusyawarah, hingga semangat untuk mewujudkan keadilan sosial.

Nah, berikut Gurupenyemangat.com sajikan contoh naskah pidato singkat tentang Pancasila sebagai dasar negara yang mudah dihafal.

Mari disimak ya:

Teks Pidato Tentang Pancasila Sebagai Dasar Negara dan Cara Kita Mengamalkannya

Teks Pidato Singkat Tentang Pancasila
Teks Pidato Singkat Tentang Pancasila. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ‘ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ‘ala alihi wasohbihi ajma’in.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah…..
Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru
Serta teman-teman seperjuangan yang berbahagia;

Puji dan syukur marilah kita panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita begitu banyak nikmat, terutama nikmat sehat, nikmat sempat, serta nikmat persatuan dan kesatuan sehingga kita bisa terus menggaungkan semangat nasionalisme.

Shalawat dan salam marilah kita sampaikan kepada Nabi Teladan Umat, Rasulullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Apakah kita semua yang ada di sini setuju bahwa Pancasila masih menjadi dasar NKRI? Tentunya masih setuju, ya. Tapi, semakin bertambah hari, semakin berganti tahun, maka semakin berat pula ujian dan tantangannya.

Maka darinya, pada kesempatan ini saya akan menyampaikan pidato singkat tentang Pancasila sebagai dasar negara dan bagaimana cara kita dalam mengamalkan nilai-nilainya di zaman sekarang.

Teman-teman yang saya banggakan;

Pancasila terdiri atas 5 dasar, dan kelima dasar tersebut pastilah sudah kita hafal. Setiap upacara bendera hari Senin, kita selalu mengulangi ucapan lantang pembina upacara tentang sila-sila Pancasila, satu demi satu.

Dimulai dari sila pertama, Ketuhanan yang Maha Esa. Sila kedua, Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Sila ketiga, Persatuan Indonesia. Sila keempat, Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan. Dan ditutup dengan sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

Pada setiap sila-sila tersebut, terkandung banyak butir-butir nilai nasionalisme, nilai keteladanan, nilai persatuan dan kesatuan, serta nilai-nilai kebaikan demi kemajuan bangsa ini.

Pertanyaannya, apakah nilai-nilai yang tertuang dalam sila Pancasila sudah kita amalkan pada era sekarang?

Teman-teman yang berbahagia;

Melihat fakta, kondisi, dan fenomena yang terjadi di Tanah Air Indonesia tercinta saat ini, maka pertanyaan yang saya sampaikan tadi rasanya menjadi persoalan yang cukup sulit untuk dijawab.

Bagaimana tidak. Ketika kita mau berbicara tentang Ketuhanan, di dekat kita masih marak terjadi penistaan agama, radikalisme, hingga isu-isu intoleran.

Ketika kita mau berbicara tentang kemanusiaan yang adil dan beradab, sayangnya di dekat kita masih banyak kasus penganiayaan, penyelewengan hak, hingga segenap rakyat yang kurang mendapat perlindungan.

Pun demikian dengan ketiga sila Pancasila berikutnya. Rasa-rasanya bangsa ini begitu sering membicarakan Pancasila, tapi apakah kita telah berbicara dengan Pancasila? Apakah kita telah berperilaku sesuai dengan sila-sila Pancasila?

Mungkin belum, atau mungkin pula sedang dalam proses pengerjaan dan perjuangan.

Teman-teman yang saya sayangi;

Menyikapi era sekarang yang penuh dengan tantangan, maka cara terbaik bagi kita untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila ialah dengan semangat gotong-royong.

Dengan bekerja sama, kita bisa membangun peradaban yang maju serta berbicara lebih banyak di kancah dunia.

Pancasila adalah dasar negara kita, ideologi bangsa ini, identitas negeri ini. Maka cara terbaik untuk memaknai filosofi tersebut ialah dengan mengamalkannya.

Dulu, tepatnya pada 1 Juni tahun 1945, Bung Karno pernah berpidato panjang. Isi pidato tersebut kemudian menjadi cikal bakal lahirnya peringatan Hari Pancasila.

Sekarang? Sungguhlah kita tidak cukup hanya berpidato. Semangat nasionalisme dan cinta tanah air tidak akan berarti apa-apa jika cuma sekadar ucapan maupun tulisan.

Sejatinya, semangat Pancasila-lah yang bisa membuat negara ini semakin maju. Maka dari itu, marilah kita bangga dengan ideologi NKRI, bangga dengan filosofi negeri, bangga dengan identitas diri, serta bangga dalam bergotong-royong mengamalkan nilai-nilai dalam sila-sila Pancasila.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang berbahagia;

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada kesempatan yang berbahagia ini. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah.

Saya akhiri;
Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Boleh Baca: Naskah Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 Lengkap

Download Pidato Tentang Pancasila PDF

Untuk memudahkan Sobat semua, berikut Guru Penyemangat siapkan link unduhan dokumen PDF pidato tentang Pancasila.

Dokumen pidato bertema Pancasila sebagai dasar negara berikut cocok untuk referensi sambutan maupun materi belajar di sekolah.

Silakan klik tombol download lalu tunggu beberapa saat untuk mendapatkan dokumennya:

Pidato Tentang Pancasila PDF 165kb

***

Demikianlah sajian Guru Penyemangat tentang contoh naskah pidato singkat tentang Pancasila yang mudah dihafal.

Semoga bermanfaat
Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Singkat Tentang Pancasila yang Mudah Dihafal"

Promo Cashback & Voucher Shopee