Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

SD Negeri 08 Tebat Karai Sukses Gelar Kegiatan Gema Islam 1443 Hijriah

SD Negeri 08 Tebat Karai Sukses Gelar Kegiatan Gema Islam 1443 Hijriah
Siswa-Siswi SD Negeri 08 Tebat Karai Berfoto Bersama Sesaat Setelah Menerima Piagam Penghargaan Kegiatan Gema Islam. [07/03/2022] Dok. Kartika Malinda

Kepahiang_Menyambut momentum peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah, SD Negeri 08 Tebat Karai yang bertempat di desa Sinar Gunung sukses menggelar kegiatan Gema Islam.

Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 3 hari mulai dari tanggal 03-05 Maret 2022 dan diikuti oleh seluruh dewan guru serta siswa dari kelas I-VI.

Pada kegiatan Gema Islam hari pertama, para siswa diajak untuk menyimak materi Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah melalui media LCD Proyektor.

Salah satu guru senior SD Negeri 08 Tebat Karai, Sudir, S.Pd.SD dalam sambutannya menerangkan bahwa kegiatan bertajuk keislaman seperti Gema Islam adalah ajang yang bagus untuk memotivasi siswa.

“Alhamdulillah, kegiatan Gema Islam dalam rangka menyambut Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah tahun 2022 ini bisa menjadi ajang pembelajaran dan latihan terutama bagi para siswa. Selain bisa mempelajari kembali materi tentang Isra’ Mi’raj, anak-anak juga diharapkan bisa mematangkan persiapan karena nantinya akan ada beberapa cabang lomba. Mulai dari lomba azan, pidato, hapalan surah pendek, hingga lomba cerdas cermat.” Ucap beliau pada Rabu, 03 Maret 2022.

Lebih khusus daripada itu, Kepala Sekolah SD Negeri 08 Tebat Karai, Marjuki, S.Pd.,M.M. yang sempat hadir pula menegaskan bahwa beliau sangat mendukung kegiatan-kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

Penyampaian Materi Pembelajaran Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah
Penyampaian Materi Pembelajaran Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah. Dok. Kartika Malinda

Beliau berharap agar para siswa semakin bersemangat dalam belajar, mengikuti kegiatan, hingga menambah ilmu pengetahuan khususnya di bidang keagamaan. Sebab, pengetahuan terhadap agama merupakan pondasi kehidupan yang perlu dibentuk sejak dini.

Setelah penyampaian materi Isra’ Mi’raj oleh Ozy Vebry Alandika, S.Pd., kegiatan Gema Islam dilanjutkan dengan perlombaan Azan, Pidato Islam, dan Hapalan Surah Pendek.

Perlombaan Azan pada Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah
Perlombaan Azan pada Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah. Dok. Kartika Malinda

Lomba Cerdas Cermat pada Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah
Lomba Cerdas Cermat pada Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah. Dok. Kartika Malinda

Lomba Pidato Islam pada Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah
Lomba Pidato Islam pada Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah. Dok. Kartika Malinda

Di sela-sela perlombaan, ada pula penampilan hadroh dari ekstrakulikuler Tabligh & Seni Baca Al-Quran (TSBQ) SD Negeri 08 Tebat Karai.

Segenap siswa terlihat begitu antusias mengikuti kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat karai. Banyak dari mereka yang ikut melantunkan shalawat atas Nabi bersama tabuhan rebana.

Penampilan Hadroh dari Ekstrakulikuler Tabligh dan Seni Baca Al-Quran SD Negeri 08 Tebat Karai
Penampilan Hadroh dari Ekstrakulikuler Tabligh dan Seni Baca Al-Quran SD Negeri 08 Tebat Karai. Dok. Fareza Nazari

Menjelang siang hari, kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama. Seperti yang telah diberitahukan sebelumnya, dalam 3 hari Gema Islam para siswa diminta untuk membawa bekal makanan dari rumah.

Kegiatan Gema Islam hari kedua dilaksanakan pada hari Jumat, 04 Maret 2022. Pada hari Jumat, agenda yang dilakukan adalah menyelesaikan lomba Azan, Pidato Islam, Hapalan Surah Pendek, dan kemudian dilanjutkan dengan lomba cerdas cermat babak penyisihan.

Belum berhenti sampai di sana, keseruan kegiatan Gema Islam menemui puncaknya pada hari Sabtu, 05 Maret 2022 terutama pada momentum final lomba cerdas cermat kelas 1-2-3 dan kelas 4-5-6.

Tidak hanya siswa para peserta final, wali kelas yang mendampingi mereka pun ikut menuangkan semangatnya terutama dalam mendukung anak-anak.

Antusiasme Para Guru dalam Mendampingi Peserta Lomba Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah
Antusiasme Para Guru dalam Mendampingi Peserta Lomba Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah. Dok. Agnes Aprilia

Antusiasme Para Guru dalam Mendampingi Peserta Lomba Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah.
Antusiasme Para Guru dalam Mendampingi Peserta Lomba Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah. Dok. Fareza Nazari

Teriakan dan sorak-sorai semangat seakan meruntuhkan kecemasan dan rasa canggung yang sebelumnya dialami peserta lomba cerdas cermat.

Menjelang tengah hari, perlombaan pun selesai dan kegiatan pun dilanjutkan dengan pembagian hadiah.

Adapun kategori pemenang dalam kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1443 Hijriah 2022 Masehi meliputi:

  • Juara 1,2,3 lomba Azan tingkat siswa kelas 1-3
  • Juara 1,2,3 lomba Azan tingkat siswa kelas 4-6
  • Juara 1,2,3 lomba Pidato Islam tingkat siswa laki-laki
  • Juara 1,2,3 lomba Pidato Islam tingkat siswa perempuan
  • Juara 1,2,3 lomba Hapalan Surah Pendek tingkat siswa kelas 1-3
  • Juara 1,2,3 lomba Hapalan Surah Pendek tingkat siswa kelas 4-6 laki-laki dan perempuan
  • Juara 1,2,3 lomba Cerdas Cermat tingkat siswa kelas 1-3
  • Dan Juara 1,2,3 lomba Cerdas Cermat tingkat siswa kelas 1-3

Masing-masing pemenang mendapatkan bingkisan hadiah dan piagam penghargaan. Khusus untuk peserta pemenang lomba Azan, langsung ditugaskan menjadi muazin di masjid Nurul Iman yang bertempat di desa Sinar Gunung, Kecamatan Tebat Karai.

Pembagian Hadiah Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai. Dok. Kartika Malinda

Pembagian Hadiah Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai. Dok. Kartika Malinda

Pembagian Hadiah Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai. Dok. Kartika Malinda


Pembagian Hadiah Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai
Pembagian Hadiah Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai. Dok. Kartika Malinda

Ozy Vebry Alandika, S.Pd. selaku guru agama sekaligus penanggung jawab kegiatan menerangkan bahwa kegiatan bertajuk keislaman seperti Gema Islam merupakan ajang yang sangat bagus untuk mengasah mental siswa.

“Kegiatan Gema Islam SD Negeri 08 Tebat Karai 1443 Hijriah yang kita adakan ini adalah salah satu bentuk inovasi dalam rangka menyemangati anak-anak dalam belajar agama. Terlebih lagi para panitia lomba mulai dari panitia pendaftaran lomba, MC, hingga doa diperankan oleh para siswa. Selain mengenalkan anak tentang pentingnya organisasi, kegiatan ini juga bisa menjadi bekal bagi mereka untuk menata mental berbicara dan tampil di muka umum, sehingga bisa menebar manfaat ketika nanti sudah terjun di masyarakat pada masa mendatang.” Tutup Ozy.

Ozy menambahkan, selain menggelar kegiatan menyambut Hari Besar Islam, SD Negeri 08 Tebat Karai juga rutin menggelar shalat Dhuha berjamaah dilanjutkan kultum setiap hari Selasa, Rabu, dan Kamis, kegiatan tausiyah Islam setiap hari Jum’at, hingga ekstrakulikuler Tabligh & Seni Baca Quran yang dilaksanakan setiap hari Rabu.

Fitri Suarti S.Pd.SD sebagai salah satu guru kelas juga memiliki harapan besar agar segenap siswa SD Negeri 08 Tebat Karai semakin kompak, semakin semangat dalam belajar, serta semakin mematangkan persiapan untuk menghadapi kegiatan-kegiatan di masa mendatang.

Ke depannya, SD Negeri 08 Tebat Karai berencana untuk menggelar kegiatan serupa secara terprogram, termasuk dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan 1443 Hijriah nanti.*

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "SD Negeri 08 Tebat Karai Sukses Gelar Kegiatan Gema Islam 1443 Hijriah"

  1. Masya Allah, keren. Sukses selalu anak-anak, semoga jadi anak saleh, saleha, Aamiin

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip tulisan di blog Guru Penyemangat tidak lebih dari 30% dari keseluruhan isi (1) artikel dengan syarat menyertakan sumber. Mari bersama-sama kita belajar menghargai karya orang lain :-)