Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Contoh Teks Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021, Singkat dan Bikin Semangat

Contoh Teks Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional
Contoh Teks Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021, Singkat dan Bikin Semangat. Dok. Gurupenyemangat.com

Selamat Hari Pahlawan Nasional 2021!

Senang sekali rasanya Guru Penyemangat karena bisa menyapa sahabat-sahabat sekalian dengan meninggikan semangat kepahlawanan.

Pada November Tahun 2021 ini kita kembali singgah di momentum bersejarah yang penuh kisah dan perjuangan bernama Hari Pahlawan Nasional, tepatnya tanggal 10 November Tahun 2021.

Banyak nilai-nilai keteladanan dan semangat perjuangan yang bisa kita petik dari pahlawan untuk kemudian diterapkan di masa kini.

Maka dari itulah, Gurupenyemangat.com mencoba menghadirkan contoh pidato terbaik dan singkat bertema Hari Kemerdekaan untuk menyemangati semua orang demi meninggikan persatuan dan kesatuan.

Contoh teks pidato tentang Hari Pahlawan Nasional 2021 ini ditulis singkat, bisa di-download, dan cocok untuk anak SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa.

Langsung disimak saja ya:

Pidato Singkat Hari Pahlawan 2021: Pahlawanku Inspirasiku

Pidato Singkat Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku
Pidato Singkat Hari Pahlawan 2021 Pahlawanku Inspirasiku. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah

Salam sehat, dan salam sejahtera bagi kita semua.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Pimpinan/Ketua

Yang terhormat, Bapak/Ibu Tamu Undangan

Pertama dan di atas segalanya marilah kita panjatkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan nikmat tiada putus kepada kita semua.

Shalawat dan salam mari kita sampaikan kepada Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita bakal mendapat pertolongan beliau di Hari Akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta para tamu undangan yang berbahagia;

Pada tahun 2021 ini, kita kembali diajak untuk singgah di momentum bersejarah bernama Hari Pahlawan Nasional, tepatnya pada 10 November Tahun 2021.

Jikalau kita melihat-lihat postingan, gambar, quotes, hingga twibbon bertema Hari Pahlawan, maka tampaklah oleh kita ada gambar bendera, bambu runcing, hingga kepalan tangan.

Apa makna dari semua itu? Maknanya tiada lain ialah; bahwa pahlawan itu identik dengan perjuangan.

Namun pada tahun 2021 di era pandemi ini, pemerintah mengambil tema “Pahlawanku Inspirasiku”.

Dilihat dari judul tema, termaktub makna bahwa sejatinya peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 bukan lagi sekadar mengulang kisah tentang pertempuran Surabaya 10 November 1945 melainkan juga mengajak kita semua untuk memetik inspirasi dari para pahlawan negeri.

Inspirasi yang dimaksud adalah nilai-nilai perjuangan, karya, teladan, hingga karsa para pahlawan. Misalnya dari jati diri seorang pahlawan itu sendiri.

Saudara-saudari yang berbahagia, tahukah kita siapa yang dimaksud dengan pahlawan itu?

Pahlawan tiada lain ialah orang yang rela mengorbankan kenyamanan dan kesenangan hidupnya agar orang lain bisa mendapatkan kenyamanan seperti yang ia rasakan.

Bila kita sandingkan dengan kemerdekaan? Maka pahlawan adalah pejuang kemerdekaan yang rela mengorbankan waktu, tenaga, hingga darah.

Sedangkan bila kita sandingkan dengan hari ini, maka pahlawan bisa datang dari guru, dokter, perawat, petani, pejabat, pelajar, atlet, hingga siapa saja yang mampu dan mau mengorbankan diri untuk kebahagiaan orang banyak serta kejayaan negeri ini.

Bapak, Ibu, serta saudara-saudari yang berbahagia;

Menyimak keadaan hari ini, kadang kita cukup dibuat resah oleh geliat para generasi muda yang begitu gampang berkiblat kepada tren-tren kekinian seperti Squid Game, K-Pop, TikTok, hingga sederet keviralan lainnya.

Jikalau mereka menyukai hal tersebut secukupnya saja, sungguh itu tidaklah menjadi masalah. Tapi jikalau mereka sudah “mabuk” tren? Itu yang bahaya. Padahal di negeri ini ada begitu banyak pahlawan yang bisa menjadi pelajaran dan inspirasi.

Contohnya seperti tukang sapu. Mereka bangun setiap hari lebih awal daripada fajar hanya untuk menyapu jalan, menyingkirkan sampah, hingga daun-daun kering. Sedangkan kita? Jangan sampai diri ini sehari-hari keseringan rebahan.

Bapak, Ibu, serta Saudara-Saudari yang berbahagia;

Pada momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 ini, marilah kita petik nilai-nilai teladan dan inspirasi dari pahlawan negeri. Karena berjuang itu tidak harus terjun ke medan perang melainkan juga bisa berjuang dengan menebar kebaikan dan berkarya.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Banyak maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Hari Pahlawan, Cocok untuk Anak SD: Pahlawan Masa Kini

Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Hari Pahlawan, Cocok untuk Anak SD
Teks Pidato Bahasa Indonesia Tentang Hari Pahlawan, Cocok untuk Anak SD. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahirobbil’alamin. Assalatu wassalamu ala asyrofil anbiya iwal mursalin, wa ala alihi wasohbihi ajmain.

Yang terhormat, Bapak/Ibu Kepala Sekolah….

Yang terhormat, Bapak/Ibu Dewan Guru

Serta Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita banyak nikmat terutama nikmat sehat dan kesempatan sehingga bisa sama-sama hadir dan menyemarakkan kegiatan peringatan Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021.

Shalawat berbingkai salam mari sama-sama kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat, kita semakin didekatkan dengan surganya Allah.

Bapak, Ibu, serta teman-teman yang saya sayangi;

Dalam kesempatan yang berbahagia ini saya ingin mengajak kita semua untuk berkisah tentang Para Pahlawan Masa Kini.

Apakah yang disebut dengan pahlawan masa kini itu ialah mereka yang berjuang di medan perang menggunakan bambu runcing dan bergerilya?

Jika itu dulu, maka bisa jadi. Tapi sekarang, kisahnya sudah beda lagi. Perang sudah nyaris tidak ada, yang ada ialah kita berperang terhadap diri sendiri.

Tanpa mengabaikan perjuangan para pahlawan nasional di masa kemerdekaan, sejatinya di dekat kita juga banyak pahlawan masa kini. Mereka adalah para pahlawan yang rela mengabdi, berkorban waktu dan tenaga untuk menjaga kedamaian negeri, keamanan negeri, serta mencerdaskan para generasi penerus bangsa.

Para pahlawan itu bisa jadi seorang guru, bisa pula seorang petani, dokter, dan bisa pula para atlet yang terus berusaha agar bisa mengibarkan bendera merah putih di negeri orang.

Kiranya, mereka semua pantas untuk disebut sebagai pahlawan masa kini.

Lalu, apakah kita yang sedang hadir di sini juga bisa menjadi pahlawan? Tentu bisa, terutama dalam meneladan nilai-nilai dan memetik inspirasi dari para pahlawan bangsa.

Sebagai seorang pelajar misalnya, maka kita bisa berusaha untuk menjadi pahlawan dengan cara giat belajar, terus berkarya, serta menjauhkan diri dari perbuatan curang seperti mencontek dan melakukan tindakan plagiarisme.

Teman-teman seperjuangan yang saya banggakan;

Di hari ini, kita perlu waspada dan wajib untuk senantiasa rendah diri karena menjadi pahlawan dan mengaku sebagai pahlawan itu adalah kata-kata yang mirip namun berbeda artinya.

Pahlawan sejati ialah mereka yang memang benar-benar mau, tulus, dan rela untuk mengabdi dan berkorban untuk diri, umat, negara, dan bangsa. Jadi, gelar pahlawan itu bukan diakui melainkan diberikan dari orang lain.

Maka dari itulah, sebagai seorang generasi penerus bangsa, kita jangan cepat merasa puas atas gigihnya pengorbanan, tingginya prestasi, atau banyaknya keringat pengabdian. Karena pahlawan masa kini adalah mereka yang tidak pernah putus asa dalam berusaha, tidak terbang saat dipuji, serta tidak tumbang ketika dihina dan dicaci.

Bapak, Ibu, serta Teman-teman yang berbahagia;

Kiranya demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan pada momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021 ini. Semoga bermanfaat terutama bagi diri saya sendiri. Banyak maaf atas kesalahan, dan saya akhiri dengan pantun:

Lihatlah langit biru di atas awan
Cantiknya menyaingi mawar berduri
Teladanlah akhlak para pahlawan
Lalu jadilah kita kebanggaan negeri

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Contoh Naskah Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional: Para Pahlawan di Masa Pandemi

Contoh Naskah Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional Para Pahlawan di Masa Pandemi
Contoh Naskah Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional Para Pahlawan di Masa Pandemi. Dok. Gurupenyemangat.com

Assalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Selamat Pagi dan Salam Bahagia untuk Kita Semua

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji dan syukur atas kehadirat Allah SWT yang senantiasa memberikan kita nikmat sehingga kita semua bisa hadir di lapangan/ruangan ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021.

Shalawat berbingkai salam mari kita hadiahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya lidah ini bershalawat, kita bakal mendapat syafaat beliau di Hari Akhir nanti.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Pada tanggal 10 November tahun 2021 ini kita kembali diizinkan untuk bersama-sama singgah di momen bersejarah penuh kisah bernama Hari Pahlawan Nasional.

Peringatan ini sejatinya didasarkan atas peristiwa pertempuran Surabaya yang merupakan pertempuran pertama semenjak kemerdekaan Indonesia. Sedihnya, pada pertempuran yang berlangsung hingga tiga pekan tersebut telah menewaskan lebih dari 10 ribu warga sipil.

Sungguh ujian berat bagi persatuan dan kesatuan bangsa di masa itu.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Ketika kita menatap hari ini, kisahnya ternyata tidaklah jauh berbeda. Bukan perang, bukan pula pertempuran. Adapun hal yang mengusik persatuan dan kesatuan bangsa saat ini ialah pandemi.

Wabah jahat yang bernama corona itu perlahan-lahan telah mengobrak-abrik perekonomian negeri, pendidikan, sosial budaya, hingga segenap bidang kehidupan lainnya.

Di awal-awal datangnya wabah, perjuangan kita semua terasa berat karena harus beradaptasi untuk hidup dan berjuang seraya berdampingan dengan pandemi.

Lalu, bagaimana cara pahlawan di masa kini berjuang melawan pandemi?

Pertama, tentunya kita semua tanpa terkecuali wajib menaati protokol kesehatan dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan. Entah itu siswa, guru, mahasiswa, dosen, petani, ibu rumah tangga, bahkan pejabat semuanya diharapkan memantapkan pola hidup bersih.

Bukan untuk menjadi pahlawan, melainkan sama-sama kita berusaha untuk menerapkan nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun usaha yang kedua yang bisa kita lakukan ialah mendukung penuh kreativitas teman-teman, tetangga serta saudara-saudara kita dalam membangkitkan ekonomi mikro dan menengah.

Dukunglah mereka, belanjalah di kedai mereka, dan janganlah kita menawar dengan harga murah, apalagi dengan “harga teman”. Syukur-syukur usaha mereka berkembang dan terbukalah lapangan pekerjaan.

Syahdan, usaha kita yang ketika ialah dengan terus belajar dengan semangat. Siswa wajib belajar biarpun terkendala dengan kekurangan. Guru wajib belajar agar bisa beradaptasi dengan lingkungan. Dan para pemimpin pun wajib belajar untuk menebarkan nilai-nilai kepahlawanan yang bertajuk kebaikan.

Saudara-saudari sebangsa dan setanah air yang saya banggakan,

Banyak teladan yang bisa kita aktualisasi terutama dalam menyambut momentum Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021. Kadangkala, hal terkecil asalkan itu adalah kebaikan akan berdampak besar bagi kemajuan negeri ini. Maka dari itulah, marilah kita terus bersemangat dalam karya dan dalam abdi.

*

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan dalam kesempatan yang berbahagia ini. Semoga ada nilai dan manfaat yang bisa dipetik. Banyak maaf, saya akhiri;

Wassalamu’alaykum Warahmatullah Wabarakatuh

Download Contoh Pidato Hari Pahlawan Nasional 2021 PDF

Demikianlah beberapa contoh pidato singkat bertema Hari Pahlawan yang bisa Guru Penyemangat hadirkan.

Sejatinya pidato berbahasa Indonesia di atas cocok untuk jadi bahan referensi anak SD, SMP, SMA, hingga mahasiswa. Tinggal kita pilih saja mana yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan.

Adapun untuk salam pembuka dan salam hormat, silakan sesuaikan dengan keadaan dan situasi kegiatan.

Lebih daripada itu, jika ingin mengunduh teks pidato Hari Pahlawan Nasional di atas, Guru Penyemangat telah menyediakan link download dokumen file pidato berformat PDF.

Silakan unduh dan simpan terlebih dahulu di smartphone maupun laptopmu jika ingin mengeditnya. Semoga bermanfaat ya:

Contoh Pidato Hari Pahlawan 1 PDF

Contoh Pidato Hari Pahlawan 2 PDF

Contoh Pidato Hari Pahlawan 3 PDF

Selamat Menyambut Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021. Pahlawanku Inspirasiku

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "3 Contoh Teks Pidato Tema Hari Pahlawan Nasional Tahun 2021, Singkat dan Bikin Semangat"