Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Tips dalam Menentukan Takaran Makanan Kucing yang Ideal

Tips Menentukan Makanan kucing yang Ideal
Tips Menentukan Makanan kucing yang Ideal. Gambar oleh Florian Bollmann dari Pixabay

Hai Cat Lovers!

Belakangan ini, ada banyak sekali pertanyaan mengenai bagaimana menempatkan takaran makanan kucing yang ideal dan tepat bagi kucing berusia anak-anak, dewasa, hingga kucing senior.

Pertanyaan tersebut muncul karena para pecinta kucing mulai sibuk menentukan seberapa takaran makanan yang tepat agar nutrisi dan kandungan gizinya bermanfaat bagi kucing.

Berikut Gurupenyemangat.com bakal menyajikan panduan alias tips dalam menentukan takaran makanan kucing yang ideal.

15 Tips Menentukan Makanan Kucing yang Ideal 

Menentukan Takaran Makanan Kucing yang Ideal
Menentukan Takaran Makanan Kucing yang Ideal. Gambar oleh GraphicMama-team dari Pixabay

Saat ingin memberikan makan kucing, maka akan lebih baik bagi pemilik untuk memperhatikan kesehatan si anabul dengan maksimal.

Caranya adalah kita harus memperhatikan kondisi tubuh kucing, berat kucing,dan usia kucing. Berikut ini takaran makanan kucing yang ideal, yaitu : 

1. Perhatikan Kandungan Nutrisi Makanan

Hal pertama yang harus kita perhatikan saat ini membuat takaran makanan kucing yang ideal adalah perhatikan kandungan nutrisi makanan.

Kebutuhan nutrisi yang baik harus mengandung lemak, protein tinggi, vitamin, dan mineral yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan kucing.

Boleh Baca: Berikut Kelebihan dan Manfaat Makanan Kucing Whiskas

2. Perhatikan Budgeting

Agar pertumbuhan kucing mendapatkan hasil yang maskimal, maka saat ingin mencari makanan bernutrisi, pemilik kucing harus juga memperhatikan budget yang dikeluarkan saat membeli makanan tersebut.

Tentu saja, semakin mahal harga, maka semakin bagus nutrisi yang dimiliki. Walau begitu, sesuaikan juga dengan isi kantong dan kesanggupan si pemilik kucing ya.

3. Seimbangkan Kandungan Protein

Berikutnya, tahapan lainnya yang harus kamu perhatikan saat memilih takaran makanan kucing yang tepat yaitu, carilah makanan dengan kandungan protein hewani yang tinggi namun protein nabati rendah. Pastikan karbohidrat yang terkandung tidak boleh lebih dari 10% saat dicampur. 

4. Makanan Kering dan Basah Harus Seimbang 

Cat lovers, selain mencermati kandungan protein dan karbohidrat, makanan basah yang harus digunakan juga harus seimbang dengan kandungan protein daging.

Dengan demikian, gizi makanan kucing jauh lebih seimbang dan lengkap. Lebih khusus daripada itu, si meong tersayang rawan bosan jikalau makannya sehari-hari hanya satu jenis saja.

Boleh Baca: Cat Lover, Berikut 10 Cara Menyimpan Makanan Kucing Basah Agar Tidak Cepat Basi

5. Menyesuaikan dengan Berat Kucing 

Pemberian takaran yang baik selanjutnya adalah memperhatikan berat badang kucing yang dimiliki.

Bagi kucing dewasa yang memiliki berat 8 kilogram harus mendapatkan nutrisi 30 kalori perhari. Kucing dengan berat 3,6 kilogram membutuhkan 240 kalori setiap harinya. 

6. Tambahkan Makanan Kaleng

Selanjutnya, ketika ingin memberikan makanan untuk kucing, kita juga perlu menambahkan makanan kering yang mengandung 300 kalori per cangkir, plus makanan kaleng 125 kalori per kaleng yang memiliki berat 3 ons. Gunanya ialah agar nutrisi akan bertambah padat. 

7. Tentukan banyak variabel yang digunakan 

Perlu dicermati, tahapan selanjutnya yang harus digunakan dalam menakarkan makanan kucing yang benar adalah tentukan banyak variabel yang digunakan, menyesuaikan dengan usia dan berat kucing, aktivitas kucing, kondisi kucing, hingga jenis makanan yang akan diberikan. 

8. Merek makanan yang digunakan 

Pilihan lainnya yang harus dilakukan dalam memilih makanan yang tepat untuk kucing yaitu pilih merek makanan yang akan diberikan.

Terang saja, setiap makanan mempunyai kandungan gizi yang berbeda, serta memiliki kualitas dry food yang rendah.

9. Gunakan Metode Yang Tepat 

Tahapan lainnya yaitu gunakan metode yang tepat, antara lain yaitu jangan biarkan memberikan makan kucing saat sedang dalam keadaan kenyang, serta jangan pernah memberikan takaran yang berlebihan, agar tidak terjadi obesitas.

Ya, kita tahu bahwa kucing itu sering kali cepat merasa lapar. Tapi kalau mereka makannya sudah tiga kali dalam sehari, maka hal itu sudah cukup. Yang penting kita barengi dengan pemberian air minum yang seimbang agar si anabul tidak dehidrasi.

10. Tambahkan Makanan Berenergi

Ketika memberikan makanan, perlu kita ingat bahwa kucing juga termasuk salah satu hewan karnivora. Karenanya, tentunya kucing membutuhkan banyak vitamin, asam lemak, ikan, daging dan asam amino yang tinggi agar semakin kuat. 

Sesekali, kita perlu mencukupi nutrisi tersebut misalnya dengan memberikan kucing makanan seperti kuning telur, ikan, atau pun resep yang diolah sendiri dari daging sapi misalnya.

Boleh Baca: 4 Resep Membuat Makanan Kucing dari Bahan Olahan Daging Sapi

11. Berikan Secara Rutin

Jangan lupa berikan makan kepada kucing secara ruting. Pertama, untuk anak kucing berikan takaran saji dengan berurutan. Di antaranya yaitu dari usia 6 hingga 12 minggu berikan makan kepada kucing dengan porsi 25 hingga 80 gram dbagi 3 hingga 4 kali penyajian. 

12. Penyajian Untuk Anak Kucing (12-26 Minggu)

Usia 12 hingga 26 minggu, maka berikan porsi 45 hingga 105 gram dengan cara dibagi 3 kali penyajian. Terakhir, untuk usia 26 hingga 52 minggu, berikan 105 hingga 55 gram perhatkan dengan cara dibagi 2 kali penyajian. 

13. Takaran Kucing Dewasa (3-6 Tahun)

Kedua, untuk kucing dewasa yang memiliki berat badan 2 hingga 4 kilogram, berikan makan 35 hingga 65 gram porsi perhari.

Syahdan, untuk kucing yang memiliki berat 4 hingga 6 kilogram berikan porsi 65 hingga 100 gram, terakhir berat 6 hingga 8 kilogram berikan 100 – 130 gram.

14. Takaran Kucing Senior (7-11 Tahun)

O ya, berikan porsi makanan untuk kucing senior yang tepat. Untuk berat badan 2 hingga 4 kilogram yang memiliki usia 7 hingga 11 tahun berikan 30 hingga 55 gram, lalu untuk usia 12 tahun keatas berikan 35 hingga 70 gram saja untuk setiap takarannya. 

15. Kucing (12 tahun keatas)

Kemudian, untuk takaran dengan berat badan kucing 6 hingga 8 kilogram, yang memiliki usia 7 hingga 11 tahun berikan takaran sebanyak 80 hingga 105 gram. Namun, untuk usia 12 tahun ke atas, berikan berat sajian takaran sebanyak 100 hingga 135 gram. 

***

Demikianlah informasi menarik mengenai cara tepat dalam menentukan takaran makanan kucing yang ideal.

Pada dasarnya, khusus untuk makanan kucing biasanya pada kemasan sudah dicantumkan detail takaran penggunaan dan pemberian makan untuk si anabul berdasarkan tingkatan umur.

Tapi di luar daripada itu, semoga artikel ini bisa bermanfaat ya.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "15 Tips dalam Menentukan Takaran Makanan Kucing yang Ideal"