Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics, IAIN Curup Nomor 3

10 Universitas Terbaik di Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics, IAIN Curup Nomor 3
10 Universitas Terbaik di Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics, IAIN Curup Nomor 3. Dok. YouTube IAIN Curup

Melewati pertengahan tahun 2021, Webometrics belum lama ini merilis daftar universitas terbaik di dunia, di Asia, di Asia Tenggara, maupun pemeringkatan kampus di suatu negara.

Di Indonesia sendiri pula demikian.

Tiga Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia berdasarkan pemeringkatannya di kancah dunia berturut-turut ialah Universitas Indonesia (peringkat 728 dunia), Universitas Gadjah Mada (peringkat 760 dunia), dan yang ketiga adalah IPB University (peringkat 1.092 dunia).

Bagaimana dengan Universitas Bengkulu, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup, hingga Politeknik Rafflesia?

Sebelum melihat daftar peringkat perguruan tinggi terbaik di Provinsi Bengkulu, kita pedekate sejenak dengan Webometrics.

Perlu diketahui bahwa pemeringkatan oleh Webometrics merupakan inisiasi dari Cybermetrics Lab, sebuah grup penelitian milik Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) sekaligus badan penelitian publik terbesar di Spanyol.

Awalnya, pemeringkatan yang dikerjakan oleh Webometrics ialah berdasarkan eksitensi situs web sebuah universitas, namun lambat laun metodologi penelitiannya berkembang dan meluas hingga ke aspek output mahasiswa, jaringan eksternal kampus, kontribusi PT dalam penelitan dan masih banyak lagi.

Atas dasar peringkat PT inilah para mahasiswa terutama yang tinggal di Provinsi Bengkulu dapat menjadikannya bahan pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sudah penasaran dengan daftar peringkat PT terbaik di Bengkulu? Oke, mari disimak:

Daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics

Daftar Universitas Terbaik di Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics
Daftar Universitas Terbaik di Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics. Dok. Progres.id

1. Universitas Bengkulu (UNIB)

Peringkat PT terbaik berdasarkan data Webometrics pada tahun 2021 ditempati oleh Universitas Bengkulu.

Kampus yang memiliki jargon “Conveying Better Future” ini berada di peringkat ke-52 nasional dan menduduki peringkat 4372 dunia.

UNIB hanya berselisih 1 peringkat di bawah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Bagaimana, Bengkulu koh padek jugo, kan?

2. Universitas Dehasen (Unived) Bengkulu

Melompat cukup jauh ke peringkat 10.559 dunia, ada nama Universitas Dehasen yang merengkuh peringkat ke-2 sebagai kampus terbaik versi Webometrics tahun 2021.

Perguruan Tinggi yang memiliki jargon “Achievement Through Education” ini berada di posisi ke-287 nasional. Cukup jauh ya jaraknya dengan UNIB?

3. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup

Berlanjut ke peringkat 3 PT terbaik di Provinsi Bengkulu, ada nama IAIN Curup. Hai, masyarakat Curup? Mana nih suaranya alumni dan mahasiswa Curup?

Menduduki peringkat 373 Perguruan Tinggi terbaik secara nasional, IAIN Curup boleh dibilang sebagai Kampus Islam terfavorit di Provinsi Bengkulu.

Kampus yang sekarang duduk di posisi 12.461 dunia ini pada awalnya hanyalah sebuah fakultas dari IAIN Raden Fatah Palembang. Namun sekarang, perkembangannya semakin pesat.

4. Universitas Prof. Dr. Hazairin SH (Unihaz) Bengkulu

Sekarang kita lihat pula Universitas terbaik di Provinsi Bengkulu nomor 4 tahun 2021 menurut data Webometrics. Ada nama Unihaz.

Perguruan Tinggi yang memiliki jargon “Always Gives The Best” ini berada pada peringkat 12.908 dunia tepat di atas Politeknik Negeri Jakarta.

5. Universitas Muhammadiyah Bengkulu (UMB)

Siapa yang tidak kenal dengan UMB. Rasanya masyarakat di berbagai daerah di Provinsi Bengkulu sangat akrab dengan Universitas yang sekarang menduduki peringkat ke 401 nasional ini.

UMB menurut data Webometrics berada di posisi 13.162 dunia. Perguruan tinggi yang mengemban semboyan “Cerdas Kreatif Islami”  tepat berada satu peringkat di atas Universitas Islam Sumatera Utara.

6. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu

Lho, kok kampus yang sekarang sudah berubah nama menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati Sukarno ini malah berada di peringkat 6?

Selow, MasBro. Sejatinya pemeringkatan yang dilakukan Webometrics ini rilis pada bulan Juli 2021, sedangkan IAIN Bengkulu masih dalam proses peralihan menuju UIN. Maka dari itulah pemeringkatannya masih menggunakan data Institut.

Saat ini, IAIN Bengkulu berada di peringkat 438 nasional sekaligus menduduki posisi 13.969 di dunia. Ya, mudah-mudahan saja dengan peralihan IAIN menjadi UIN Fatmawati Sukarno, tahun depan peringkatnya bisa melompat naik.

Semangat!

7. Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Bengkulu

Berlanjut ke peringkat 7 Universitas terbaik di Bengkulu, ada Poltekkes Kemenkes yang menempati posisi 1.045 di Indonesia sekaligus ranking 22.693 di dunia.

8. Politeknik Rafflesia Curup Kabupaten Rejang Lebong

Politeknik Rafflesia menjadi PT kedua di luar Kota Bengkulu yang masuk daftar ini. Politeknik ini merengkuh ranking 1.519 di Indonesia sekaligus peringkat 26.264 di dunia.

9. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Tri Mandiri Sakti Bengkulu

Berlanjut ke posisi 9 besar ada nama STIKES TMS. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan menurut data Webometrics saat ini menempati posisi 2.173 di Indonesia dan peringkat ke 29.317 di dunia.

10. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah Nahdlatul Ulama (STIESNU) Bengkulu

Pada tahun 2021 ini, STIES NU Bengkulu berada pada peringkat 2.200 di Indonesia dan menempati peringkat 29.419 secara internasional.

***

Nah, demikianlah tadi sajian Guru Penyemangat mengenai 10 daftar Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Bengkulu Tahun 2021 menurut data Webometrics.

Salam.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "10 Perguruan Tinggi Terbaik di Provinsi Bengkulu Tahun 2021 versi Webometrics, IAIN Curup Nomor 3"