Widget HTML #1

Ragam Keunggulan dan Kelebihan Lampu LED Halogen untuk Area Rumah Anda

Apakah dirimu mau memilih lampu Halogen untuk dipakai di ruangan yang ada di rumah? Mau tahu apa saja keunggulan lampu LED Halogen jika diaplikasikan sebagai pencahayaan di rumah? 

Perlu kita ketahui bahwa memilih lampu interior untuk rumah sering kali jadi hal yang diabaikan. Tak heran, jika banyak di antara kita cenderung memilih lampu yang seadanya saja. 

Padahal lampu bisa menjadi salah satu elemen yang efektif dalam mendekorasi sebuah ruangan menjadi lebih berkesan.

Lebih dari itu, bila dirimu bisa memilih jenis lampu rumah yang pas, tentu suasana ruangan di rumah juga akan jadi lebih nyaman.

Dalam memilih lampu ini, kita perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti desain, warna, bentuk, dan juga jenis lampu itu sendiri. 

Soalnya beberapa faktor yang disebutkan di atas akan sangat memberikan pengaruh baik terkait suasana ruangan rumah.

O ya, berbicara tentang jenis lampu, pencahayaan menggunakan lampu Halogen bisa jadi opsi yang bagus. Mau tahu kan apa-apa saja keunggulannya?

Keunggulan dan Kelebihan Lampu LED Halogen untuk Berbagai Ruangan di Rumah

Lampu reflektor Halogen Philips
Lampu reflektor Halogen Philips. Dok. lighting.philips.co.id

Berbicara tentang lampu Halogen, jenis lampu ini termasuk dalam kategori lampu pijar yang punya intensitas cahaya yang begitu kuat.

Tak heran bila kemudian banyak orang memakainya untuk kebutuhan pencahayaan di rumah. Lampu ini bekerja dengan memanfaatkan penggunaan gas argon dan juga gas nitrogen. 

Kedua jenis gas yang dimaksud akan membakar filamen wolfram dengan unsur halogen yang meliputi iodin maupun bromin.

Cahaya dari lampu halogen punya keunggulan sebagai lampu yang ramah lingkungan, punya tingkat kecerahan tinggi, kontras, serta mampu menerangi ruangan dengan maksimal.

Tentu keunggulan lampu LED halogen ini cukup banyak diminati oleh para pemilik rumah. 

Suasana cahaya yang dipancarkan juga cenderung bersih dan juga terang, serta beberapa merek tersedia dalam banyak jenis bentuk maupun ukuran.

Adapun keunggulan lainnya, di antaranya adalah sebagai berikut:

LED Halogen Tampil yang Lebih Modern

Jenis lampu halogen juga biasa disebut sebagai lampu halogen kuarsa atau lampu halogen tungsten.

Bentuknya bisa dibilang lebih mutakhir dan punya tampilan yang terkesan lebih trendy dari jenis lampu pijar biasa yang ada di rumah rumah kebanyakan.

Lampu halogen untuk pencahayaan juga memiliki filamen tungsten yang menyerupai jenis lampu pijar.

Hanya saja, jenis lampu ini punya bentuk yang cenderung lebih kecil dan dengan ukuran watt sama. Selain itu, di dalam lampu tersebut juga terkandung adanya gas halogen sesuai namanya. 

Lampu Lebih Ramah Lingkungan 

Keunggulan lampu LED halogen selanjutnya adalah penggunaan penerang yang bisa dibilang ramah lingkungan.

Terang saja, lampu ini terbuat dari kombinasi bahan antara kuarsa dan juga jenis kaca tinggi silika ataupun bahan aluminosilikat. Tambah lagi, LED Halogen mampu menahan tekanan yang tinggi.

O ya, sebenarnya Halogen sendiri adalah sebuah elemen monovalen yang mampu membentuk ion negatif, di mana halogen ini ada 5 jenis.

Di antaranya adalah jenis halogen fluorin, bromon, klorin, iodin, serta halogen dari astatin yang punya ukuran padat dengan output lumen yang cukup tinggi.

Pencahayaan yang Lebih Baik

Bagi dirimu yang sedang mencari alat pencahayaan atau penerangan baik dengan tingkat cahaya yang cukup tinggi, maka lampu halogen adalah pilihan tepat.

Keunggulan lampu LED halogen salah satunya adalah bisa menyesuaikan  tingkat penerangan dari lampu tersebut sesuai kebutuhan pencahayaan di rumah. Alhasil, kita bisa memilih kebutuhan cahaya dari lampu halogen yang diinginkan. 

Masa Pakai yang Cenderung Lebih Tahan Lama

Adapun keunggulan selanjutnya adalah lampu halogen memiliki masa pakai yang bisa dibilang lebih awet atau tahan lama.

Lebih dari itu, masa pakainya bisa hingga 2 atau 5 kali lipat lebih lama dibanding dengan penggunaan lampu pijar konvensional untuk pencahayaan rumah  

Penyebab hal tersebut adalah karena adanya proses siklus halogen yang regeneratif. Perlu diketahui bahwa gas halogen akan membantu partikel tungsten yang menguap dan akan kembali mengendap pada filamen. 

Berdasarkan keunggulan lampu LED halogen, maka partikel tersebut tidak akan kembali ke dinding lampu.

Kerja lampu ini bahkan efektif dalam menunda terjadinya kerusakan filamen, serta mampu memberikan ketahanan atau masa pemakaian lampu yang cenderung bisa tahan lebih lama.

Penggunaan Lampu Bisa Diredupkan Sepenuhnya

Penggunaan lampu halogen dapat diredupkan sepenuhnya yang meliputi 0 hingga 100 % jika digunakan pada semua tingkat pencahayaan di rumah.

Selain itu, lampu tersebut juga sengaja dirancang untuk dioperasikan pada suhu yang sangat tinggi. Tujuannya adalah untuk menjamin kinerja lampu yang lebih optimal dalam memberikan cahaya. 

Peredupan di atas 60% dari nilai tegangan lampu juga dapat dilakukan, sehingga hal ini akan menguntungkan saat digunakan.

Sangat disarankan supaya mengembalikannya pada tingkat kecerahan penuh kurang lebih selama 1 menit sebelum mencoba untuk mematikan lampu.

Kelebihan Lampu LED Halogen untuk Seluruh Area Rumah

Dirimu bisa menggunakan lampu halogen sebagai lampu interior yang dapat memberikan spotlight pada benda benda di dalam rumah.

Selain itu, kita pun bisa menjadikannya sebagai eksterior rumah untuk ditempatkan di area luar. Seperti halnya sebagai lampu taman, tanaman pergola, patung, kolam ikan atau kolam renang, hingga lampu gerbang yang akan tampak menarik.

*

Yup. Itulah tadi berbagai keunggulan lampu LED halogen. Saat ini dirimu bisa memilih berbagai varian lampu halogen untuk pilihan warna lampu kuning dan putih.

Salam.

Lanjut Baca: Rekomendasi Lampu Nakas Cantik untuk Kamar Tidur

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Guru Profesional, Guru Penggerak, Blogger, Public Speaker, Motivator & Juragan Emas.

Posting Komentar untuk "Ragam Keunggulan dan Kelebihan Lampu LED Halogen untuk Area Rumah Anda"