Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Daftar Masalah dalam Pendaftaran CPNS dan PPPK Beserta Cara Mengatasinya [Hasil Live IG BKN 07 Juli 2021]

Sejak akhir Juni tahun 2021 hingga hari ini, agaknya masih banyak permasalahan terkait pendaftaran CPNS dan PPPK.

Meskipun sudah ada laman FAQ di portal SSCASN, namun fenomena di lapangan terlihat banyak rekan-rekan pejuang ASN yang pontang-panting dan kebingungan.

Ada yang salah unggah dokumen, NIK bermasalah, tidak tersedianya formasi PPPK Guru, data belum sinkron, dan sebagainya.

Maka dari itu, bersandar pada hasil live IG BKN pada 7 Juli 2021 yang Gurupenyemangat.com kutip dari grup WA GPAI Indonesia, berikut dituangkan 17 masalah dalam proses pendaftaran CASN.

Selain itu, disajikan pula solusi alias cara mengatasinya. Silakan disimak dan dicermati bersama-sama:

Tanya Jawab CPNS dan PPPK 2021
Tanya Jawab CPNS dan PPPK 2021. Dok. Instagram @BKNgoidofficial

1. Jika ada kesalahan dengan nomor NIK, maka calon pelamar CPNS dan PPPK tahun 2021 harus ke laporan dukcapil.

2. Jika di KTP pada namanya ada gelar, maka nama yang diinput silahkan memakai nama yang ada di ijazah.

Mengapa? karena ijazah sifatnya lifetime atau cuma dicetak sekali seumur hidup. Intinya nama yang dipakai adalah nama tanpa gelar.

3. Pada pengisian password dan pertanyaan pengaman, usahakan semaksimal mungkin untuk dicatat supaya tidak lupa dan tidak kebingungan di esok hari.

4. Jika saat awal pendaftaran tertukar antara foto selfie dan juga pas foto, udah santai saja. Tidak terlalu bermasalah masalah.

Tetap Lanjutkan karena data yang akan masuk ke verifikator instansi adalah data unggahan dokumen. Jikapun upload fotonya terbalik , tidak masalah.

5. Jika terjadi kesalahan upload dokumen, seluruh keputusan berada di tangan instansi, bukan di BKN. Jika ingin mengajukan keluhan, bukan ke BKN,namun ke Instansi yang dilamar. Artinya, nanti kembali kepada kebijakan instansi tempat daftar masing-masing.

6. Data NIK calon pelamar yang diintegrasi merupakan data NIK yg diambil dari Dirjen DUKCAPIL pusat.

7. Apabila sudah sampai pada akhir pendaftaran, dan sudah diakhiri, jika terjadi kesalahan upload atau sebagainya, sudah tidak bisa lagi diedit. Silakan perbanyak doa. Berhati-hatilah, cermat, dan fokus.

8. Akreditasi yang dipakai adalah akreditasi di saat lulus, bukan akreditasi terbaru hari ini. Khusus untuk pelamar jalur Cumlaude, prodi akreditasinya A, dan universitas juga harus A.

9. Pendaftaran akun dilakukan dari awal semua. Jadi harus bikin akun baru. Jangan gunakan akun lama saat pendaftaran di tahun 2019.

Kenapa seperti ini? Dikarenakan data ASN sangat banyak, maka data pelamar yang gugur terdahulu otomatis sudah dihapus. Sehingga harus dimulai kembali dari awal

10. Dapodik bukan kewenangan BKN, karena adanya di Dikbud. Jika ingin memperbaiki silakan konfirmasi ke Dikbud di daerah masing-masing.

11. Pertanyaan paling sering. Misal saya jurusan ilmu ekonomi, ternyata di formasi dimintanya Ekonomi?

Untuk pendidikan harus sejalan dan sesuai. Jika diminta EKONOMI maka harus EKONOMI, jika diminta KOMUNIKASI, maka harus KOMUNIKASI.

Jangan ILMU KOMUNIKASI masuk daftar. Cari yang sama persis dengan jurusan.

Jangan berpikir karena satu rumpun, maka beranggapan boleh mendaftar.

Jika memang ragu, silahkan ditanyakan ke instansi terkait, dan usahakan secara tulisan, jangan lisan, supaya bisa jadi pegangan.

12. Misalnya kita pilih formasi di daerah, apakah test harus di daerah juga?

Jawabannya ialah tergantung kewenangan instansi.

Karena BKN hanya menyediakan list lokasi untuk test, maka instansi lah yang memilih mereka mau tempat test di mana. Ada yang terpusat di satu tempat, dan ada yang di beberapa tempat. 

13. Jika pada saat pendaftaran ada notifikasi 'Anda terdaftar sebagai PNS aktif" ,maka silakan lapor ke helpdesk SSCASN.

Ada kemungkinan bahwa yang bersangkutan sebelumnya sudah mengundurkan diri, namun belum 2 periode pendaftaran,sudah mencoba daftar lagi.

14. Jika ada galat, diperiksa kembali galatnya di mana. Bisa saja saat mengisi tanggal lahir, yang di minta HHBBYYYY namun di isikan 08 Maret 1998, ikuti aturannya sesuai petunjuk.

15. Tahun ini jumlah pendaftar tidak bisa dilihat, karena sifatnya blind competition. Semoga ada rezeki.

16. Jumlah ajuan pada helpdesk dalam sehari bisa 100ribuan di antaranya ada, berupa 21rb lupa password, 1100 lupa pengaman 1, dan 1000an lupa pengaman 2, lokasi lahir tidak ditemukan 2000an, mohon untuk password dan pertanyaan pengaman agar dicatat.

17. Lokasi lahir yang digunakan yaitu pada tingkat kabupaten/kota. Bukan desa. Desa dikhususkan untuk pelamar yang lahir di luar negeri.

***

Demikianlah daftar masalah sekaligus solusi dalam hal pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2021 ini disajikan untuk dicermati secara seksama sekaligus demi memudahkan kita semua.

Silakan pelajari lebih lanjut dan jangan bosan untuk membaca laman https://sscasn.bkn.go.id/faq

Semoga bermanfaat.

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "17 Daftar Masalah dalam Pendaftaran CPNS dan PPPK Beserta Cara Mengatasinya [Hasil Live IG BKN 07 Juli 2021]"

Promo Cashback & Voucher Shopee