Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenapa Kulkas Polytron 2 Pintu Tidak Mau Dingin? Berikut 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kulkas Polytron 2 Pintu
Kulkas Polytron 2 Pintu. Foto: Bukalapak.com

Kulkas 2 pintu umumnya memiliki 2 bagian pintu di mana pintu bagian atas berfungsi sebagai freezer. Sementara itu, bagian bawah berfungsi sebagai pendingin biasa.

Namun, terkadang permasalahan sering terjadi dibagian pintu bawah. Kenapa kulkas polytron 2 pintu tidak dingin? Agaknya ada beberapa penyebabnya yang dapat diatasi sendiri.

Apabila kulkas dalam keadaan tersambung aliran listrik akan tetapi bagian cooler tidak dingin, bukan berarti kulkas milikmu rusak.

Kemungkinan penyetelan suhu masih minimal, sehingga hasilnya kurang dingin. Beberapa penyebab lainnya dapat kamu simak pada pembahasan kenapa kulkas polytron 2 pintu tidak sebagai berikut.

Penyebab Kulkas Polytron 2 Pintu Tidak Dingin

Seperti kulkas pada umumnya, kulkas polytron 2 pintu memiliki fungsi yang sama yakni mendinginkan benda-benda seperti makanan ataupun minuman.

Kamu bisa mengatur suhu sejuk menjadi sangat adem, sedang maupun cukup dingin. Namun bagaimana jika kulkas polytron 1 pintu malah tidak dingin?

Berikut ini Gurupenyemangat.com sajikan 6 penyebab kulkas polytron 2 pintu tidak dingin:

1. Penyetelan Suhu Masih Keadaan Minimal

Baik pintu dibagian atas maupun bagian bawah terdapat thermostat yang berguna mengatur suhu dalam kulkas.

Jika kamu mengatur thermostat pada suhu minimal, dipastikan suhunya tidak terlalu dingin. Sehingga untuk menaikkan suhu kamu tinggal memutarnya ke suhu maksimal, biasanya ke angka 3 ataupun cooling freeze.

2. Pintu Kulkas Kurang Rapat

Penyebab kulkas polytron 2 pintu tidak dingin selanjutnya yakni kurang rapatnya ketika kamu menutup pintu bagian bawah.

Di sisi pintu terdapat karet yang mengelilingi pintu berguna sebagai bantalan elastis ketika membuka dan menutup pintu kulkas.

Jadi demi mengharapkan suhu tetap stabil, kamu wajib menutup rapat kulkas agar udara tidak bocor keluar.

3. Sanitasi Pembuangan Air Tidak Lancar

Pada kulkas bagian pintu bawah biasanya akan menghasilkan air buangan karena proses pendinginan suhu.

Untuk pembuangan air ada salurannya tersendiri, yang disalurkan melalui pipa sanitasi.

Dengan begitu, apabila pada jalur sanitasi ada kendala misalnya seperti tersumbat, bisa menjadi penyebab kenapa kulkas polytron 2 pintu tidak dingin.

4. Adanya Kerusakan Pada Komponen Kulkas

Penyebab paling serius kenapa kulkas menjadi tidak dingin bisa jadi terdapat kerusakan pada satu atau lebih komponen dalam kulkas.

Komponen-komponen yang biasanya tersambung pada tenaga listrik seperti fan, timer, bimetal defrost hingga heater sudah tidak berfungsi.

Pada kelanjutannya, proses pendinginan suhu kulkas menjadi tidak maksimal.

5. Usia Kulkas Yang Semakin Tua

Kulkas polytron 2 pintu yang sudah lama anda miliki dapat mengalami penurunan kinerja.

Imbasnya, pada bagian kompresor yang setiap harinya dalam keadaan hidup lama-kelamaan akan melemah dan menjadikan penjagaan suhu dalam kulkas menjadi tidak dingin lagi. 

6. Kendala Pada Freon Freezer

Tidak dingin juga menjadi permasalahan pada bagian pintu atas yakni di bagian freezer. Freezer sendiri didukung dengan tenaga Freon agar menghasilkan pembekuan atau dingin yang maksimal.

Freon bisa menjadi penyebab kenapa kulkas tidak dingin. Misalnya seperti adanya penyumbatan ataupun kebocoran pipa Freon yang menjadikan Freon habis.

Cara Mengatasi Kulkas Polytron 2 Pintu Tidak Dingin

Jika ditemukan salah satu atau keenam penyebab kenapa kulkas polytron 2 pintu tidak dingin di atas, dirimu jangan resah karena adapula cara untuk mengatasinya.

Beberapa cara untuk mengatasi ini menjadi bagian dari tips merawat kulkas agar tetap stabil dalam mendinginkan benda makanan ataupun minuman.

Simak segenap poin perihal cara mengatasi kulkas polytron 2 pintu yang tidak dingin berikut:

1. Membersihkan Kulkas Secara Rutin

Hal pertama yang wajib kamu lakukan agar kulkas tetap dingin adalah sering membersihkan kulkas secara rutin.

Mulai dari membersihkan rak-rak yang telah kotor, membersihkan bunga es pada freezer dan membuang air sanitasi. Perkiraan waktu untuk membersihkan kulkas minimal seminggu sekali.

2. Sering Mengecek Komponen Penting

Beberapa komponen penting dalam kulkas harus sering-sering di checking. Tujuannya untuk memastikan kondisi komponen dalam keadaan yang baik-baik saja.

Mulailah dari komponen pengatur suhu, heater, pengaman, karet elastis pada pintu, pipa pembuangan air, hingga kipas angin (fan).

3. Menghindari Benda Panas Diletakkan Ke Dalam Kulkas

Benda-benda yang panas seperti makanan atau minuman yang baru saja dimasak jangan langsung dimasukkan ke dalam kulkas.

Akibat yang timbul jika kamu meletakkan makanan panas ke dalam kulkas yakni penurunan kualitas suhu dingin. Jika lama kelamaan, kulkas menjadi rusak dan tidak dapat digunakan.

4. Kurangi Meletakkan Beban Berat Pada Pintu Kulkas

Benda berat yang diletakkan pada bagian pintu kulkas akan mengakibatkan pintu menjadi tidak bisa menutup dengan rapat. 

Dengan begitu, kamu perlu mengurangi menaruh benda seperti botol botol besar berisi air, ataupun benda lainnya pada pintu kulkas.

Itulah pembahasan tentang kenapa kulkas polytron 2 pintu tidak dingin. Kulkas termasuk barang elektronik yang wajib untuk dirawat.

Namanya juga barang elektronik, banyak komponen yang bisa rusak seperti karet pada pintu, thermostat, sanitasi pembuangan dan lainnya.

Beberapa komponen tersebut berfungsi untuk menjaga suhu dalam kulkas agar tetap dingin.

Salam.

O ya, boleh lanjut baca: Kulkas 2 Pintu Tidak Ada Bunga Es?

Posting Komentar untuk "Kenapa Kulkas Polytron 2 Pintu Tidak Mau Dingin? Berikut 6 Penyebab dan Cara Mengatasinya"