Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Siap-Siap! 3 Instansi Ini Buka Formasi CPNS untuk Lulusan SMA Sederajat, Berikut Rincian Formasi, Syarat, dan Ketentuannya

Tinggal menghitung hari menuju 30 Juni, mudah-mudahan pembukaan CPNS dan PPPK tahun 2021 bakal sesuai dengan rencana dan harapan semua pihak.

Belum lama ini, Kepala BKN, Bima mengatakan bahwa pihaknya ngotot bakal tetap membuka pendaftaran perekturan ASN pada akhir Juni 2021.

Daftar Instansi untuk Formasi CPNS Lulusan SMA 2021
Daftar Instansi untuk Formasi CPNS Lulusan SMA 2021. Tangkapan Layar Laman https://sscasn.bkn.go.id

Sebagaimana yang dikutip dari JPNN (23/6/2021), Jika dimundurkan lagi, pihak BKN khawatir akan mengganggu urusan pertanggungjawaban anggaran karena akan melewati tahun anggaran.

Atas pernyataan tersebut, dapat kita rengkuh gagasan bahwasannya pembukaan pendaftaran Calon Abdi Negara CPNS dan PPPK tahun ini telah menemui sinyal positif.

Para calon pelamar baik dari jenjang SMA sederajat, sarjana, hingga tenaga ahli hanya perlu untuk terus mempersiapkan diri baik dari segi jasmani dan rohani.

Gurupenyemangat.com yakin bahwa banyak cara dan usaha yang telah ditempuh oleh calon pelamar ASN.

Mulai dari mencari tips agar bisa lulus CPNS dan PPPK, ikut bimbel ASN yang gratis bahkan berbayar, serta membeli buku kisi-kisi soal sebagai ajang latihan.

Mudah-mudahan setiap usaha dan keringat yang terkucurkan hingga hari ini dapat membuahkan hasil yang maksimal, ya.

Sembari menanti pembukaan pendaftaran di portal resmi https://sscasn.bkn.go.id, rasanya kita perlu untuk melirik berbagai formasi CPNS terutama dari instansi yang terkemuka.

Nah, pada artikel kali ini, Guru Penyemangat bakal menghadirkan beberapa instansi yang bakal membuka formasi CPNS untuk lulusan SMA sederajat.

Sejauh ini, tercatat ada 3 instansi yang menyediakan formasi CPNS untuk tamatan SMA mulai dari Kejaksaan RI, Kementerian Perhubungan, dan Basarnas. Berikut rincian formasinya:

1. Detail Formasi CPNS Kejaksaan RI untuk Lulusan SMA/Sederajat

Melalui instagram resmi @biropegkejaksaan, Kejaksaan Republik Indonesia telah mengumumkan detail formasi yang diperuntukkan bagi lulusan SMA yang ingin bekerja di kejaksaan.

Dalam postingan yang diunggah pada tanggal 28 Mei 2021 itu diterangkan bahwa ada sebanyak 494 formasi Pengawal Tahanan/Narapidana untuk tamatan SMA/SLTA/Sederajat.

Sebagaimana kita ketahui, dalam lingkup kerja kejaksaan, posisi pengawal tahanan menjadi bidang kerja krusial yang cukup menantang.

Terang saja, nantinya para pengawal narapidana bakal ikut andil dalam proses eksekusi maupun penuntutan yang harus diselesaikan secara tuntas dan profesional.

Lalu, apa saja syarat-syarat untuk melamar formasi pengawal tahanan untuk tamatan SMA di Kejaksaan RI?

Hingga tulisan ini diterbitkan, belum ada rincian persyaratan umum/khusus yang dirilis oleh pihak Kejaksaan RI.

Meski begitu, kita bisa bersandar pada syarat dan ketentuan pendaftaran pada tahun 2019 lalu. Begini rinciannya:

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran CPNS Pengawal Tahanan untuk Formasi Pelamar Umum Lulusan SMA Sederajat

  • Calon pelamar berusia serendah-rendahnya 18-35 tahun pada saat melamar.
  • Tidak buta warna baik secara parsial maupun total, tidak cacat fisik, tidak cacat mental, termasuk kelainan orientasi seks dan kelainan perilaku (transgender), tidak bertato, serta tidak bertindik (khusus untuk laki-laki).
  • Calon pelamar berpostur badan ideal dengan standar Body Mass Index (BMI) antara 18-25. Rumus perhitungannya yaitu berat badan dalam kilogram dibagi tinggi badan dalam meter kuadrat dengan tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 cm dan perempuan 155 cm.
  • Memiliki Sertifikat Keterampilan Bela Diri/Pelatihan Satuan Pengamanan untuk pelamar Jabatan Pengawal Tahanan.
  • Calon pelamar memiliki ijazah komputer minimal program Microsoft Office dan pengoperasian internet.
  • Memiliki Nilai Ijazah rata rata 7,00.
  • Apabila calon pelamar memiliki nilai yang tidak terdapat dalam ijazah maka diambil nilai lain yang setara dengan ijazah.

*Syarat dan ketentuan pendaftaran di atas hanyalah patokan dari gelaran CPNS Kejaksaan RI tahun 2019. Pada tahun ini, detail persyaratan bisa bertambah maupun berkurang.

2. Formasi CPNS Lulusan SMA 2021 di Kementerian Perhubungan RI

Bersandar pada postingan dari akun Instagram resmi @kemenhub151, seminggu yang lalau, pihak Kementerian Perhubungan RI telah membuka total 2.445 formasi untuk seleksi CPNS 2021. 

Detail formasinya meliputi Sekretariat Jenderal, Inspektorat Jenderal, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Laut, dan Udara, Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Badan Litbang, serta BSDMP (Badan Pengembangan SDM Perhubungan) dan BPTJ (Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek).

Keseluruhan formasi di atas meliputi syarat pendidikan dari mulai lulusan SMA/SLTA sederajat sampai dengan S2.

Nantinya, dalam seleksi akan ditempuh tahapan administrasi, SKD (40%), dan SKB (60%).

Sayangnya, hingga hari ini otoritas perhubungan belum merilis detail formasi mana saja yang bakal direkrut terkhusus untuk tamatan SMA. Begitu pula dengan persyaratan pendaftaran.

Namun, para pembaca sekalian tidak perlu resah karena kita tetap bisa menjadikan pengalaman CPNS Kemenhub tahun 2019 kemarin sebagai patokan.

Persyaratan Pelamar CPNS Kemenhub 2019 untuk Lulusan SMA/SLTP/Sederajat

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI.
  • Usia pelamar yaitu 18 tahun - 35 tahun pada saat melamar, yang ditentukan berdasarkan tanggal kelahiran yang tertuang dalam STTB/ljazah.
  • Calon pelamar tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih.
  • Calon pelamar tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta, pegawai BUMN dan BUMD
  • Tidak berkedudukan sebagai CPNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri.
  • Calon pelamar tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis.
  • Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan jabatan.
  • Peserta calon ASN sehat jasmani dan rohani sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  • Calon pelamar bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan Instansi Pemerintah
  • Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Bebas Narkoba/NAPZA dari Rumah Sakit Pemerintah yang ditandatangani oleh dokter dari unit pelayanan kesehatan pemerintah atau pejabat yang berwenang dari badan/lembaga yang diberikan kewenangan untuk pengujian zat narkoba dimaksud dan masih berlaku. Nantinya, berkas ini wajib dilengkapi setelah peserta dinyatakan lulus tepatnya pada pengumuman kelulusan akhir.
  • Bagi Wanita tidak memiliki bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik anggota badan lainnya selain di telinga, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat, dan bagi Pria tidak bertato/bekas tato dan tindik/bekas tindik pada anggota badan kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.
  • Tinggi badan untuk laki-laki minimal 160 cm dan untuk perempuan minimal 155 cm (dikecualikan bagi pelamar penyandang disabilitas)
  • Untuk formasi jabatan Petugas Aviation Security (AVSEC) dan Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) dengan tinggi badan minimum 165 cm bagi laki-laki dan 160 cm bagi perempuan;
  • Untuk formasi jabatan Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) hanya tersedia untuk pelamar laki-laki;
  • Calon pelamar merupakan lulusan dari SLTA/sederajat yang sudah terdaftar di Kemendikbud dan/ atau Kemenag.
  • Untuk formasi selain lulusan terbaik berpredikat “Dengan Pujian”/Cumlaude, pelamar merupakan lulusan Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan/atau Program Studinya berstatus “Terakreditasi” pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) dan/atau Pusdiknakes/ LAM-PTKes pada saat kelulusan yang dibuktikan dengan tanggal kelulusan yang tertulis pada ijazah;
  • Pelamar lulusan SLTA/sederajat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 7,0 atau 3 skala 1 sampai 4 atau B (khusus untuk pelamar dengan kategori Putra/Putri Papua dan Papua Barat dengan nilai minimal pada Ijazah rata-rata 6,0 atau 2 (dua) skala 1 sampai 4 atau C);
  • Nilai yang dimaksud merupakan nilai rata-rata yang tertera pada Ijazah / Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dan bukan Nilai Ujian Nasional (NUN)/Nilai Ebtanas Murni (NEM), Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), Sertifikat Hasil Ujian Nasional.

*Syarat dan ketentuan pendaftaran di atas hanyalah patokan dari gelaran CPNS Kemenhub RI tahun 2019. Pada tahun ini, detail persyaratan bisa bertambah maupun berkurang.

3. Formasi CPNS Lulusan SMA/SLTA Sederajat Basarnas RI 2021

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melalui akun twitter resminya telah membocorkan rincian formasi CPNS untuk tamatan SMA sederajat.

Berikut detailnya:

  • Rescue Pemula sebanyak 189 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK atau sederajat + Sertifikat renang/selam/pelatihan SAR 
  • Nahkoda Kapal Kelas III sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK Pelayaran (Nautika)/sederajat + ANT IV 
  • Mualim I Kapal Kelas II sebanyak 2 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK Pelayaran (Nautika)/sederajat + ANT IV 
  • Mualim II Kapal Kelas II sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK atau sederajat + ANT V
  • Mualim I Kapal Kelas IV sebanyak 3 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK atau sederajat + ANT-D/Able Deck 20.
  • Masinis II Kapal Kelas II sebanyak 6 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK Sederajat + ATT V 21.
  • Masinis I Kapal Kelas II sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SLTA sederajat + ATT V 22.
  • Masinis I Kapal Kelas IV sebanyak 4 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SLTA sederajat + ATT V 23.
  • Markonis sebanyak 1 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK Pelayaran Nautika + BST + ORU 24.
  • Kelasi Kapal Kelas II sebanyak 10 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK atau sederajat + ANT-D (Able/Rating Deck)
  • Juru Mudi sebanyak 21 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK atau sederajat + ANT-D (Able/Rating Deck) 
  • Dan Juru Minyak sebanyak 9 formasi dengan kualifikasi Pendidikan: SMA/SMK atau sederajat + ATT-D (Able/Rating Engine)

***

Terkait dengan syarat dan ketentuan pendaftaran CPNS tahun 2021 khusus lulusan SMA, detailnya akan dirilis oleh instansi masing-masing, tepatnya ketika perekrutan ASN telah dibuka. 

Jika tidak mundur lagi, maka pendaftaran CPNS maupun PPPK akan dibuka pada akhir Juni 2021.

Kepada teman-teman yang baru saja lulus SMA/SLTA sederajat, apakah kalian tertarik untuk mengikuti seleksi ASN pada tahun 2021 ini?

Jika iya, selamat berjuang, ya. Dan semoga berhasil. Matangkan persiapan, jaga kondisi kesehatan, siapkan berbagai berkas yang diperlukan, dan jangan lupa mintalah doa kepada kedua orang tua.

Salam.

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Siap-Siap! 3 Instansi Ini Buka Formasi CPNS untuk Lulusan SMA Sederajat, Berikut Rincian Formasi, Syarat, dan Ketentuannya"

  1. Ayo, kaula muda! selagi ada kesempatan. Rebut ....! Selamat malam, ananda Ozy. Terima kasih telah berbagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ashiyyap, Nek. Yg muda2 kalo langsung jadi PNS, mantap banget. Hahaha
      Makasih nek

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.