Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lengkap! Download 39 Modul Belajar Mandiri untuk Persiapan Seleksi PPPK Guru 2021

Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK
Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPPK 2021. Dok. Dirjen GTK Kemendikbud

Hanya tinggal beberapa hari lagi, pelaksanaan kegiatan seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) formasi guru akan segera digelar.

Ya, bersandar pada jadwal seleksi CPNS dan PPPK tahun 2021, pengumuman seleksi bakal digelar pada 30 Mei 2021 dan dilanjutkan dengan pendaftaran seleksi pada periode 31 Mei 2021-21 Juni 2021.

Pelaksanaan seleksi yang juga merupakan usulan terbesar sepanjang sejarah ini menyentuh angka 568 ribu formasi guru ASN PPPK pemda.

Dirjen GTK Kemendikbud ~Sekarang Kemendikbudristek~ Iwan Syahril menerangkan, pemerintah bakal membuka seleksi guru ASN PPPK teruntuk honorer kategori 2 (K2), honorer non-K2, serta lulusan program pendidikan profesi guru (PPG).

Pada kelanjutannya, pemenuhan formasi satu juta guru akan terus digiatkan hingga seluruh kuota terpenuhi.

Sosialiasi terus digencarkan, dan pemerintah berharap agar segenap Pemda yang belum mengajukan formasi dapat kembali melaporkan usul kebutuhan pada kesempatan berikutnya.

Bersamaan dengan hal tersebut, pemerintah melalui Dirjen GTK Kemendikbud baru-baru ini juga merilis surat edaran tentang kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik dalam pendaftaran pengadaan guru PPPK.

Surat Edaran Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik Tiap Bidang Studi
Surat Edaran Kualifikasi Akademik dan Sertifikat Pendidik Tiap Bidang Studi. Dok. Dirjen GTK Kemendikbud

Surat yang bernomor 1460/B/B1/GT.02.01/2021 itu berisikan keterangan sebagai berikut:

  • Calon guru PPPK berasal dari guru dalam jabatan; atau lulusan PPG yang belum menjadi guru.
  • Calon guru PPPK harus memiliki kualifikasi akademik S-1/D-4 dengan atau tanpa sertifikat pendidik.
  • Calon guru PPPK yang mendaftar nantinya sesuai dengan sertifikat pendidiknya.
  • Jikalau calon PPPK guru tidak memiliki sertifikat PPG, maka bisa mendaftar sesuai dengan kualifikasi akademik yang dimiliki.
  • Daftar kualifikasi akademik dan sertifikat pendidik untuk mengisi bidang tugas guru PPPK terlampir.

Sejatinya, seleksi guru P3K dibuka berdasarkan Data Pokok Pendidikan serta estimasi Kemendikbud bahwa kebutuhan guru selain PNS saat ini mencapai angka satu juta formasi.

Syahdan, pembukaan seleksi PPPK dapat menjadi kesempatan yang adil bagi segenap guru honorer yang berkompeten agar mendapat penghasilan yang layak.

Bahkan, pada tahun 2021 ini formasi P3K relatif lebih luwes karena semua guru honorer dan lulusan PPG bisa mendaftar untuk mengikuti seleksi.

Hanya saja, perlu diperhatikan betul terkait pemenuhan data administratif seperti sinkronisasi data Dapodik maupun SimPKB.

Lebih lanjut, dalam rangka persiapan, tentunya masing-masing guru dengan berbagai formasi sudah sejak jauh-jauh hari melakukan latihan soal, menerka jenis soal tes, hingga belajar kisi-kisi PPPK.

Sebagaimana kita ketahui, Kemendikbud melalui Dirjen GTK juga telah mempersiapkan segenap modul belajar mandiri pada setiap bidang studi alias mata pelajaran

Modul tersebut dihadirkan untuk mengingat kembali esensi dan substansi materi tes pada setiap bidang ajar.

Harapannya tidak lain ialah untuk meningkatkan kualitas lulusan P3K yang nantinya berbuah pada peningkatan kualitas peserta didik.

Setelah saya periksa, tercatat ada 39 modul belajar mandiri guru PPPK.

39 Modul Belajar Mandiri PPPK 2021
39 Modul Belajar Mandiri PPPK 2021.

Kesemua modul tersebut sudah mencakup bidang ajar pokok seperti mata pelajaran yang tertera dalam rapor siswa sekaligus bidang studi bahasa asing seperti Bahasa Arab, Bahasa Jerman, hingga Perancis.

Mudah-mudahan segenap modul ini bisa menjadi tambahan sumber belajar bagi para guru dalam rangka mengikuti seleksi PPPK tahun 2021.

πŸ‘‰Link Download 39 Modul Belajar Mandiri PPPK 2021

Sejatinya, selain bersandar pada modul belajar mandiri terbitan Kemendikbud, segenap guru juga bisa mengikuti berbagai tryout gratis hingga berbayar yang disediakan oleh lembaga pelatihan mandiri.

Selain itu, jika kondisi finansial memadai, guru calon ASN juga bisa mengikuti bimbel PPPK 2021.

Ya, saat ini mulai ramai produk jasa berupa bimbel. Hanya saja, tidak semua bimbel sesuai dengan kebutuhan guru. Adapun untuk rekomendasinya, rekan-rekan bisa baca di:

Lebih lanjut, dibutuhkan pula tips belajar dan persiapan agar peluang kesuksesan mengikuti PPPK bisa lebih besar. Ya, selain tentang materi belajar mandiri, doa kedua orang tua tetaplah yang utama.

Adapun tips selengkapnya bisa dilirik pada artikel berikut:

O ya, sebagai penutup artikel ini, untuk pelaksanaan tes PPPK tahun 2021, para pelamar nantinya akan lebih dimudahkan karena tidak perlu lagi mengunggah dokumen seperti Ijazah, Transkrip Nilai, KK, dan dokumen penting lainnya.

Hal tersebut dikarenakan pihak BKN sudah memperbaharui fitur portal utama pendaftaran di sscasn.go.id sehingga ada sinkronisasi dengan data Dapodik.

O ya, Prosedur selengkapnya, bisa dilirik pada artikel berikut:

Demikian.
Salam. 

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Lengkap! Download 39 Modul Belajar Mandiri untuk Persiapan Seleksi PPPK Guru 2021"