Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alhamdulillah! Ada 22.927 Formasi Guru PAI untuk Seleksi PPPK 2021

Alhamdulillah, kabar baik datang menghampiri segenap guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang beberapa hari ini cukup resah.

Ilustrasi guru. questgarden.com melalui republika

Ya, tepatnya pada hari Selasa (16/03/2021), Kementerian Agama melalui Rohmat Mulyana selaku Direktur PAI menerangkan bahwa telah tersusun kuota guru agama sebanyak 27.303 formasi untuk PPPK tahun 2021.

Detailnya, Rohmat mengatakan bahwa jumlah formasi terdiri dari 22.927 guru PAI, sedangkan sisanya adalah guru agama lain.

"Jumlah tersebut terdiri dari 22.927 guru PAI (Pendidikan Agama Islam), sisanya guru agama lain. Kuota PPPK dari guru agama Itu didasarkan pada data pokok pendidikan (Dapodik)," tegas Rohmat kepada JPNN.com, Selasa (16/03/2021).

Sebagai tambahan, beliau pula menerangkan bahwa tim Kemenag sudah membentuk konsorsium alias himpunan tim penyusul soal sekaligus modul tes PPPK yang rencananya digelar pada tengah tahun 2021 ini.

Tim khusus tersebut dibentuk bersandarkan pada SK sekjen Kemenag yang sejatinya mencakup semua agama, dan Rohmat ditunjuk sebagai ketua tim.

Saat ini, segenap panitia yang tercantum dalam SK bakal mengadakan pertemuan sesuai dengan arahan panitia seleksi nasional demi menerbitkan modus tes PPPK yang berkualitas dan terpercaya.

Targetnya tidak lain ialah untuk mengejar timeline yang sudah ditetapkan Panselnas agar soal dan modul yang disusun bisa berbarengan terbitnya dengan PPPK guru mata pelajaran lain.

Dengan demikian, para guru honorer PAI saat ini perlu bersabar menunggu modul pembelajaran sembari berdoa semoga materi pembelajaran serta tryout seleksi PPPK segera terbit.

Di samping itu, sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya, ada beberapa hal penting yang harus disiapkan serta diperhatikan oleh guru PAI pada khususnya.

Ya, data pokok guru di aplikasi Dapodik, SIAGA, Emis, dan SIMPKB perlu dicek secara berkala dan dipastikan tetap aktif.

Terkait status keaktifan Dapodik, guru agama bisa berkonsultasi dengan Operator sekolah. Begitu pula dengan data SIAGA dan EMIS, guru PAI bisa berkoordinasi serta menghubungi pihak operator Kemenag kabupaten untuk melakukan sinkronisasi data.

Terakhir, untuk SIMPKB dan kebutuhan pembentukan komunitas, guru PAI bisa login ke laman https://ayogurubelajar.kemdikbud.go.id/seri-pppk/

Jika data-data pada 4 aplikasi yang telah tersebut di atas sudah dipastikan aktif, maka kita hanya tinggal menunggu modul pembelajaran PPPK khusus guru agama sembari menyongsong perilisan detail formasi yang telah dijadwalkan pada akhir Maret 2021 ini.

Teruntuk semua guru honorer PAI di seluruh Indonesia, semoga sukses, jaga selalu kesehatan, dan semoga ada jalan rezeki melalui PPPK. Bismillah.

Salam.
Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Alhamdulillah! Ada 22.927 Formasi Guru PAI untuk Seleksi PPPK 2021"

Promo Cashback & Voucher Shopee