Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bakpia Mutiara Jogja, Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bakal Menggoyang Lidahmu

Dari tahun 2015 sampai tahun 2021, wah, ternyata sudah hampir enam tahun aku tidak lagi mencicipi bakpia khas Jogja. Terang saja, aku tinggal di Kota Curup Provinsi Bengkulu, sedangkan selama ini bakpia jauh di pulau Jawa sana. Hahaha

Tapi, pada hari Kamis (21/01/2021) kemarin, akhirnya aku kembali dapat mengunyah buah tangan alias oleh-oleh khas Jogja ini. Bakpia Mutiara Jogja namanya.

Bakpia Mutiara Jogja. Dok. Gurupenyemangat.com,

Ya, sesuai dengan namanya, bakpia ini memang berasa seperti mutiara. Eh, mutiara enggak bisa dimakan, ya? Upps, anggaplah kira-kira begitu. Barangkali ini efek lidahku yang sudah terlalu lama tidak mengonsumsi bakpia. Hahaha

Lha, mau bagaimana lagi. 

Di Curup setahuku tidak ada yang bikin maupun jualan bakpia. Ada juga roti isi kacang hijau. Sekilas roti tersebut mirip dengan bakpia, tapi ketika dirasa, ya rasa bubur kacang hijau beku. Jelas beda dong dengan Bakpia. Apalagi bakpia khas Jogja!

Faktanya, terakhir kali aku mengonsumsi bakpia adalah tahun 2015. 

Kala itu aku bersama teman-teman sempat melakukan kunjungan belajar di Pesantren Al-Munawwir di Krapyak, Jogjakarta. Sekitar semingguan kami di sana, dan sepulangnya dari sana aku membawa oleh-oleh bakpia.

Aku membawa dua kotak bakpia waktu itu, dan rasanya adalah rasa kacang hijau. Ya, di tahun 2015 cemilan khas Jogja yang kutemui hanya ada yang rasa kacang hijau saja. 

Sedangkan sekarang? Gara-gara rekomendasi dari Mbak Listhia selaku Kompasianer sekaligus teman jauhku menulis di Kompasiana, akhirnya hadir kepadaku enam kotak bakpia dengan berbagai varian rasa.

6 kotak Bakpia Mutiara Jogja
Bakpia Mutiara Jogja dengan berbagai varian rasa. Dok. Gurupenyemangat.com

Sontak saja aku kaget sekaligus bahagia sembari membuka box bakpia dengan hati-hati. Bagaimana tidak hati-hati, kiriman paket cemilan bakpia mutiara ini jauh dari Jl. Manisrenggo KM 0,5 Tlogi, Prambanan, Jogjakarta. 

Aku saja yang dulunya naik bus dari Jogja, 2 hari 2 malam baru tiba ke Curup. Hahaha. Lama! Tapi ketika box sudah kubuka, ternyata... isinya baik-baik saja. Tidak ada sedikit pun lecet-lecet.

Syukur deh, akhirnya oleh-oleh khas Jogja tiba dengan selamat dan bersiap menggoyang lidah. Kok aku yakin amat bahwa Bakpia Mutiara Jogja ini bakal menggoyang lidahmu? Oke, kita intip dengan seksama, ya.

Bakpia Mutiara Jogja, Tersedia Berbagai Varian Rasa

Tidak cuma kacang hijau, Bakpia Mutiara Jogja menghadirkan 5 varian rasa. Ada rasa cokelat spesial, kacang hijau, green tea, keju spesial, dan kumbu hitam.

Bakpia pertama yang membuat lidahku dan adik-adik di rumah bergoyang adalah bakpia cokelat spesial.

Bakpia Mutiara Rasa Cokelat Spesial
Bakpia Mutiara Rasa Cokelat Spesial. Dok. Gurupenyemangat.com

Seperti jargonnya, Bakpia Mutiara Jogja enaknya memang nggak pernah bohong!! Isi cokelat yang tertuang dalam bakpia begitu padat, dan manis tentunya. 

Beneran cemilan yang cocok sembari streaming Youtube maupun nonton televisi di rumah pokoknya. Manis-manis gurih.

Bakpia Mutiara Rasa Kacang Hijau
Bakpia Mutiara Rasa Kacang Hijau. Dok. Gurupenyemangat.com

Tidak jauh berbeda, Bakpia Mutiara Jogja rasa kacang hijau juga demikian. Adikku yang kemarin mencicipnya seraya kaget, karena baru pertama kali dia menemukan isi kacang yang halus.

Perpaduan kacang hijau halus, susu, gula, serta bahan tambahan lain yang sudah berstandar MUI dan BPOM membuat lidah segera gemetar saat gigitan pertama.

Bakpia Mutiara Rasa Green Tea
Bakpia Mutiara Rasa Green Tea. Dok. Gurupenyemangat.com

Tenang, jikalau dirimu kurang suka dengan rasa kacang hijau, Bakpia Mutiara Jogja sudah menyediakan rasa green tea. Ya, selama ini yang kita tahu green tea itu adalah sejenis minuman, kan? Tapi ternyata teh hijau juga bisa masuk ke dalam bakpia.

Sontak saja lidah kita bakal digoyang oleh rasa mint sekaligus sejuk ala green tea

Menurutku, khusus varian rasa ini cocok banget untuk anak-anak muda generasi Z dan Alpha. Soalnya, beberapa menit setelah aku posting story tentang Bakpia Mutiara, ada beberapa muridku yang komentar ingin mencoba rasa green tea.

Bakpia Mutiara Rasa Keju Spesial
Bakpia Mutiara Rasa Keju Spesial. Dok. Gurupenyemangat.com

Syahdan, varian rasa Bakpia Mutiara Jogja yang keempat adalah keju spesial. Nah, siapa di antara kalian yang suka keju? Kamu? Jikalau iya, bakpia mutiara rasa keju spesial ini patut kamu coba.

Khusus rasa keju spesial, menurutku sangat cocok untuk teman ngopi. Terang saja, Bakpia Mutiara rasa keju tidak terlalu manis tapi gurihnya begitu menggoyang lidah. 

Dipadu dengan kopi hitam maupun teh hangat, aduhai, nikmatnya nggak bakal tipu-tipu deh!

Bakpia Mutiara Rasa Kumbu Hitam
Bakpia Mutiara Rasa Kumbu Hitam. Dok. Gurupenyemangat.com

Dan terakhir, ada pula Bakpia rasa kumbu hitam. Bagi kamu yang suka pedekate dengan kacang merah, maka bakpia rasa kumbu hitam patut kamu coba. 

Hadirnya kacang merah, susu, hingga gula membuat kulit tepung bakpia kian berpadu rasa. Gurihnya dapat, manisnya pas, juga empuk.

Bakpia Mutiara Jogja Aneka Rasa
Bakpia Mutiara Jogja Aneka Rasa. Dok. Gurupenyemangat.com

O ya, selain daripada 5 varian rasa tadi, Bakpia Mutiara juga menyediakan 1 kotak khusus yang isinya varian rasa. Jadi, kamu tak perlu galau pilih-pilih rasa karena semua perasaan itu sudah tercurahkan ke dalam satu kotak. Cihuy!

Bakpia Mutiara Jogja: Halal, Tanpa Pengawet, Tahan Lama, dan Aman Walau Dikirim hingga Jauh

Selain menggetarkan sekaligus menggoyang lidah, kita tak perlu khawatir ketika sudah mengonsumsi Bakpia Pathok Mutiara asal Jogja ini. 

Ya, di depan kotak kemasan bakpia sudah tertera label halal dari MUI. Hatta, produk oleh-oleh khas Jogja ini juga telah mendapat izin dari Depkes. 

Artinya, aman untuk dikonsumsi, kan? Certainly. Namanya juga cemilan 100% khas Indonesia.

Bakpia Mutiara Jogja 100% Halal
Bakpia Mutiara Jogja 100% Halal. Dok. Gurupenyemangat.com

Lebih dari itu, yang membuat segenap perasaan ini makin lega adalah, Bakpia Mutiara dengan berbagai varian rasanya diolah tanpa pengawet. 

Secara teori, ada keuntungan besar bagi makanan yang dibuat tanpa pengawet. Ya, makanan tersebut bakal tahan lama. Begitu pula dengan Bakpia.

Sebanyak enam kotak Bakpia Mutiara yang kuterima sudah dikirim sejak hari Senin (18/01/2021) lalu, dan setelah sampai di rumah, aku cek di bawah kotak sudah tertera “masa aktif” produk hingga 28 Januari 2021. 

Artinya, Bakpia Mutiara tahan hingga 10 hari dan bisa dibawa ke mana-mana. Atau mau disimpan terlebih dahulu karena bakpianya belum habis? Bisa banget! 

Ademkan saja cemilannya ke dalam kulkas dan jikalau ingin dinikmati esok hari, hangatkan menggunakan microwave.

Atau, kamu malas repot? Ya sudah. Buka saja kulkasnya, lalu langsung nikmati Bakpia yang adem tadi. Lebih enak malahan. Hehehe

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah tertarik, atau masih galau gegara rumahmu jauh dari Jogja?

Bakpia Selamat Sampai Tujuan
Bakpia Selamat Sampai Tujuan (Jogja-Curup). Dok. Gurupenyemangat.com

Tenang, jangan ambyar begitu. Bakpia Mutiara Jogja aman kok walaupun dikirim hingga jauh. Buktinya? Ini! Paket Bakpia yang dikirim dari Jogja ke Curup masih utuh dan baik-baik saja. Isinya juga begitu kok. Aman sentosa. Hahaha

Alhasil, Bakpia Mutiara sangat cocok bagi kamu yang ingin mencicipi oleh-oleh khas Jogja. Terlebih lagi kondisi saat ini masih mendung gegara pandemi, kan? 

Maka dari itulah, kalau tak bisa pesan Bakpia dari dekat gara-gara jarak, kita bisa pesan dari jarak jauh.

Bakpia Mutiara Jogja sejatinya sudah punya berbagai cabang outlet. 

Sebut saja Bakpia Mutiara Gembiraloka, Bakpia Mutiara Prambanan, Bakpia Mutiara Malioboro, Bakpia Mutiara Depan Aau, Bakpia Mutiara Sambilegi, Bakpia Mutiara Bandara, hingga Bakpia Mutiara Janti.

Meski begitu, outlet pusat juga melayani pemesanan online dan bisa dikirim ke seluruh jagat bumi Indonesia. Alhasil, kita tak perlu repot-repot ke Jogja. 

Cukup akses saja tokonya di beli.bakpiamutiarajogja.com. di sana sudah tersedia Bakpia Mutiara favoritmu dengan beragam rasa. Untuk informasi lebih lanjut, kamu juga bisa kunjungi website resminya di www.bakpiamutiarajogja.com.

Kamu bisa pilih satu, pilih dua, maupun pilih semua varian rasa Bakpia. Atau mau pilih aku? Eh, jangan, ya. Pilih Bakpia Mutiara Jogja aja untuk cemilan di rumah. Karena Bakpia Mutiara Enaknya nggak pernah bohong!!

Salam.
Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

22 komentar untuk "Bakpia Mutiara Jogja, Oleh-Oleh Khas Jogja yang Bakal Menggoyang Lidahmu"

  1. Aih jadi flashback sama bakpia Jogja, enak banget emang, no hoax ini mah 😊 bagi dong, jangan dimakan sendiri, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi? Repot nih. Pesan langsung aja ya. Wkwk.

      Hapus
  2. Kirim juga ke Bekasi Pak guru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Ahsiyyap, Bu. Langsung pesan aja Bu😆😀

      Hapus
  3. Kue kesukaan saya. Enak, manis, ada gurih-gurihnya dikit, apalagi ditemani sang Pujaan Hati.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, sayangnya pujaan hati belom nemu pak🤭🤭

      Hapus
  4. wow, saya suka bakpia apa lagi yang rasa coklat sama kacang hijau

    BalasHapus
  5. Nyam..nyam...😋 Gegara baca ini Jadi kepingin mkn bakpia

    BalasHapus
  6. Wah,Nenek ketinggalan ide. Seharusnya kiriman gula semut juga bisa membangun sebuah artikel. He he ... Selamat malam, ananda. Kayaknya komen di Laptop sukses meluncur.

    BalasHapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.