Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Teks Khutbah Jumat Menyambut Bulan Ramadhan 1443 H Tentang Keistimewaan Ramadhan

Teks Khutbah Jumat Menyambut Bulan Ramadhan
Teks Khutbah Jumat Menyambut Bulan Ramadhan. Dok. Gurupenyemangat.com

Bismillah;
Hai, Sobat Guru Penyemangat. Marhaban Ya Ramadhan 1443 Hijriah!

Alhamdulillah pada momentum yang berbahagia ini kita akan tiba dan singgah ke bulan suci Ramadhan yang mulia nan penuh berkah.

Ada begitu banyak keindahan dan keistimewaan yang menjadikan bulan kesembilan dalam kalender hijriah ini begitu spesial.

Utamanya, kita diperintahkan untuk berpuasa selama sebulan penuh dengan hadiah ketakwaan.

Nah, pada kesempatan kali ini Gurupenyemangat.com bakal menyajikan contoh teks Khutbah Jumat bertema Ramadhan.

Teks Khutbah Jumat dalam rangka menyambut bulan Ramadhan berikut berisi tentang keistimewaan bulan puasa beserta dalilnya.

Mari disimak ya:

Teks Khutbah Jumat Tentang Keistimewaan Ramadhan Singkat

Teks Khutbah Jumat Tentang Keistimewaan Ramadhan Singkat
Teks Khutbah Jumat Tentang Keistimewaan Ramadhan Singkat. Dok. Gurupenyemangat.com

Khutbah Pertama:

إِنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِننَا وَمِنْ سَيِّئئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلَا مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَاهَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ  وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ صصَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ عَلَيْهِ وَعَلَى آلِهِ  وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْن

اللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الأَخْيَارِ وَمَنْ تَبِعَهُ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَة. أَمَّا بَعْدُ: أُوْصِيْكُمْ بِتَقْوَى اللهِ فَقَدْ فَازَ المُتَّقُوْنَ.

قَالَ الله تَعَالَى: اَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّججِيْمِ. بِسْمِ الله الرَّحْمنِ الرَّحِيْم:

يَا أَيُّهاَ الَّذِيْنَ ءَامَنُوا اتَّقُوا اللهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوْتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُمْ مُّسْلِمُووْنَ.  

فَقَدْ قَالَ اللهُ تَعَالَى فِيْ كِتَابِهِ الْكَرِيْمِ :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Pada mimbar dan kesempatan yang mulia ini, khotib berwasiat terutama kepada diri khotib sendiri dan kepada jamaah sekalian untuk mari kita meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

Takwa dengan sebenar-benarnya takwa, takwa dengan takut meninggalkan semua perintah-Nya dan takwa dengan berani meninggalkan segala sesuatu yang dilarang oleh Allah SWT.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Alhamdulillah wa syukurillah. Bersyukur kepada Allah karena pada tahun ini insyaAllah kita akan tiba di bulan mulia nan istimewa yaitu bulan Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022.

Semua umat muslim di dunia ini pasti bahagia bisa singgah kembali ke bulan kesembilan dalam Kalender Hijriah. Termasuk kita. Memang benar bahwa umur adalah salah satu nikmat terbesar di dunia ini.

Kita seringkali mengingat betapa besarnya nikmat umur ketika berziarah kubur, takziah, atau melihat saudara muslim yang sedang sakit.

Pada saat itu kita pun membayangkan alangkah sedihnya orang-orang yang sudah berada di alam barzah bila selama hidup mereka tak memetik keutamaan Ramadhan.

Di sisi yang sama, beberapa dari kita bisa jadi terlupa atas nikmat umur ketika mendapat rezeki yang berlimpah, naik jabatan, mendapat panenan dengan harga menjulang, hingga kesehatan. Maka dari itulah, kesempatan Ramadhan di tahun ini tidak boleh kita sia-siakan.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Tentang keistimewaan bulan Ramadhan, Allah berkalam:

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ 

Bacaan Latin:

Syahru romadhoonalladzii unzila fiihil qur’aanu hudal-linnaasi wa bayyinaatim-minal hudaa wal furqoon.

Artinya:

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil. [Al Baqarah:185]

Bulan Ramadhan sungguhlah istimewa, dan salah satu keistimewaannya ialah menjadi momentum diturunkannya Al-Qur’anul Karim.

Al-Qur’an yang berisi 30 Juz, 114 Surah, dan 6236 ayat adalah pedoman sekaligus petunjuk bagi umat muslim yang tidak lekang oleh waktu dan zaman. Maka dari itulah, sudah sepatutnya kita bergembira bisa tiba di bulan suci ini.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Bila suatu hari kita kedatangan presiden di desa ini, atau kedatangan tamu agung yang berkunjung di desa ini, maka semua warga bakal antusias untuk menyambutnya. Disiapkanlah panggung mewah, kursi-kursi baru, jamuan hidangan, hingga karpet bak permadani.

Di sirkuit Mandalika pula demikian. Ketika para pembalap MotoGP internasional datang, semua orang rela membeli tiket VIP bahkan VVIP demi bisa duduk di barisan paling depan.

Lalu, bagaimana dengan Ramadhan? Apakah kita umat muslim bisa seantusias itu?

Padahal presiden tidaklah lebih istimewa bila dibandingkan dengan Ramadhan. Padahal pembalap MotoGP tidaklah memiliki nilai keistimewaan bila kita bandingkan dengan bulan suci Ramadhan.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Lagi-lagi kita harus bermuhasabah, kita harus melakukan instrospeksi diri sekaligus merenungkan sikap dan perilaku kita yang seharusnya. Dengan begitu, kita bisa membangkitkan semangat beribadah sebagai jalan menuju takwa.

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan ini kita bisa menata diri dan hati untuk menambah kualitas iman dan takwa kepada Allah. Godaan sudah pasti ada, bukan cuma lapar dan haus tapi juga nafsu.

Walau begitu, keistimewaan Ramadhan ialah Allah akan belenggu setan-setan, Allah akan tutup pintu neraka, dan Allah akan buka pintu-pintu surga untuk menyemangati hamba-Nya.

Rasulullah SAW bersabda dalam Hadis Ibnu Majah Nomor 1632:

إِذَا كَانَتْ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَنَادَى مُنَادٍ يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنْ النَّارِ وَذَلِكَ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ

Bacaan Latin:

Idzaa kaanat awwalu lailatin min romadhoona shuffidas-syayaatiinu wa marodatul jinni wa ghulliqot abwaabun-naari falam yuftah minha baabun wa fituhat abwaabul jannati falam yughlaq minha baabun wanaada munaadiyan baaghiyalkhoiri aqbil wa yaabaaghiyas-syarri aqshir walillaahi ‘utaqoo-u minnaari wa dzaalika fii kulli lailatin.

Artinya:

Jika tiba waktu awal malam di bulan Ramadhan maka setan-setan dan pemimpin-pemimpinnya dibelenggu, pintu-pintu neraka ditutup dan tidak ada yang dibuka. Pintu-pintu surga dibuka dan tidak ada yang ditutup, lalu ada penyeru yang berseru, "Hai orang yang mencari kebaikan, teruskanlah. Hai orang yang mencari keburukan, berhentilah. Sesungguhnya Allah membebaskan orang-orang dari neraka, dan itu terjadi pada setiap malam.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Ada banyak redaksi hadis-hadis dengan pokok isi serupa yang menegaskan bahwa Allah akan membuka pintu-pintu surga, menutup pintu neraka, serta membelenggu para setan.

Semua hadis tersebut hanya tertuju khusus untuk bulan Ramadhan saja dan tidak terjadi di bulan lainnya.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Untuk membangkitkan semangat dalam menyambut bulan Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022 ini, maka kita tidak boleh lupa dengan keistimewaan bulan Ramadhan lainnya, yaitu malam Lailatul Qadr.

Allah SWT berkalam dalam Qur’an Surah Al-Qadr ayat 1:

إِنَّآ أَنزَلۡنَٰهُ فِي لَيۡلَةِ ٱلۡقَدۡرِ  

Bacaan Latin:

Innaaaaa anzalnaahu fii lailatul Qadr.

Artinya:

Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.

Diterangkan pada ayat selanjutnya, bahwa malam kemuliaan di bulan Ramadhan itu ialah Malam Lailatul Qadr, yaitu malam yang lebih baik daripada seribu bulan.

Bisa kita bayangkan, wahai jamaah sekalian. Bila kita berdoa di malam tersebut, artinya sama saja kita berdoa selama lebih dari seribu bulan.

Mungkin saja doa tersebut lebih lama waktunya daripada umur kita sendiri. Subhanallah. Sungguh dan betapa hebatnya kuasa Allah.

Jamaah Shalat Jumat Rahimakumullah;

Sesungguhnya ada begitu banyak keistimewaan yang ada di bulan Ramadhan. Bahkan, berpuasa selama sebulan penuh itu sendiri adalah amalan yang istimewa karena kita berpuasa untuk Allah SWT. Sudah pasti Allah akan membalas kebaikan puasa dengan ganjaran pahala berkali-kali lipat.

Namun begitu, ibadah puasa dikembalikan lagi kepada niat kita. Maka dari itulah, mari sama-sama kita luruskan niat untuk berpuasa seraya mengharap ridha Allah SWT.

Mari pula kita jadikan keistimewaan dan keindahan bulan Ramadhan sebagai kabar gembira, motivasi, serta tambahan untuk lebih semangat dalam memaksimalkan kegiatan ibadah di bulan yang mulia ini.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ، وَتَقَبَلَّ اللهُ مِنِّيْ وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ، إِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هَذَا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِيْمَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِيِمْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلأَمْوَاتِ. فَاسْتَغْفِرُوْهُ، إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ

Khutbah kedua:

الْحَمْدُلِلّهِ حَمْدًاكَثِيْرًاكَمَااَمَرَ. وَاَشْهَدُاَنْ لاَاِلهَ اِلاَّللهُ وَحْدَه لاَشَرِيْكَ لَهُ. اِرْغَامًالِمَنْ جَحَدَبِهِ وَكَفَرَ. وَاَشْهَدُاَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ سَيِّدُاْلاِنْسِ وَالْبَشَرِ.

اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِهِ وَصَحْبِهِ مَااتَّصَلَتْ عَيْنٌ بِنَظَرٍ وَاُذُنٌ بِخَبَرٍ اَمَّا بَعْدُ : فَيَااَ يُّهَاالنَّاسُ

اِتَّقُوااللهَ تَعَالىَ. وَذَرُوالْفَوَاحِشَ مَاظَهَرَوَمَابَطَنْ. وَحَافِظُوْاعَلىَ الطَّاعَةِ وَحُضُوْرِ الْجُمْعَةِ وَالْجَمَاعَةِ. وَاعْلَمُوْااَنَّ اللهَ اَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَفِيْهِ بِنَفْسِهِ. وَثَنَّى بِمَلاَئِكَةِ قُدْسِهِ. فَقَالَ تَعَالىَ وَلَمْ يَزَلْ قَائِلاًعَلِيْمًا: اِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِىْ يَاَ يُّهَاالَّذِيْنَ آمَنُوْاصَلُّوْاعَلَيْهِ وَسَلِّمُوْاتَسْلِيْمًا. اَللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلىَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. كَمَاصَلَّيْتَ عَلىَ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ اَلِ سَيِّدِنَا اِبْرَاهِيْمَ. في ِالْعَالَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌمَجِيْدٌ

اَللّهُمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاءِالرَّاشِدِيْنَ سَيّدِنَا اَبِى بَكْرٍ وَعُمَرَ وَعُثْمَانَ وَعَلِيٍّ وَعَنْ سَائِرِاَصْحَابِ نَبِيِّكَ اَجْمَعِيْنَ وَعَنِ التَّابِعِيْنَ وَتَابِعِى التَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ اْلاَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ بِرَحْمَتِكَ يَاوَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ اَللّهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلاَءَ وَالْوَبَاءَ وَالزِّنَا وَالزَّلاَزِلَ وَالْمِحَنَ. وَسُوْءَالْفِتَنِ مَاظَهَرَمِنْهَا وَمَابَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا هَذَاخَاصَّةً وَعَنْ سَائِرِبَلاَدِالْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ. رَبَّنَااَتِنَافِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلاَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

عِبَادَالله اِنَّ اللهَ يَأْمُرُبِالْعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَاِيْتَاءِذِى الْقُرْبَى وَيَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالْبَغْىِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ فَاذْكُرُوااللهَ الْعَظِيْمِ يذكركم وَاشْكُرُوهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ. وَلَذِكْرُاللهِ اَكْبَرُ

Download Naskah Khutbah Jumat Menyambut Bulan Ramadhan Tahun 2022 PDF

Guru Penyemangat telah menyiapkan naskah Khutbah Jumat dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1443 Hijriah dengan format PDF.

Teks Khutbah Jumat dengan judul "Keistimewaan Bulan Ramadhan" ini telah disusun berdasarkan Rukun Khutbah. Ada Khutbah pertama, isi, dan khutbah kedua berbahasa Arab lengkap dengan doanya.

Sobat Guru Penyemangat bisa mengganti pembukaan Khutbah Jumat, serta menambahkan doa di Khutbah kedua sesuai keinginan.

Silakan tekan tombol download berikut untuk mendapatkan dokumen PDF-nya.

Khutbah Jumat Menyambut Ramadhan.PDF 674kb

***

Boleh Baca: Teks Ceramah Bulan Ramadhan Penuh Berkah Beserta Dalilnya

Demikianlah tadi seutas sajian Guru Penyemangat tentang teks Khutbah Jumat dalam menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah.

Marhaban Ya Ramadhan!
Salam

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Teks Khutbah Jumat Menyambut Bulan Ramadhan 1443 H Tentang Keistimewaan Ramadhan"