Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Follow Guru Penyemangat di Google News agar tidak ketinggalan tulisan terbaru tentang edukasi, materi belajar, dunia keislaman, soal ujian, motivasi, investasi emas, kesehatan dan fiksi. Klik di sini.
Gulir ke bawah untuk membaca artikel.

Hanya Copas, Inilah Logo Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 Beserta Maknanya [Download]

Logo HGN Tahun 2021
Logo HGN Tahun 2021. Dok. Kemdikbud

Hai Sobat Guru Penyemangat, tanggal 25 November 2021 akan segera tiba. Hal ini menandakan bahwa sebentar lagi kita bakal memeriahkan hari bahagianya para guru.

Tapi, saat kita melirik logo Hari Guru Nasional 2021, ternyata hanya copas dari tahun sebelumnya, kan? Ada apa gerangan dan maknanya?

***

Saban tanggal 25 November kita merayakan Hari Guru Nasional (HGN) dan pada tahun ini kita bakal menyemarakkan Hari Guru Nasional yang ke-76 tahun.

Perlu diketahui bahwa, peringatan HGN bermula dari bertunasnya lahirnya Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang tidak lain adalah organisasi perjuangan para pendidik sekaligus pengajar pribumi pada masa pemerintahan Hindia-Belanda.

Organisasi tersebut sudah sejak lama berdiri, tepatnya pada tahun 1912.

Lebih detailnya lagi, peringatan Hari Guru Nasional (HGN) telah termaktub dalam Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994, yang juga seirama dengan tahun didirikannya organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) pada tanggal 25 November 1945.

Alhasil, pada tahun 2021 di tengah pandemi yang sudah berubah menjadi endemi ini kita telah singgah ke perayaan 76 tahun HGN.

Sudah pasti ada segudang cerita dan setumpuk keluh kesah. Namanya juga mengajar di tengah gusuran pandemi covid-19.

Walaupun sudah nyaris dua tahun “bersahabat” dengan wabah, berbagai pelaku pendidikan masih terus berjuang dan berjibaku menata kembali wajah pendidikan Indonesia. Pokoknya kita harus semangat, ya!

Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021

Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021
Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021. Diolah oleh Gurupenyemangat.com dari Photo by Element5 Digital on Unsplash

Mengutip isi dari surat edaran pengumuman Kemendikbudristek bernomor 81555/MPK/TU.02.03/2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021, Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun ini adalah “Bergerak dengan Hati, Pulihkan Pendidikan”.

Adakah artinya? Tidak ada penjelasan berarti dari alasan atau makna di sebalik tema yang disampaikan oleh Mas Nadiem tersebut.

Ya, barangkali penjelasan detailnya bakal diutarakan saat Mas Menteri berpidato di upacara peringatan HGN 2021.

Boleh Baca: Pidato Mas Nadiem Pada Hari Guru Nasional yang Bikin Baper

Meski begitu, menurut Guru Penyemangat, makna di sebalik tema peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021 ialah ajakan kepada semua pelaku pendidikan untuk mengetuk hati seraya meninggikan rasa peduli untuk bersama-sama memulihkan pendidikan yang sebelumnya diubrak-abrik oleh pandemi.

Kita menyadari bahwa kehadiran pandemi begitu mengguncang eksistensi pendidikan di Bumi Pertiwi. Peralihan PTM menuju PJJ dan daring kemudian dialihkan kembali ke PTM terbatas selalu penuh dengan pro, kontra, juga keluh kesah.

Kebijakan demi kebijakan lahir dan kadangkala membuat para guru kepusingan dalam beradaptasi. Tapi dengan hati yang sejuk dan teduh, kepedulian terhadap pendidikan bisa semakin ditinggikan.

Logo Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 Beserta Maknanya

Tidak ada perbedaan yang berarti antara logo HGN tahun 2021 dengan logo tahun 2020. Persis dan sama, yang berbeda hanyalah angka tahunnya.

Mengapa kok Kemendikbudristek hanya copas alias copy-paste dari logo Hari Peringatan Guru tahun sebelumnya?

Tidak ada alasan pasti, tapi yang jelas keadaan di tahun 2021 ini tidak berbeda jauh dengan tahun 2020. Kita masih berjibaku melawan pandemi, dan Guru Penyemangat kira makna logo HGN 2020 masih relate dengan tahun ini.

Dilansir dari laman resmi Kemdikbud, logo HGN 2021 mendeskripsikan semangat belajar yang tetap menyala alias berkobar walaupun kita masih berada dalam suasana dan kondisi pandemi.

Saat kita cermati secara mendetail, beruntai elemen desain yang terdiri atas figur Pak Guru, Ibu Guru, serta Siswa dan Siswi yang terlihat sedang memakai masker memiliki dinamis dan ceria dalam melaksanakan PJJ.

Lagi-lagi kesan tersebut masih sangat relate dengan keadaan kita hari ini di mana sistem pembelajaran di sekolah masih luwes apakah mau PJJ, daring, maupun PTM. Ketiga sistem pembelajaran ini adalah kolaborasi yang mantap untuk memulihkan pendidikan Bumi Pertiwi.

Syahdan, penggunaan teknologi informasi dan digital di era PJJ dapat kita terka dari simbol-simbol wi-fi, laptop, telepon seluler, hingga aplikasi telekonferensi yang memiliki hubungan erat dengan kondisi aktual saat ini sebagai alat penunjang kegiatan pembelajaran.

Terang saja, pada tahun 2021 ini persahabatan kita dengan TIK dan platform pembelajaran digital semakin akrab dan sama-sama saling membutuhkan.

Belum selesai, ada juga bentuk hati. Hati menerangkan segenap elemen pendidikan mulai dari guru, murid, hingga orang tua yang saling bersinergi menciptakan semangat belajar yang merdeka dan penuh cinta. Ya, mereka semua yang disebutkan itu adalah para pelaku pendidikan.

Adapun kolaborasi antara semangat Merdeka Belajar dan Penuh cinta, rasanya sangat baik untuk mendulang kepedulian demi memulihkan kembali pendidikan di negeri Indonesia tercinta.

Boleh Baca: Logo HGN dari Masa ke Masa Berikut dengan Filosofinya

Download Logo Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 PNG HD

Kemendikbudristek telah menyiapkan dua buah file logo HGN HD dengan format PNG yang bisa diunduh dengan mudah untuk keperluan bikin twibbon, spanduk, baliho, dan pernak-pernik perayaan Hari Guru lainnya.

File pertama, tulisan “Hari Guru Nasional Tahun 2021” terletak di bagian bawah gambar, sedangkan logo kedua tulisannya terletak di sebelah kanan logo.

Kedua file tersebut berformat PNG dengan detail ukuran 4500x4500 pixel. Silakan download dengan mengklik tombol berikut:

Logo HGN 1 PNG

Logo HGN 2 PNG

***

Demikianlah tadi segenap sajian Guru Penyemangat tentang logo dan tema Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 beserta file logo PNG yang bisa diunduh.

Semoga bermanfaat.

Selamat Hari Guru Nasional Tahun 2021

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

Posting Komentar untuk "Hanya Copas, Inilah Logo Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 Beserta Maknanya [Download]"