Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ada Uang Saku Rp700.000/bulan Plus Potongan UKT, Begini Cara Daftar Program Kampus Mengajar Angkatan I Kemendikbud 2021

Pada Selasa (09/02/2021) kemarin, Kemendikbud melalui Mas Mendikbud Nadiem Anwar Makarim resmi meluncurkan program Kampus Mengajar Angkatan pertama.

Program baru yang merupakan bagian dari Kampus Merdeka ini dihadirkan untuk memberi ruang kepada segenap mahasiswa yang ingin memberikan kontribusi lebih di bidang pendidikan.

Sedangkan sasaran utama program adalah berbagai SD terutama di daerah 3T. Para mahasiswa yang nantinya lolos seleksi diharapkan mau meningkatkan pembelajaran literasi, numerasi, serta membantu meningkatkan efektivitas belajar di era pandemi.

Kampus Mengajar Angkatan 1 Kemendikbud
Poster Kampus Mengajar Angkatan 1 Kemendikbud 2021. Dok. Kemendikbud.

Melalui Kampus Mengajar 2021, saya ingin menantang adik-adik mahasiswa untuk juga mengatakan “SAYA MAU!” Yakni mau membantu mengubah tantangan tersebut menjadi harapan, ” begitu terang Mas Mendikbud di Jakarta, Selasa (09/02/2021).

Untuk diketahui lebih lanjut, kehadiran program Kampus Mengajar juga bakal membuka ruang seluas-luasnya kepada segenap mahasiswa untuk melakukan kegiatan pengembangan diri di luar kampus.

Secara, sebagai calon guru, pengalaman mengajar adalah salah satu faktor terpenting yang akan meningkatkan kompetensi lulusan. 

Yang perlu dipahami adalah, “dunia kerja itu keras, Bro!”

Jadi, mahasiswa yang sudah berniat sedari awal untuk menjadi guru harus bersiap-siap. Terlebih lagi jikalau mereka ingin mengajar di sekolah 3T. 

Tantangan di sekolah pelosok bukan tantangan “kaleng-kaleng” karena problematikanya tidak sama dengan sekolah kota.

Ragam Insentif yang Bakal Didapat Mahasiswa Jika Mengikuti Program Kampus Mengajar

Sedikit beda dengan KKN maupun PPL, program Kampus Mengajar jadi berasa spesial karena para mahasiswa yang lolos seleksi bakal mendapat insentif yang lumayan. Berikut detailnya:

  • Ada uang saku senilai Rp700.000 tiap bulan. Program Kampus Mengajar akan digelar selama 12 minggu (3 bulan), artinya mahasiswa/i bakal merengkuh uang saku sebesar 2,1 juta.
  • Peserta Kampus Mengajar bakal mendapatkan Potongan UKT dengan nilai maksimal Rp2.400.000 sebanyak satu kali.
  • Program Kampus Mengajar bernilai 12 SKS. Untuk ukuran kegiatan di luar kampus, tawaran kredit semester ini cukup besar, bahkan sangat menguntungkan bagi mahasiswa.
  • Sertifikat Peserta Program Kampus Mengajar

Begini Cara Daftar Program Kampus Mengajar Angkatan I Kemendikbud 2021

Program Kampus Mengajar Angkatan I bakal dibuka pada 9 - 21 Februari 2021, pengumuman seleksi tahap I pada 26 Februari 2021, pengumuman seleksi tahap akhir pada 12 Maret 2021, dan dilanjutkan dengan pembekalan selama satu minggu (15-21 Maret 2021).

Setelah diberikan pembekalan, segenap mahasiswa yang menjadi peserta program Kampus Mengajar bakal ditugaskan di sekolah-sekolah terdekat dengan domisili mereka. Sekolah tujuan adalah SD, terutama SD yang berada di daerah 3T.

Syarat Pendaftaran

  • Mahasiswa/i yang mendaftar adalah mahasiswa aktif minimal telah duduk di semester 5.
  • Memiliki IPK minimal 3 dari skala 4.0
  • Mahasiswa/i diutamakan yang sudah punya pengalaman berorganisasi atau pengalaman mengajar. Dibuktikan dengan surat keterangan maupun sertifikat pendukung.
  • Mahasiswa/i memiliki catatan baik alias tidak bermasalah di kampus, dibuktikan dengan suket yang ditandatangani oleh pimpinan PT.
  • Mahasiswa/i sebelumnya tidak termasuk peserta Program Kampus Mengajar Perintis 2020

Sebelum melakukan pendaftaran, mahasiswa/i diminta untuk memeriksa validitas data diri sebagaimana yang tertuang di laman pddikti.kemdikbud.go.id

Calon peserta juga diminta untuk memastikan data kecamatan, kabupaten serta provinsi di aplikasi MBKM sesuai dengan domisili. Syahdan, ketika mendaftar bakal ada 3 pilihan SD yang bisa dipilih oleh peserta.

Langkah-Langkah Mendaftar Kampus Mengajar Angkatan I Tahun 2021

  • Mahasiswa/i mengunjungi laman utama Kampus Merdeka, atau bisa kunjungi link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/auth/login.
  • Pada halaman “Masuk”, klik “Belum Punya Akun” atau “Register” sebagai mahasiswa
  • Mahasiswa/i memasukkan data diri secara lengkap. Email pendaftaran adalah email yang sudah termaktub di dalam Databasa PDDIKTI.
  • Setelah Daftar Akun, Mahasiswa/i dapat mengecek email pendaftaran, lalu cari dan klik link “Aktifkan Akun”. Jika berhasil, akan ada notifikasi “Perhatian! Akun Anda Sudah Aktif”.
  • Selanjutnya, calon peserta login kembali ke laman MBKM, atau kunjungi link https://kampusmerdeka.kemdikbud.go.id/auth/login. Masukkan email dan password lalu klik “login”.
  • Mahasiswa/i nantinya bakal diarahkan ke menu Dashboard Kampus Mengajar. Pilih kategori “Mengajar di Sekolah”, lalu pilih menu “Kampus Mengajar Batch 1 2021”.
  • Setelah diklik, mahasiswa/i bakal diminta untuk mengisi form registrasi kegiatan. Isi data dengan lengkap, dan jika sudah selesai maka klik “Kirim Sekarang”.
  • Sebagai bukti sukses, bakal ada notifikasi “Terima kasih sudah mendaftar di program kegiatan!!”

Calon peserta menunggu hasil seleksi hingga waktu yang telah ditentukan. Hasil bakal dikirim via email masing-masing.

Beberapa Ketentuan Lain dari Program Kampus Mengajar Dapat Dilihat pada infografis berikut:

Ketentuan Lain Kampus Mengajar
Ketentuan Lain Kampus Mengajar. Dok. FAQ Kampus Mengajar

Informasi Selengkapnya dapat diakses pada link Kampus Mengajar berikut:

FAQ Kampus Mengajar Angkatan I 2021

Semoga bermanfaat.
Ditulis oleh Ozy V. Alandika

Baca juga:

Guru Penyemangat
Guru Penyemangat Menulislah untuk menebar manfaat kepada seluruh alam, karena menuangkan kata-kata juga merupakan jalan ninja menuju kebaikan.

2 komentar untuk "Ada Uang Saku Rp700.000/bulan Plus Potongan UKT, Begini Cara Daftar Program Kampus Mengajar Angkatan I Kemendikbud 2021"

  1. oh, begitu ternyata programnya.... jadi ngerti maksudnya.
    Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh ajak tetangganya, Tuan, yang mahasiswa. Hihihi.
      Makasih Tuan

      Hapus

Berkomentarlah sesuai dengan postingan artikel. Mohon maaf, link aktif di kolom komentar tidak akan disetujui.

Diperbolehkan mengutip sebagian tulisan di blog ini dengan catatan menyertakan sumber Gurupenyemangat.com atau link artikel terkait.